Rabu, 31 Agustus 2016

BAHASA INDONESIA DENGAN PEMBAHASAN SOAL

 BAHASA INDONESIA DENGAN PEMBAHASAN Soal

JASA PEMBUATAN PTK  (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Harga Per PTK 300ribu, Kalau ambil lebih dari dua bisa kurang.

Untuk Pilihan Judul PTK Klik Disini

Atau Cek FB Kami Disini


Paragraf sebenarnya merupakan sebuah unit pikiran dengan menunjukkan satu ide, dan ide ini harus bisa dikomunikasikan secara jelas dan singkat, yaitu mengandung detil-detil selengkapnya, misalnya alasan-alasan, ilustrasi-ilustrasi, fakta-fakta, dan lain-lain. Pengembangan ide pokok itu harus dikendalikan dengan apa yang dinamakan controlling idea. Ide yang dikomunikasikan dinamakan pikiran utama, ide pokok, ide utama, atau pikiran pokok. Sedangkan detil-detil penunjang paragraf dinamakan pikiran-pikiran penunjang. Pikiran utama dan pikiran penjelas dikembangkan lebih lanjut dalam kalimat-kalimat. Kalimat yang mengandung pikiran utama dinamakan kalimat utama, atau kalimat topik (topic sentence). Kalimat-kalimat yang mengandung pikiran penjelas dinamakan kalimat penjelas. Jadi dapat dikatakan bahwa paragraf dibentuk oleh dua unsur, yaitu pikiran utama dan pikiran penjelas. 
UNSUR-UNSUR PARAGRAF 
a. Ide Pokok 
b. Kalimat topic 
c. Kalimat pengembang 
d. Kalimat penegas 
e. Transisi 

CONTOH SOAL : 
1. Bacalah paragraf berikut! 
Nelayan Muara gembong kian terpuruk. Selain kesulitan meminjam dana dari koperasi, penghasilan para nelayan dari mencari ikan di laut semakin tidak menggairahkan lantaran air laut tercemar. Sementara itu, bantuan dana bagi masyarakat pesisir program Kementrian Perikanan dan Kelautan belum sampai kepada mereka. Masalah yang disoroti dalam paragraph di atas adalah . . . . 
a. Mata pencaharian nelayan Muara Gembong setiap bulannya. 
b. Bantuan danayang sudah disalurkan oleh Kementrian Perikanan.
c. Penghasilan para nelayan kurang bergairan akibat pasang laut. 
d. Penghasilan nelayan Muara Gembong yang memprihatinkan. 
e. Masyarakat takut mengkonsumsi ikan akibat pencemaran air laut. 

2. Cermatilah paragraf berikut ini! 
(1) Setiap makhluk hidup memerlukan energy. (2) Energi ada bermacam-macam (3) minyak bumi yang digunakan terus menerus akan terancam habis (4) hendaknya dilakukan penghematan energi (5)energi listrik di gunakan untuk penerangan dan pemakaian alat-alat elektronik Opini yang terdapat dalam paragaf di atas yaitu …. 
a. nomor 1 
b. nomor 2 
c. nomor 3 
d. nomor 4 
e. nomor 5


SKL 2
MENENTUKAN ISI PARAGRAF BIOGRAFI
 Biografi merupakan buku yang memuat riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Biografi berisi kehidupan seorang tokoh sejak kecil sampai tua. Bahkan sampai meninggal dunia. Semua jasa, buah karya, dan segala hal yang dihasilkan atau dilakukan oleh seorang tokoh juga dijelaskan dalam buku biografi. Sebaliknya, autobiografi merupakan buku yang berisi riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang itu sendiri. 

CONTOH SOAL: 
1. A.A. Navis, nama lengkapnya Ali Akbar Navis. Lahir di Padang Panjang, Sumatera Barat, tanggal 17 November 1924. Ia tamat perguruan INS di Kayu tanam tahun 1943. Pada masa Jepang Navis bekerja pada pabrik porselen di Padang Panjang, kemudian jadi guru, tahun1952 jadi Kepala Urusan Kesenian perwakilan Jawatan Kebudayaan Sumatera Tengah. Pada tahun 1950 ia mulai mengikuti perkembangan kesusastraan secara aktif, mengarang cerita pendek dan sandiwara radio. Cerita-ceritanya dalam Mimbar Indonesia, siasat, Kisah, Sastra, dan lain-lain. la sebagai pemenang hadiah majalah Kisah pada tahun 1955. Karya-karyanya ialah: Robohnya Surau Kami (1956), Bianglala (1963), Hujan Panas (1963), Kemarau (1967), semuanya diterbitkan oleh N.V. Nusantara. Kalimat tanya yang sesuai dengan isi bacaan biografi di atas adalah ........ 
a. Kapan A.A. Navis mulai mengikuti perkembangan kesusastraan secara aktif? 
b. Bagaimana pandangan A.A. Navis terhadap perkembangan kesusastraan Indonesia? 
c. Mengapa A.A. Navis mendapatkan hadiah majalah Kisah pada tahun l955? 
d. Mengapa A.A. Navis tidak pernah menciptakan karya sastra berbentuk puisi?
e. Bagaimana cara A.A. Navis dalam menciptakan karya sastra berbentuk cerpen? 

2. Bambang Pamungkas adalah sosok striker nomor satu di timnas. Ia menekuni profesi sebagai pesepakbola memang sedari kecil. Ia bukan dari keluarga yang berkecukupan, namun karena kegigihannya berlatih, sekarang ia menjadi tulang punggung di garis depan tim sepakbola Indonesia. Hal yang patut diteladani dari tokoh dalam kutipan biografi tersebut adalah . . . . 
a. Menekuni profesi dengan giat berlatih 
b. Menekuni profesi sebagi pesepakbola 
c. Menjadi striker utama di timnas 
d. Mengorbankan keluarga untuk meniti karir


SKL 3
MENENTUKAN ISI PARAGRAF , SIMPULAN PARAGRAF ,DAN ARTI ISTILAH / KATA DALAM PARAGRAF
Sebuah teks dapat berbentuk bacaan, table, grafik, diagram, atau pola. Sebuah teks mengungkapkan suatu hal atau masalah. Hal atau masalah yang terdapat dalam teks dapat dibuat sebuah pertanyaan. Jawaban pertanyaan tersebut terdapat dalam teks. Pertanyaan tersebut dapat menggunakan kalimat tanya sebagai berikut : 1. Apa untuk menanyakan hal, masalah, peristiwa, atau kejadian yang dibahas dalam teks. 2. Siapa untuk menanyakan orang yang dibahas dalam teks 3. Dimana untuk menanyakan tempat peristiwa yang dibahas dalam teks. 4. Bagaimana untuk menanyakan proses terjadinya hal, masalah, peristiwa, atau kejadian dalam teks terjadi. 5. Mengapa untuk menanyakan sebab atau alasan hal, masalah, peristiwa, atau kejadian dalam teks terjadi. 6. Kapan untuk menanyakan waktu peristiwa yang dibahas dalam teks. 

