Senin, 31 Oktober 2016

PTK PAUD TK dan RA MELALUI PERMAINAN BALOK ANGKA

PTK PAUD TK dan RA MELALUI PERMAINAN BALOK ANGKA

JASA PEMBUATAN PTK  (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Harga Per PTK 300ribu, Kalau ambil lebih dari dua bisa kurang.

Untuk Pilihan Judul PTK Klik Disini


Atau Cek FB Kam DISINI 

(Masitoh (2005 : 1) mengungkapkan bahwa Pendidikan di Taman Kanak-Kanak merupakan salah satu bentuk pendidikan anak usia dini yang memiliki peranan sangat penting untuk mengembangkan kepribadian anak serta mempersiapkan mereka memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Pendidikan di Taman Kanak-Kanak merupakan jembatan antara lingkungan keluarga dengan masyarakat yang lebih luas yaitu Sekolah Dasar dan lingkungan lainnya. Sebagai salah satu bentuk pendidikan anak usia dini, lembaga ini menyediakan program pendidikan dini bagi sekurang-kurangnya anak usia empat tahun sampai memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.
Contoh PTK PAUD TK dan RA Pendidikan anak usia dini khususnya Taman Kanak-Kanak pada dasarnya adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada pengembangan seluruh aspek kepribadian anak sebagaimana dikemukakan oleh Anderson (1993), “Early childhood education is based on a number of methodical didactic consideration the aim of which is provide opportunities for development of children personality“. Artinya, pendidikan Taman Kanak-Kanak memberi kesempatan untuk mengembangkan kepribadian anak, oleh karena itu pendidikan untuk anak usia dini khususnya di Taman Kanak-Kanak perlu menyediakan berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak (Masitoh dkk, 2005 :2), mereka butuh permainan sebagai media pendidikan dalam pembelajaran disekolah. Alat-alat permainan hendaknya memenuhi syarat untuk mengembangkan berbagai keterampilan anak sesuai dengan tingkat usia dan memperhatikan sifat-sifat perkembangan, secara kreatif guru dapat membuat dan menggunakan alat permainan yang berasal dari lingkungan sekitar dan memanfaatkan barang-barang bekas ataupun media-media yang sudah ada atau tersedia.
Lihat Juga
Judul yang pas untuk CONTOH PTK PAUD RA DAN TK INI ADALAH  UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN BALOK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK  atau bisa dirubah dengan judul PENGGUNAAN PERMAINAN BALOK ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK KELOMPOK B DI TK 

contoh ptk paud tk ra BALOK ANGKA

Contoh PTK PAUD TK dan RA MELALUI PERMAINAN BALOK ANGKA

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, maka semakin mendorong upaya-upaya pembahasan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Sehingga alat permainan edukatif (APE) yang sederhana cenderung tersingkir dan hampir sirnah. Untuk itu peran guru agar mampu membangkitkan lagi dan menggunakan yang dapat disediakan oleh sekolah maupun di buat sendiri.Bermain tidak harus mahal unsur mendidiklah yang harus diutamakan.
Dalam pedoman pembelajaran bidang pengembangan kognitif di Taman Kanak-Kanak (Depdiknas 2007:3) disebutkan bahwa pengembangan kognitif adalah suatu proses berpikir berupa kemampuan untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan sesuatu. Dapat juga dimaknai sebagai kemampuan untuk memecahkan masalah atau untuk mencipta karya yang dihargai dalam suatu kebudayaan. Salah satu aspek dalam pengembangan kognitif ini adalah pengembangan pembelajaran matematika.

DIBUATLAH Contoh PTK PAUD TK dan RA MELALUI PERMAINAN BALOK ANGKA LENGKAP .DOC

Seperti yang telah dikemukakan oleh Sriningsih (2008:1) bahwa praktek-praktek pembelajaran matematika untuk anak usia dini di berbagai lembaga pendidikan anak usia dini baik jalur formal maupun non formal sudah sering dilaksanakan. Istilah-istilah yang dikenal diantaranya pengembangan kognitif, daya pikir atau ada juga yang menyebutnya sebagai pengembangan kecerdasan logika-matematika. Kegiatan pengembangan pembelajaran matematika untuk anak usia dini dirancang agar anak mampu menguasai berbagai pengetahuan dan keterampilan matematika yang memungkinkan mereka untuk hidup dan bekerja pada abad mendatang yang menekankan pada kemampuan memecahkan masalah. Berhitung merupakan bagian dari matematika, yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, terutama konsep bilangan yang merupakan juga dasar bagi pengembangan kemampuan matematika maupun kesiapan untuk mengikuti pendidikan dasar (Depdiknas, 2007 :1).