CONTOH SOAL: 
1. Pada umumnya, sakit tenggorokan disebabkan oleh virus. Biasanya, terkait dengan tanda-tanda penyakit saluran napas lainnya. Seperti, hidung tersumbat atau batuk. Kebanyakan sakit tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk membantu agar lebih nyaman ketika sakit, dapat dilakukan dengan minum air hangat yang diberi air perasan jeruk lemon dan madu. Simpulan Paragraf tersebut yang tepat adalah ... 
a. Penyakit tenggorokan disebabkan kebanyakan oleh virus.
b. Tanda-tanda penyakit tenggorokan adalah hidung tersumbat. 
c. Usaha meringankan rasa sakit ketika menderita sakit tenggorokan. 
d. Sakit tenggorokan dapat dikurangi dengan minum air perasan jeruk lemon. 

2. Sebuah negara perlu diatur dengan sistem pemerintahan yang dianggap bisa mengatasi dan mengayomi masyarakat.Salah satu sistem pemerintahan tersebut adalah demokrasi. Negara bisa menggunakannya. Negara yang masyarakatnya berpendidikan cukup,sistem demokrasi bisa memajukan negara. Akan tetapi, negara yang masyarakatnya masih kurang berpendidikan, demokrasi adalah suatu bencana. Simpulan Paragraf tersebut adalah ... 
a. Sistem pemerintahan bisa mengayomi masyarakat.
b. Sistem pemerintahan adalah sistem demokrasi. 
c. Sistem demokrasi mempunyai kelemahan dan kelebihan. 
d. Sistem demokrasi bisa memajukan negara


SKL 4
MENENTUKAN OPINI DALAM TAJUK RENCANA
Tajuk rencana adalah artikel pokok dalam surat kabar yang merupakan pandangan redaksi terhadap peristiwa yang sedang menjadi pembicaraan pada saat surat kabar itu diterbitkan. Dalam tajuk rencana biasanya diungkapkan adanya informasi atau masalah aktual, penegasan pentingnya masalah, opini redaksi tentang masalah tersebut, kritik dan saran atas permasalahan, dan harapan redaksi akan peran serta pembaca. SIFAT TAJUK RENCANA : 1. Krusial dan ditulis secaea berkala. 2. Isinya menyikapi situasi nyang berkembang di masyarakat. 3. Memiliki karakter atau konsistensi yang teratur kepada pembacanya. 4. Terkait erat dengan policy media atau kebijakan media yang bersangkutan. 

CONTOH SOAL : 
1. Bacalah teks berikut dengan seksama ! Beberapa waktu yang lalu banjir besar melanda Jakara . Ribuan rumah tenggelam . kerugian mencapai 39,5 milyar rupiah dan menelan korban 10 orang meninggal . Seorang penduduk di luar Jakarta menyurati redaksi sebuah surat kabar . Surat tersebut berisi pernyataan terhadap kondisi Jakarta . Menurutnya , Jakarta ternyata tidak seperti kota metropolitan yang selama ini terlihat megah dalam sinetron .Orang Jakarta mengatakan bahwa banjir yang melanda jakarta kiriman dari Bgor , orang Bogor membantahnya . mereka menyatakan bahwa yang membuat kerusakaan adalah orang Jakarta sendiri dengan menggusur petani dan membuat vila dan hotel di puncak .Opini pada tajuk rencana tersebut terdapat pada kalimat ... 
a. Sepuluh orang meninggal dalam banjir tersebut . 
b. Seorang penduduk luar Jakarta menyurati redaksi sebuah surat kabar . 
c. Orang jakarta mengatakan bahwa banjir kali ini merupakan kiriman dari Bogor . 
d. Kerugian mencapai 39,5 milyar dan sepuluh orang meninggal . 
e. Beberapa waktu yang lalu banjir besar melanda Jakarta. 

2. Bacalah teks berikut dengan seksama ! Memang tidak dipungkiri gaji PNS sangatlah rendah . Inilah yang membuat pemerintah sulit untuk bisa memacu produktivitasnya . Sebaliknya , untuk menaikkan secara signifikan gaji PNS , anggaran yang dibutuhkan sangat besar , jumlahnya mencapai 3,6 juta . Untuk memberikan gaji ke-13 saja pemerintah harus menyediakan dana 7,6 triliun . Jawaban untuk keluar dari persoalan ini tidak bisa lain , kecuali melakukan reformasi birokrasi , terutama rasionalisasi jumlah PNS . Sebab , jumlah PNS yang ada terlalu besar dibandingkan yang dibutuhkan .Dengan adanya rasionalisasi , pemerintah pasti akan mempunyai kemampuan untuk memperbaiki sistem gaji . Bukan hanya itu , pemerintah lebih mungkin untuk menerapkan sistem reward and punishment .Opini penulis yang terdapat dalam penggalan tajuk rencana tersebut adalah ... 
a. Memang tidak bisa dipungkiri , gaji PNS sangatlah rendah apalagi dibandingkan dengan harga kebutuhan pokok saat ini. 
b. Untuk menaikkan secara signifikan gaji PNS , anggaran yang dibutuhkan sangat besar karena jumlah PNS 3,6 juta . 
c. Jawaban persoalan ini tidak lain harus melakukan reformasi agar masalah tidak berlarut – larut . 
d. Dengan adanya rasionalisasi , pemerintah pasti akan mempunyai kemampuan untuk mengelola pemerintahan . e. Dengan adanya rasionalisasi , pemerintah akan mempunyai kemampuan untuk menggaji PNS . 

SKL 5
MENENTUKAN ISI DAN SIMPULAN GRAFIK , DIAGRAM , ATAU TABEL
Tabel merupakan kumpulan data atau informasi yang disusun dengan klafikasi menurut baris dan kolom. Isi tabel dapat diketahui dari judul tabel dapat diketahui dari judul tabel dan data yang terdapat dalam tabel. Grafik merupakan gambaran pasang surut suatu keadaan dengan keadaan garis atau gambar (tentang turun naiknya hasil, statistik, dan sebagainya). Isi grafik dapat diketahui dari judul grafik dan data grafikyang dituliskan pada grafik. Diagram merupakan gambaran untuk memperlihatkan atau menerangkan sesuatu. Diagram dapat berbentuk lingkaran dan batang. Hal yang digambarkan dalam diagram dapat dilihat dari judul dan data yang tedapat dalam diagram.Membaca tabel, grafik,dan diagram dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut : 1. Membaca judul tabel, grafik, dan diagram untuk mengetahui gambaran isi tabel, grafik, dan diagram. 2. Membaca informasi yang terdapat dalam baris dan kolom atas, samping, dan bawah. 3. Mangajukan pertanyaan tentang isi tabel, grafik, dan diagram. 4. Menjawab pertanyaan tersebut sesuai isi tabel. 

CONTOH SOAL : 
1. Perhatikan Grafik dibawah ini ! 
SKL Bahasa Indonesia dengan Pembahasannya PLUS Soal
Dari grafik di atas dapat disimpulkan bahwa ........ 
a. Prestasi siswa dari tahun ke tahun tidak meningkat 
b. Prestasi siswa naik sedikit demi sedikit.
c. Dari tahun ke tahun prestasi siswa meningkat kecuali tahun 1947. 
d. Prestasi siswa tidak pernah turun 
e. Prestasi siswa menurun pada tahun 1998. 

2.Perhatikan Grafik dibawah ini !
SKL Bahasa Indonesia dengan Pembahasannya PLUS Soal
Pertanyaan yang jawabannya benar ........ 
a. Mengapa jumlah siswa yang tidak masuk pada bulan Agustus banyak? 
b. Apakah yang menyebabkan siswa tidak hadir pada bulan September? 
c. Berapa jumlah siswa yang tidak hadir pada bulan November? 
d. Bagaimana perasaan Kepala Sekolah pada bulan November berkaitan dengan ketidakhadiran siswa? 

SKL 6
MENENTUKAN UNSUR INTRINSIK DAN ISI HIKAYAT SASTRA MELAYU KLASIK
Hikayat adalah salah satu bentuk sastra prosa yang berisikan tentang kisah, cerita, dongeng maupun sejarah. Umumnya mengisahkan tentang kehebatan maupun kepahlawanan seseorang lengkap dengan keanehan, kesaktian serta mukjizat tokoh utama. 

UNSUR-UNSUR KARYA SASTRA MELAYU KLASIK : 
a. Tema adalah ide pokok yang mendasari sebuah cerita. Pada umumnya naskah Melayu Klasik mempunyai tema perjuanganm percintaan, pendidikan, dan keagamaan. 
b. Tokoh dan Penokohan. Ada tiga jenis tokoh 
• Protagonis (tokoh utama/berwatak baik) 
• Antagonis (tokoh dengan watak jahat) 
• Trigonis tokoh penengah atau pelerai konflik. 
c. Latar (setting) adalah latar belakang cerita. Ada tiga macam latar: (1) latar tempat; (2) latar waktu; dan (3) latar keadaan. 
d. Sudut pandang adalah posisi pengarang dalam cerita. Terdapat empat jenis sudut pandang. 
• Pengarang sebagai tokoh cerita, jika tokoh utamanya ’aku’; 
• Pengarang sebagai tokoh sampingan, jika terdapat tokoh ’aku’ yang bukan sebagai tokoh utama. 
• Pengarang peninjau, jika pengarang hanya dapat memaparkan hal-hal yang dapat diamati pancaindra. 
• Pengarang serba tahu, jika pengarang dapat memaparkan kehidupan tokoh utama dama berbagai hal. 
e. Alur adalah rangkaian peristiwa yang saling berhubungan membentuk suatu cerita. Ada tiga jenis alur cerita: 
• Alur maju, apabila cerita dipaparkan dari awal hingga akhir secara berurutan. 
• Alur mundur (flash back), apabila cerita bermula dari masa kini menuju awal peristiwa secara berurutan; 
• Alur campuran, apabila penceritaannya menggunakan gabungan antara alur maju dan alur mundur. 
f. Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembacanya. 
g. Gaya bahasa merupakan sarana sastra yang amat penting karena hal inilah yang akan membedakan antara pengarang yang satu dengan yang lain. 

CONTOH SOAL : 
1. Setelah sampai ke negeri Yaman dengan takdir Allah ta’ala maka bertemulah dia dengan Ibraha. Maka ditunjukanlah surat dan kiriman kepada daripada ayahnya itu. Setelah disambut surat dan kiriman itu lalu dibacanya. Setelah sudah maka ujarnya,”hambapun sahaja rindu akan ayahanda bunda, marilah kita pulang.” Alur yang digunakan dalam penggalan hikayat di atas adalah……… 
a. Alur mundur 
b. Alur flas back 
c. Alur meloncat-loncat 
d. Alur campuran 
e. Alur maju 

2. Kata yang empunya cerita ini adalah sebuah negeri , yang bernama Padali Pareom ; raja yang memerintahkan negeri itu bernama soegadarma . Adalah raja itu berputra empat orang laki-laki . Anak raja itu tersangat dungu lagi dengan bebalnya , tiada menerima nasihat orang . Dari sebab yang demikian , sangatlah murka Baginda akan anaknya itu karena seolah – olah ia hendak menhilangkan dan merusakkan keturunan raja – raja yang dahulu kala . Baginda bertitah , “ Jikalau anak yang demikian itu seribu sekalipun , tidaklah memberi faedah kepadaku ; jikalau kiranya ada seorang anak yang berbahagia , niscaya berguna kepadaku . Apatah kuperoleh anak yang demikian ?” Berdasarkan kutipan hikayat tersebut , anak baginda raja mempunyai karakter ..... 
a. Tampan dan pintar 
b. Dungu dan tampan 
c. Pintar dan bebal 
d. Dungu dan bebal 
e. Pintar dan bijaksana 

SKL 7
MENENTUKAN UNSUR INTRINSIK CERPEN /NOVEL
UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK CERPEN 
Masalah dalam cerita memunculkan konflik. Konflik merupakan pertemuan atau benturan antara dua kekuatan yang berlawanan. Masalah dibedakan menjadi dua macam, yaitu masalah dari luar (fisik) dan dari dalam (batin). 

MASALAH DARI LUAR 
Masalah dari luar terjadi antara tokoh dengan sesuatu di luar dirinya. Masalah ini bisa terjadi dengan lingkungan ataupun manusia. Masalah dari luar dibagi menjadi dua. 
1. Masalah fisik merupakan masalah yang disebabkan benturan antara tokoh dengan lingkungan. Misalnya, konflik yang dialami tokoh akibat bencana alam. 
2. Masalah sosial merupakan masalah yang muncul karena hubungan antar manusia. Misalnya, masalah pertikaian, perebutan, atau perceraian. 

MASALAH BATIN 
Masalah batin dari dalam diri tokoh, masalah ini terjadi antara tokoh dengan dirinya sendiri. Masalah merupakan salah satu unsur intrinsik. Unsur intrinsik merupakan unsur yang membangun cerita dari dalam. 

Unsur intrinsik cerpen yang lain sebagai berikut. 
1. Tokoh 
 Tokoh adalah orang yang berperan dalam suatu cerita. 
 Tokoh memiliki sifat dan watak masing-masing. 