CONTOH PTK IPS UNTUK SD

CONTOH PTK IPS UNTUK SD

JASA PEMBUATAN PTK  (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Harga Per PTK 300ribu, Kalau ambil lebih dari dua bisa kurang.

Untuk Pilihan Judul PTK Klik Disini


Atau Cek FB Kami DISINI  


Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD/MI/SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan denganisu sosial. Pada jenjang SMP/MTs mata pelajaran IPS memuat materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi.

Melalui mata pelajaran IPS,peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai. Di masa yang akan datang peserta didik akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi social masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis. Mata pelajaran IPS disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan.
         Adapun tujuan mata pelajaran IPS yaitu agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
  1. Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
  2. Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan social.
  3. Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
  4. Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.
               Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah salah satu bidang studi yang rumit, karena ruang lingkupnya sangat luas dan merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial, seperti geografi, ekonomi, sejarah, sosiologi, dan antropologi. IPS memfokuskan perhatiannya pada peranan manusia dalam masyarakat terutama dalam situasi global saat ini.
Dalam implimentasi pembelajaran guru sebagai praktisi melaksanakan kegiatan, yaitu dengan cara menggunakan srategi pengajaran konsep untuk membantu kelancaran pada setiap tindakan pembelajaran, peneliti melakukan pengamatan secara langsung terhadap proses pada pembelajaran. Dari setiap pengamatan selanjutnya dilakukan refleksi dan analisis setiap tindakan untuk kemudian melakuakan perbaikan-perbaikan.
Dalam rangka mencapai harapan seperti itulah dalam kegiatan belajar ini dikemukakan salah satu alternatif dari segi perencanaan, yaitu dengan upaya memotivasi siswa  dalam pembelajaran kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkungan anak melalui penguatan verbal dan non verbal. Dengan menggunakan metode ini diharapkan siswa dapat termotivasi untuk mengikuti pembelajaran dengan baik dengan tujuan meningkatkan volume pembelajaran. Dengan demikian proses pembelajaran diharapkan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Contoh PTK Bahasa Indonesia SMP Kumpelit

Contoh PTK Bahasa Indonesia SMP Kumpelit

JASA PEMBUATAN PTK  (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Harga Per PTK 300ribu, Kalau ambil lebih dari dua bisa kurang.