2. Watak 
 Watak adalah cara pengarang menggambarkan atau mengembangkan karakter tokoh-tokoh dalam cerita. 
 Untuk menggambarkan watak seorang tokoh pengarang dapat menggunakan teknik : 
1. Penggambaran secara langsung oleh pengarang, misalnya dengan mengatakan bahwa tokoh itu baik hati, jujur, pemarah dll. 
2. Penggambaran melalui fisik dan perilaku tokoh. 
3. Penggambaran melalui lingkungan kehidupan tokoh. 
4. Penggambaran melalui tata kebahasaan tokoh. 
5. Penggambaran melalui jalan pikiran tokoh. 
6. Penggambaran oleh tokoh lain. 

 Macam-macam watak : 
1. Tokoh berwatak baik misalnya suka menolong, peyabar, dan pemaaf. 
2. Tokoh berwatak jahat misalnya suka mencuri, menghina, pemarah, dan pendendam. 
3. Tokoh berwatak baik sekaligus berwatak jahat misalnya suka menolong tapi pendendam, penyabar tapi pelit.

3. Latar 
 Latar adalah keterangan mengenai tempat, waktu, dan budaya dalam cerita. 
 Macam-macam latar : 
1. Latar tempat yaitu penggambaran tempat kejadian di dalam cerita, misalnya di Bandung, Jakarta, Bogor dsb. 2. Latar waktu yaitu penggambaran waktu kejadian di dalam cerita, misalnya pagi hari, siang hari, dahulu kala dsb. 
3. Latar budaya yaitu penggambaran budaya yang melatarbelakangi terjadinya peristiwa dalam cerita misalnya budaya masyarakat Jawa, Betawi, Sunda, Melayu dsb. 

4. Amanat 
 Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang dalam karangannya. 

5. Alur 
 Alur adalah rangkaian peristiwa dan konflik yang dijalin dan menggerakkan jalan certia melalui rumitan ke arah klimaks dan penyelesaiannya. 
 Macam-macam alur : 
1. Alur maju yaitu penceritaan rangkaian peristiwa dari peristiwa yang paling awal sampai peristiwa akhir. 
2. Alur mundur yaitu penceritaan rangkaian peristiwa dari peristiwa yang paling akhir kemudian berbalik ke peristiwa yang paling awal. 
3. Alur campuran yaitu perpaduan antara alur maju dan alur mundur di dalam suatu cerita. 

CONTOH SOAL : 
1. Dengan memberanikan diri, aku pun bertanya, "Apa Ibu kenal dengan seorang anak bernama Eric yang dulu tinggal di sana itu?" Ia menjawab, "Silakan masuk, Nyonya! Kalau Anda ibunya Eric, sungguh Anda tak punya hati!”. Ia membuka pintu tempat tinggalnya. (1)"Tolong katakan, di mana ia sekarang? Saya janji menyayanginya dan tidak akan meninggalkannya lagi!” (2)Aku berlari memeluk tubuhnya yang bergetar keras. "Nyonya, semua sudah terlambat. Sehari sebelum nyonya datang, Eric telah meninggal dunia. Jasadnya ditemukan di kolong jembatan,” jawabnya dengan suara terbata-bata. (3)”Eric... maafkan Ibu, Nak!” Aku sungguh menyesal, mengapa anakku Eric, dulu kutinggalkan. (4) Bukti latar tempat pada kutipan cerita tersebut ditandai nomor ... a . (1) 
b . (2) 
c . (3) 
d. (4) 

2. (1)"Apakah peranku bagimu, silumankah aku?" tak ada jawabmu, hanya angin berdesir di sekeliling kita. (2)Bulan pucat tak bisa menyembunyikan senyumanmu demi melihat kerutan di dahiku. (3)Biarlah menjadi rahasia alam akan apa yang kita rasakan ini. (4)Jangan lagi memaknainya, menanyakannya atau mengharapkannya esok hari. Bukti bahwa kutipan cerpen tersebut berlatar malam hari terdapat pada nomor …. 
a. (1) 
b. (2) 
c. (3) 
d. (4)

SKL 8
MENENTUKAN MASALAH DAN AMANAT DALAM DRAMA
Drama merupakan jenis atau genre karya sastra yang berbentuk percakapan. Unsur – unsur drama sebagai berikut :
1. Tema yaitu inti cerita. 
2. Amanat yaitu pesan yang ada dalam drama. 
3. Alur yaitu rangkaian peristiwa dalam drama. 
4. Perwatakan yaitu watak tiap-tiap tokoh. 
5. Konflik merupakan masalah dalam drama. 
6. Percakapan yaitu dialog para pemain. 
7. Tata artistik yaitu setting panggung. 
8. Casting yaitu pemilihan pemeran yang tepat. 
9. Akting yaitu prilaku para pemain dipanggung. 

CONTOH SOAL : 
1. Bacalah kutipan drama berikut dengan saksama : Masut : Guru, terima kasih atas ilmu yang guru berikan kepadaku. Apalah artinya diriku andai tidak ada guru. Guru : Masut, Masut! Kamu harus tahu, meskipun kita mempunyai ilmu hanya sedikit, namun tetap harus diberikan kepada orang lain.(Istri Masut masuk ke ruangan membawa teh hangat). Istri Masut : Lebih baik kalau ngobrolnya, sambil minum teh hangat (menyodorkan cangkir) Guru : Bisa saja istri kamu, Ut. Suasana yang tergambar pada drama tersebut adalah ... 
a. santai 
b. Tegang 
c. haru 
d. seram 

2. Bacalah kutipan drama berikut dengan saksama ! Brilian : Sekarang serahkan hp kalian, kami akan minta uang tebusan!!! (mendorong Dimi masuk) Dimi : Ka …ka ... kami tidak bawa hp (gugup). Brilian : Periksa kantongnya!! Timmy : Siap, bos. (memeriksa kantong) Markus : Ada gak? Ini tempat apa? (matanya melotot) Timmy : Ruang menyimpan perkakas bekas (sambil meraba kantong si anak). Ini bos, hpnya (mengeluarkan hp N.95). Markus : Tanyakan nomor hp orang tuanya! Hubungi untuk minta tebusan! Timmy : Siap, bos! Suasana kutipan drama tersebut adalah ... 
a. haru 
b.Sedih 
c. tegang 
d. Seram 

SKL 9
MENENTUKAN MAKSUD GURINDAM
Gurindam merupakan salah satu jenis puisi lama Indonesia yang berasal dari Tamil (India). Gurindam terdiri atas dua larik dan bersajak a-a. Larik pertama dan kedua saling berhubungan. Larik pertama gurindam berupa sebab atau perjanjian. Sebaliknya, larik kedua berupa jawaban atau akibat dari perjanjian larik pertama. Kata gurindam berasal dari bahasa Tamil “kirandam”. Gurindam umumnya berisi nasihat, ajaran, atau semacam kata-kata mutiara. 

CONTOH: 
Jika ilmu tiada sempurna 
Tiada berapa ia berguna 
Silang selisih jangan dicari 
Jika tersua janganlah lari berlari 
Perkataan tajam jika dilepas 
Ibarat beringin racun dan upas 

Berdasarkan contoh gurindam diatas, kita dapat menyimpulkan ciri-ciri gurindam seperti berikut :
1. Tiap bait terdiri atas dua larik. 
2. Jumlah suku kata tiap-tiap larik tidak tetap. Pada umumnya terdiri atas sepuluh sampai empat belas suku kata. 
3. Bersajak a-a. 
4. Hubungan larik pertama dan kedua membentuk hubungan sebab akibat. 
5. Pada umumnya berisi suatu kebenaran untuk memberi nasihat. 
6. Isi gurindam dapat dilihat dari larik kedua. 

CONTOH SOAL : 
1. Cermati gurindam berikut! Jika kena penyakit kikir Sanak saudara lari menyingkir Maksud isi gurindam tersebut adalah……. 
a. Keluarga orang yang berpenyakit kikir akan dikucilkan oleh tetangganya. 
b. Orang yang berpenyakit kikir harus meninggalkan keluarganya. 
c. Orang yang bersifat kikir akan dijauhi oleh sanak saudara dan kerabatnya. 
d. Bila bertemu dengan orang yang berpenyakit kikir segeralah lari menghindar. 
e. Jangan berteman dengan orang yang berketurunan kikir. 

2. Hati – hati memilih teman , 
salah salah menjadi lawan 
Berdasarkan bentuknya , puisi tersebut termasuk gurindam , sebab ..... 
a. Mempunyai sampiran dan isi 
b. Terdiri dari baris – baris dalam satu bait 
c. Memiliki hubungan sebab akibat 
d. Tidak selesai dalam satu bait 
e. Tidak diketahui pembuatnya

Soal-soal Bahasa Indonesia

Soal-soal Bahasa Indonesia


JASA PEMBUATAN PTK  (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Harga Per PTK 300ribu, Kalau ambil lebih dari dua bisa kurang.

Untuk Pilihan Judul PTK Klik Disini

Atau Cek FB Kami Disini

1.      Kemampuan yang Diuji                :     Menentukan isi dan bagian suatu paragraf
      Indikator Soal                               :     Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan gagasan utama paragraf tersebut
SOAL                                           :
Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) memperkirakan sebanyak 400 ribu pengunjung hadir menjelang Tahun Baru 2009. Perkiraan ini dirasa tidak berlebihan mengingat membludaknya pengunjung pada tahun lalu. Sebagai daya tarik pengunjung, pengelola   menyiapkan berbagai acara hiburan dengan tema "Pesta Rakyat", di antaranya pesta kembang api.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ...
A.    pesta kembang api di TMII
B.    membludaknya pengunjung TMII
C.   perkiraan jumlah pengunjung TMII
D.   daya tarik  pengelola TMII

KUNCI JAWABAN: C
PEMBAHASAN     :
Gagasan utama atau gagasan pokok merupakan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat utama.Kalimat tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya. Biasanya terdapat pada awal atau akhir pargraf
Kata kunci: pangelola TMII memperkirakan sebanyak 400 ribu pengunjung hadir …. (perkiraan jumlah pengunjung). Kata yang merujuknya: .. perkiraan ini (kalimat kedua);  …. pengelola …. (kalimat ketiga)
2.    Kemampuan yang Diuji                :     Menentukan isi dan bagian suatu paragraf
      Indikator Soal                               :     Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat utama utama paragraf tersebut
      SOAL                                           :
(1)   Perayaan Tahun Baru yang berlangsung meriah di Jakarta meninggalkan sejumlah persoalan. (2) Satu di antara persoalan tersebut adalah rusaknya sejumlah taman kota di Jakarta. (3) Kerusakan taman ini seperti terlihat di kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta. (4) Hampir semua tanaman hias yang berada di area tersebut rusak akibat terinjak-injak ribuan pengunjung.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor ...
A.    (1)                                C.  (3)
B.     (2)                                D.  (4)

KUNCI JAWABAN        :  A
PEMBAHASAN               
Kalimat utama merupakan kalimat yang isinya bersifat umum dan didukung kalimat penjelas.  Dalam paragraph, kalimat utama biasanya terletak pada awal atau akhir paragraf.
Pada paragraf tersebut kalimat utama dirujuk dengan kata kunci: Perayaan … meninggalkan sejumlah persoalan (kalimat pertama). Didukung kalimat penjelas yang ditandai kata “... persoalan ini, … rusaknya sejumlah taman (kalimat kedua), … taman ini … (kalimat ketiga),  … tanaman hias … tersebut ... (kalimat keempat),.

3.    Kemampuan yang Diuji             :     Menentukan  kritik terhadap isi bacaan
      Indikator Soal                            :     Disajikan sebuah bacaan yang terdiri atas satu paragraf, siswa dapat menentukan kririkan terhadap isi bacaan tersebut
      SOAL                                        :
Pemerintah ingin tetap konsekuen menyesuaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Bila harga BBM di tingkat internasional menurun, pemerintah baru akan mengambil kebijakan menurunkan harga BBM bersubsidi di dalam negeri sesuai tingkat yang wajar. Langkah ini ditempuh untuk meringankan beban masyarakat.
Kritik terhadap isi paragraf tersebut  adalah ...
A.   Sudah kewajiban pemerintah untuk menurunkan harga.
B.   Pemerintah harus konsekuen menurunkan harga.
C.   Pemerintah tak perlu menunggu untuk menurunkan harga.
D.   Sudah sewajarnya pemerintah menurunkan harga.
KUNCI JAWABAN        :  C
PEMBAHASAN              :  
Kritikan berupa perbaikan (koreksi) terhadap perilaku negatif. Kata yang menyiratkan perilaku negatif: “bila harga BBM … menurun, pemerintah …  akan … menurunkan harga BBM “ (kalimat kedua)
4.    Kemampuan yang Diuji             :     Menentukan  isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk
      Indikator Soal                            :     Disajikan dua kutipan teks berita, siswa dapat menentukan persamaan isi kedua teks berita tersebut
      SOAL                                        :
Cermati kutipan teks berita berikut!
Teks Berita 1
Teks Berita 2
Menjelang akhir tahun dan menyambut tahun baru, Kapolres Bogor meminta pengguna kendaraan untuk tidak melalui jalur Puncak. Pengguna kendaraan diminta mencari jalan alternatif. Hal itu untuk menghindari kemacetan di jalur Puncak.
Kapolres Bogor meminta pengguna kendaraan dari wilayah Jabodetabek yang menuju kota Bandung dan sekitarnya tidak melalui jalur Puncak. Para pengguna kendaraan diminta melalui tol Cipularang atau lewat jalur Sukabumi.

Kesamaan informasi kedua teks tersebut adalah ...
A.          Pengguna kendaraan diminta tidak melewati jalur Puncak.
B.           Rencana pemberlakuan satu jalur di Puncak menjelang tahun baru..
C.           Pengalihan tujuan pengguna kendaraan yang menuju Bandung.
D.          Padatnya pengguna kendaraan dan rencana pengalihan pada akhir tahun
KUNCI JAWABAN        :  A
PEMBAHASAN              :
Kesamaan informasi pada teks berita didasarkan pada isi berita yang berpedoman dari ADIKSIMBA (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana).
Teks 1: tidak melalui jalur puncak (apa, kalimat pertama); teks 2: tidak melalui jalur Puncak (apa, kalimat pertama)
5.    Kemampuan yang Diuji                            : Menentukan  isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk
Indikator Soal                                                 : Disajikan kutipan berita, siswa dapat menentukan isi berita tersebut
SOAL                                                       :
Usaha manajemen Sriwijaya FC (SFC) untuk mendapatkan striker Budi Sudarsono tinggal selangkah lagi. Kesepakatan harga sudah dicapai, tinggal menunggu tanda tangan kontrak. Budi akan dikontrak selama setengah musim atau hingga putaran kedua Liga Super berakhir. Meskipun demikian, manajemen  SFC tidak akan melakukan pencoretan pemain lama.


Informasi yang merupakan isi teks berita tersebut adalah ...
A.   Manajemen SFC mendapatkan Budi Sudarsono.
B.   Harga kontrak tidak disepakati SFC dan Budi Sudarsono.
C.   Budi Sudarsono akan dikontrak SFC setengah musim.
D.   Budi Sudarsono telah menandatangani kontrak dengan SFC.  
KUNCI JAWABAN        : C
PEMBAHASAN              :
Isi berita berpedoman pada pertanyaan  ADIKSIMBA (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana).
Kata yang dirujuk: ... akan dikontrak (kalimat ketiga).
6.    Kemampuan yang Diuji                   :     Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk
      Indikator Soal                                  :     Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan perbedaan penyajian ktutipan  tersebut
      SOAL                                              :
Cermati kutipan teks berita berikut!
Teks Berita 1
Teks Berita 2
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak agar berangkat sebelum pukul 13.00 menjelang tahun baru. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.
Guna menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para Pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.
      Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ...
A.       teks I diawali dengan siapa, teks II diawali mengapa.
B.       teks I diawali dengan apa, teks II diawali bagaimana.
C.       teks I diawali dengan mengapa, teks II diawali bagaimana.
D.       teks I diawali dengan apa, teks II diawali mengapa.
KUNCI JAWABAN        : A
PEMBAHASAN              :
Teks 1 diawali dengan pokok berita siapa (Kapolres), sedangkan berita II diawali dengan pokok berita mengapa (guna menghidari...)
7.    Kemampuan yang Diuji                :     Menentukan kalimat fakta/pendapat
      Indikator Soal                               :     Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat pendapat pada paragraf  tersebut
      SOAL                                           :
(1) Udara di Bogor terasa dingin.  (2) Kali ini dinginnya melebihi hari-hari sebelumnya. (3) Dinginnya suhu udara di Bogor mencapai 24ºC. (4) Data tingkat suhu udara ini, terdapat  di papan informasi pengukur suhu di jalan-jalan besar di kota Bogor.
Dua kalimat pendapat pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
  1. (1) dan (2)                   C.  (2) dan (3)
  2. (1) dan (3)                           D.  (2) dan (4)
KUNCI JAWABAN        : A
PEMBAHASAN   :
Kalimat pendapat merupakan kalimat berisi pendapat dan bersifat subjektif yang  memiliki lebih dari satu kemungkinan kebenaran sesuai data pada teks.
Kata kunci: … ”terasa” (kalimat 1)  dan ”melebihi ... sebelumnya” (kalimat .2)
8.    Kemampuan yang Diuji                :     Menyimpulkan isi paragraf
Indikator Soal                               :     Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan paragraf  tersebut
      SOAL                                                                               :
.    Pada umumnya, sakit tenggorokan disebabkan oleh virus. Biasanya, terkait dengan tanda-tanda penyakit saluran napas lainnya. Seperti, hidung tersumbat atau batuk. Kebanyakan sakit tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk membantu agar lebih nyaman ketika sakit, dapat dilakukan dengan minum air hangat yang diberi air perasan jeruk lemon dan madu.
Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ...
A.    Penyakit tenggorokan disebabkan kebanyakan oleh virus.
B.     Tanda-tanda penyakit tenggorokan adalah hidung tersumbat.
C.     Usaha meringankan rasa sakit ketika menderita sakit tenggorokan.
D.    Sakit tenggorokan dapat dikurangi dengan minum air perasan jeruk lemon.
KUNCI JAWABAN        : D
PEMBAHASAN              :
Simpulan merupakan pendapat akhir dari data yang terdapat pada isi teks bacaan. Isi teks: penyebab sakit tenggorokan (kalimat 1); sakit tenggorokan dapat pulih sendiri (kalimat 3); Namun ... persaan air jeruk lemon dan madu ... dijadikan obat sakit tenggorokan (kalimat 4). Pendapat akhir: Sakit tenggorokan dapat dikurangi dengan .... (sesuai data pada kalimat 1, 3, dan 4)
9.        Kemampuan yang Diuji             :     Menentukan isi tajuk
         Indikator Soal                            :     Disajikan sebuah tajuk, siswa dapat
                                                                  menentukan gagasan utama tajuk tersebut
         SOAL                                        :
Bacalah kutipan tajuk berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 9 s.d. 12!
Pemerintah kembali menurunkan bahan bakar minyak (BBM) terutama jenis premium. Bersamaan dengan penurunan harga premium untuk kedua kalinya, harga bahan bakar jenis solar pun diturunkan. Harga minyak dunia yang terus merosot mendorong munculnya kebijakan penurunan BBM.
Kalangan industri mestinya sudah bisa  menghitung kembali biaya produksi yang berujung pada penurunan harga. Apalagi, harga bahan bakar industri pun mengalami hal yang sama.
Dengan turunnya harga premium dan solar, diharapkan harga kebutuhan pokok ikut turun. Dengan demikian, daya beli publik terangkat, diikuti peningkatan konsumsi yang mendorong peningkatan produksi. Hal itu mampu memperkecil peluang terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK).
Gagasan utama tajuk tersebut adalah ...
A.          penurunan harga BBM hendaknya diikuti harga kebutuhan pokok
B.           penurunan harga premium diikuti solar dan pertamax
C.           kebutuhan pokok tergantung jenis BBM yang digunakan
D.          turunnya BBM meningkatkan produksi dalam negeri
KUNCI JAWABAN  :     A
PEMBAHASAN        :
Gagasan pokok tajuk merupakan ide (pendapat) penulis tentang fenomena hangat. Fenomena pada teks: penurunan harga premium dan solar; ide (pendapat) penulis: harga bahan pokok mestinya turun juga (paragraf  terakhir kalimat pertama).
10.      Kemampuan yang Diuji       :     Menentukan isi tajuk
         Indikator Soal                      :     - menentukan kalimat fakta pada tajuk tersebut
         SOAL                                  :

Letak kalimat fakta pada tajuk tersebut adalah ...
A.          paragraf I kalimat II
B.           paragraf II kalimat I
C.           paragraf III kalimat I
D.          paragraf III kalimat III
KUNCI JAWABAN     :     A
PEMBAHASAN           :
Fakta adalah keadaan, kejadian, atau peristiwa yang benar dan bisa dibuktikan. Faktabiasanya ditandai oleh hadirnya data berupa angka.
Fakta: harga premium dan solar diturunkan .
11.  Kemampuan yang Diuji          :     Menentukan isi tajuk
      Indikator Soal                         :     - menentukan keberpihakan penulis pada tajuk tersebut
      SOAL                                     :
Penulis pada kutipan tajuk tersebut kepada ....
A.    pemerintah                  C. produsen
B.     pengusaha                   D. pekerja
KUNCI JAWABAN        : D
PEMBAHASAN              :
Berpihak artinya mengikut/memilih salah satu pihak.
Kebrpihakan (berpihak) tergambar pada kalimat terakhir paragraf  ketiga.
12.  Kemampuan yang Diuji             :     Menentukan isi tajuk
      Indikator Soal                            :     - menentukan simpulan isi tajuk tersebtut
      SOAL                                        :
Simpulan isi tajuk tersebut adalah ...
  1. Biaya produksi yang menurun tidak diikuti harga solar.
  2. Penurunan harga premium diikuti harga kebutuhan.
  3. Harga minyak dunia yang  turun tidak diikuti pemerintah.
  4. Konsekuensi penurunan harga BBM mampu memperkecil PHK.
KUNCI JAWABAN        : D
PEMBAHASAN              :
Simpulan tajuk merupakan pendapat akhir terhadap data baik fakta maupun opini pada tajuk.
Data: penurunan harga bahan bakar dua kali; kalangan industri mestinya menurunkan harga jual; diharapkan daya beli publik meningkat; berpeluang memperkecil PHK. Pendapat akhir: penurunan harga BBM dapat memperkecil PHK (tidak bertentangan dengan data).
13.      Kemampuan yang Diuji          :     Menyimpulkan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah
         Indikator Soal                         :     Disajikan grafik, siswa dapat menentukan simpulan isi grafik tersebut
         SOAL                                     :
   Grafik Penjualan Tiket dan Jumlah Pengunjung di Goa Akbar
         Simpulan isi grafik tersebut adalah ...
A.          Beberapa pengunjung Goa Akbar tidak membeli tiket masuk.
B.           Pengunjung Goa Akbar paling banyak pada bulan Desember.
C.           Jumlah rata-rata pengunjung lebih banyak daripada tiket terjual.
D.          Antara penjualan tiket dan jumlah pengunjung pada bulan September sama.
KUNCI JAWABAN     :     C
PEMBAHASAN           :
Simpulan grafik diperoleh dengan mencermati data pada grafik  kemudian diberi pendapat . Data pada grafik tersebut: jumlah pengunjung pada September: 250; Okt: 250; Nov: 251; Des: 302; tiket terjual: pada September: 250; Okt: 250; Nov: 2002; Des: 255. Rata-rata pengunjung lebih banyak dibandingkan dengan tiket terjual.
14.      Kemampuan yang Diuji             :     Menentukan isi dan bagian suatu paragraf
         Indikator Soal                            :     Disajikan grafik, siswa dapat menentukan simpulan isi grafik tersebut
         SOAL                                        :
Cermati tabel berikut!
Luas Lahan Tanaman dan Produksi Perkebunan  Tahun 2006
Kabupaten
Karet
Kelapa Sawit
Luas (ha)
Produksi (ton)
Luas (ha)
Produksi (ton)
Sambas
-
-
7.819
6.623
Landak
3.230
765
11.924
30.243
Pontianak
-
-
12.467
4.285
Kapuas Hulu
1.252
165
5.176
680
Pertanyaan yang jawabannya terdapat pada tabel tersebut adalah ...
  1. Bagaimana tiap kabupaten menaikkan produksi perkebunan?
  2. Berapa luas lahan kelapa sawit di Kabupaten Sambas?
  3. Berapa ton karet yang dijual tiap tahun?
  4. Mengapa Kabupaten Pontianak tidak memiliki lahan karet?
KUNCI JAWABAN        : B
PEMBAHASAN  : Jawaban pertanyaan b adalah 7.819 ha.
15.  Kemampuan yang Diuji          :     Pernyataan sesuai isi grafik, tabel, bagan, denah
      Indikator Soal                         :     Disajikan sebuah diagram, siswa dapat menentukan pernyataan yang metupakan isi diagram tersebut
      SOAL                                     :
Cermati diagram berikut!
Objek wisata yang menjadi favorit wisatawan






Informasi yang merupakan isi diagram tersebut adalah ...
  1. Jumlah wisatawan yang suka ke kota 15%.
  2. Jumlah wisatawan suka objek pantai 35%.
  3. Jumlah wisatawan suka objek danau 25%.
  4. Jumlah wisatawan suka pegunungan 45%.

KUNCI JAWABAN        : B
PEMBAHASAN              :
Sesuai dengan data:   jumlah wisatawan yang menyukai objek pantai sebanyak 35 %.
16.  Kemampuan yang Diuji                :     Menentukan unsur intrinsik puisi
      Indikator Soal                               :     Disajikan kutipan puisi, siswa dapat
-           menentukan tema puisi tersebut
      SOAL                                           :
Bacalah puisi berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 16 dan 17!
... 
Wahai sahabat
Untuk slamanya
Kita percaya
Tebarkan arah jangan pernah lelah
Untukmu sahabat
...
Tema puisi tersebut adalah ...
  1. Persahabatan               C.  Kelelahan
  2. Perdamaian                        D.  Kepercayaan
KUNCI JAWABAN        : A
PEMBAHASAN  : Kata yang dirujuk: sahabat (sapaan positif)  …. Kita (penyapa dan yang disapa)  …. tebarkan arah (tindakan persahabatan) … untuk sahabat (penegasan persahabatan).
17.  Kemampuan yang Diuji                :     Menentukan unsur intrinsik puisi
      Indikator Soal                               :     Disajikan kutipan puisi, siswa dapat
-           menentukan suasana yang tergambar pada puisi tersebut
      SOAL                                           :
Suasana yang tergambar pada puisi tersebut adalah ...
A.    semangat                     C. tegang
B.     sunyi                                     D. gembira
KUNCI JAWABAN        : A
PEMBAHASAN  : Kata yang dirujuk: tebarkan arah … jangan lelah.
18.  Kemampuan yang Diuji             :     Menentukan unsur intrinsik cerpen
      Indikator Soal                            :     Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat
-           menentukan bukti latar tempat pada kutipan cerpen tersebut
      SOAL                                        :
Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 18 s.d. 20!
Dengan memberanikan diri, aku pun bertanya, "Apa Ibu kenal dengan seorang anak bernama Eric yang dulu tinggal di sana itu?" Ia menjawab, "Silakan masuk, Nyonya! Kalau Anda ibunya Eric, sungguh Anda tak punya hati!”. Ia membuka pintu tempat tinggalnya. (1)
"Tolong katakan, di mana ia sekarang? Saya janji  menyayanginya dan tidak akan meninggalkannya lagi!” (2)
Aku berlari memeluk tubuhnya yang bergetar keras. "Nyonya, semua sudah terlambat. Sehari sebelum nyonya datang, Eric telah meninggal dunia.  Jasadnya ditemukan di kolong jembatan,” jawabnya dengan suara terbata-bata. (3)
”Eric... maafkan Ibu, Nak!” Aku sungguh menyesal, mengapa anakku Eric, dulu kutinggalkan. (4)
Bukti latar tempat pada kutipan cerita tersebut ditandai nomor ...
A.    (1)                                C. (3)
B.     (2)                                          D. (4)
KUNCI JAWABAN        : A
PEMBAHASAN  : Latar merupakan tempat, waktu, dan atau suasana peristiwa cerita terjadi. Untuk menemukan latar perlu mencermati kata yang meujuknya.

Kata kunci (yang dirujuk): … membuka pintu …(latar tempat)
19.  Kemampuan yang Diuji          :     Menentukan unsur intrinsik cerpen
      Indikator Soal                         :     -  menentukan konflik yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut
      SOAL                                     :
Konflik yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
  1. Seorang ibu yang berjanji tidak akan meninggalkan anaknya lagi.
  2. Penyesalan seorang ibu yang telah meninggalkan anaknya.
  3. Seseorang yang tak tega melihat anak terlantar.
  4. Gelandangan yang ditemukan tewas di kolong jembatan.
KUNCI JAWABAN        : A
PEMBAHASAN              :
Konflik pada diri seorang ibu yang berkeinginan merawat kembali anak yang telah ditelantarkan. Konflik dalam cerita tersebut terjadi pada tokoh ibu dan dirinya tentang keinginannya yang belum tercapai.
20.  Kemampuan yang Diuji             :     Menentukan unsur intrinsik cerpen
      Indikator Soal                            :     - menentukan amanat yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut
      SOAL                                        :
Amanat yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
  1. Kita harus menyesuaikan diri di mana pun berada.
  2. Pikir dulu sebelum bertindak, sesal kemudian tidak berguna.
  3. Tidak ada kata terlambat  untuk memaafkan.
  4. Kita harus menghormati ibu yang telah melahirkan.

KUNCI JAWABAN        : B
PEMBAHASAN              :
Kalimat yang dirujuk menggambarkan Seorang ibu menyesal telah menelantarkan anaknya, tetapi yang telah terjadi, tak dapat terulang kembali.
21.  Kemampuan yang Diuji          :     Menentukan perbedaan unsur intrinsik beberapa novel
      Indikator Soal                         :     Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat  menentukan karakteristik kedua novel tersebut
      SOAL                                     :
Bacalah kedua kutipan novel berikut dengan saksama!
Kutipan I
Difa pun mengangguk. Di perjalanan pulang, Difa berpikir, Yanto telah salah menilai Abah. Abah itu ramah. Selain itu lucu,  perutnya yang buncit berguncang saat ia tertawa.
Kutipan II
Aku paling sebal kalau adikku bertanya-tanya terus. Padahal aku sedang berkonsentrasi belajar.
“Kevin, jawab dong, kalau adikmu tanya!” seru mamaku. Selalu itu teriakan mama, jika aku tidak menggubris pertanyaan adikku.
Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut adalah ...

Kutipan I
Kutipan II
A
Tokoh yang terlihat banyak
Tokoh yang terlihat dua
B
Sudut pandang diaan
Sudut pandang akuan
C.
Latar tidak jelas
Latar jelas
D
Amanat jelas
Amanat tidak jelas

KUNCI JAWABAN        : B
PEMBAHASAN              :
Teks 1: menggunakan kata ganti orang ketiga (ia); teks II: menggunakan kata ganti orang pertama (aku)


22.  Kemampuan yang Diuji                :     Menentukan perbedaan unsur intrinsik beberapa novel
      Indikator Soal                               :     Disajikan kutipan novel, siswa dapat 
                                                            - menentukan bukti nilai moral novel tersebut
      SOAL                                           :
Bacalah kutipan novel berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 22 dan 23!
(1) Layang-layang Adi tiba-tiba menukik dari atas menyambar layang-layang Badu. (2) Akibatnya, ada bagian kertas layang-layang Badu yang robek. (3) Dan... ketika diadu kembali, layangan Badu pun putus. (4) Badu memandang layang-layangnya seolah-olah tidak percaya. (5) Perasaan sedih dan malu menjadi satu. (6) Akhirnya Badu mengakui kekalahannya.
Bukti nilai moral terdapat pada kalimat bernomor ...
A. (3)                                 C.  (5)
B. (4)                                             D.  (6)
KUNCI JAWABAN        : D
PEMBAHASAN              :
Berhubungan dengan afeksi: mengakui kekalahan
23.  Kemampuan yang Diuji             :     Menentukan perbedaan unsur intrinsik beberapa novel
      Indikator Soal                            :     - menentukan salah satu watak totok novel tersebut
      SOAL                                        :    
Watak tokoh Badu pada kutipan novel tersebut adalah ...
A.    pemalu                         C. berjiwa besar         
B.     sombong                             D. angkuh
KUNCI JAWABAN        : C
PEMBAHASAN              :
Kata yang dirujuk: mengakui kekurangannya/kekalahannya
24.  Kemampuan yang Diuji             :     Menentukan  unsur intrinsik drama
      Indikator Soal                            :     Disajikan kutipan naskah drama siswa dapat
                                                               - menentukan suaana yang tergambar pada naskah drama tersebut
      SOAL                                        :
      Bacalah kutipan drama berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 24 dan 25!
Masut                 :     Guru, terima kasih atas ilmu yang guru berikan kepadaku. Apalah artinya diriku andai tidak ada guru.