Untuk Pilihan Judul PTK Klik Disini


Atau Cek FB Kami DISINI 

eterampilan menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa yang memiliki
peranan penting di dalam kehidupan manusia. Seseorang dapat mengungkapkan
pikiran dan gagasan untuk mencapai maksud dan tujuannya dengan menulis.
Keterampilan menulis merupakan kemampuan seseorang dalam menyusun dan
menggunakan bahasa secara tertulis dengan baik dan benar. Keterampilan menulis
merupakan salah satu keterampilan yang harus diajarkan kepada siswa, khususnya
siswa SMP kelas VIII. Di antara empat aspek keterampilan kebahasaaan,
keterampilan menulis merupakan keterampilan yang paling sulit. Selain itu,
keterampilan menulis adalah keterampilan yang kompleks karena keterampilan
menulis ini merupakan suatu proses pengembangan waktu, kesempatan dan memerlukan cara berfikir yang teratur untuk mengungkapkannya dalam bahasa tulis (Tarigan 1986: 4).
Contoh PTK Bahasa Indonesia SMP Lengkap,  Menurut Tarigan (1994 :111), menulis adalah menurunkan atau melukiskan
lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh
seseorang sehingga orang-orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik
tersebut kalau mereka memahami bahasa dan gambaran grafik tersebut. Tujuan
menulis itu sendiri adalah agar tulisan yang dibuat dapat dibaca dan dipahami oleh
orang lain yang mempunyai kesamaan pengertian terhadap bahasa yang
dipergunakan.
PTK Bahasa Indonesia Lengkap
Keterampilan menulis harus dimiliki oleh siswa karena menulis merupakan
salah satu kompetensi yang harus dicapai siswa dalam belajar di sekolah. Sesuai
dengan tujuan umum pengajaran bahasa dan sastra Indonesia SMP yaitu siswa dapat
memiliki kemampuan menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan
kemampuan intelektual (berpikir kreatif menggunakan akal sehat, menggunakan
pengetahuan yang berguna, dapat memecahkan masalah) kematangan emosional dan
sosial (Depdiknas 11003: 1).
Keterampilan menulis tidak datang dengan sendirinya, melainkan perlu adanya
latihan dan praktik secara langsung dan teratur, serta adanya potensi dan media yang
mendukung dalam berlatih menulis secara umum.
Berbagai upaya latihan menulis laporan perjalanan telah dilakukan oleh guru
Bahasa dan sastra Indonesia pada SMP Negeri __________, agar kemampuan
menulis laporan perjalanan siswa lebih baik. Akan tetapi, pada kenyataannya kemampuan menulis laporan perjalanan belum mencapai hasil yang memuaskan. Hal
tersebut terjadi karena banyaknya permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan
pembelajaran menulis laporan perjalanan.
Permasalahan dalam pembelajaran menulis laporan perjalanan juga terjadi pada
siswa kelas VIII SMP Negeri _______. Berdasarkan hasil wawancara
dengan guru bahasa dan sastra Indonesia pada sekolah tersebut, peneliti
menyimpulkan bahwa kemampuan menulis laporan perjalanan para siswa kelas VIII
hasilnya masih kurang dari nilai KKM sebesar 70. Rata-rata nilai kelas 63 dengan
nilai tertinggi 83 dan nilai terendah 50. Ditemukan masih ada siswa yang memiliki
nilai di bawah nilai KKM. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil laporan perjalanan
siswa kelas VIII seperti; 1) penulisan EYD yang kurang sesuai, kurang tanda
titik/koma, huruf kapital kurang, 2) keruntutan waktu, ruang dan tempat kurang tepat,
3) pemaparan informasi membingungkan dan berbelit.
Penyebab rendahnya minat siswa dalam mengikuti pelajaran menulis laporan
perjalanan dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Faktor internal adalah faktor yang berasal dari diri siswa itu sendiri, seperti 1) adanya
anggapan siswa bahwa pelajaran bahasa Indonesia adalah pelajaran yang
membosankan sehingga siswa kurang berminat untuk mengikuti pelajaran ini, 2)
kurangnya perhatian siswa dalam pemilihan kata atau diksi, penggunaan ejaan, dan
tanda baca, 3) kurangnya keberanian siswa untuk bertanya dan mengemukakan
pendapat. Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar siswa, seperti 1)
waktu latihan dalam menulis laporan perjalanan masih terbatas, 2) kurangnya latihan menulis laporan perjalanan, 3) suara guru kurang lantang saat menjelaskan materi
pelajaran, 4) teknik yang digunakan guru kurang tepat dan medianya sangat terbatas.
Ketepatan pengungkapan gagasan harus didukung oleh ketepatan bahasa yang
digunakan dalam keterampilan menulis (Depdiknas 11003: 5). Siswa masih kurang
memperhatikan hal yang dibutuhkan dalam keterampilan menulis, seperti dalam
memilih kata, stuktur sintaksis, dan gaya bahasa

Contoh Laporan Penelitian Tindakan Kelas Bahasa Indonesia SD

Contoh Laporan Penelitian Tindakan Kelas Bahasa Indonesia SD

JASA PEMBUATAN PTK  (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Harga Per PTK 300ribu, Kalau ambil lebih dari dua bisa kurang.

Untuk Pilihan Judul PTK Klik Disini



Atau Cek FB Kami DISINI 

Semangat Pagi, Salam Informasi....


Selamat berjumpa lagi dengan rangkaian tulisan dari kami selaku admin situs www.informasiguru.com. Pada kesempatan kali ini, akan kami sajikan beberapa contoh penelitian tindakan kelas (PTK) bidang studi Bahasa Indonesia khusus untuk Sekolah Dasar (SD). Seperti yang telah kami rilis pada beberapa kesempatan yang lalu mengenai berbagai penelitian tindakan kelas (PTK) dari berbagai bidang studi, postingan kali ini akan kami kerucutkan hanya pada penelitian tindakan kelas (PTK) bidang studi Bahasa Indonesia Sekolah Dasar (SD) saja.

Mengingat begitu pentingnya PTK ini bagi para guru seperti kita, sudah merupakan keniscayaan kiranya bahwa penelitian tindakan kelas ini harus dihadapi dan tidak ada lagi jalan lain selain mengerjakannya karena terkait erat dengan kelangsungan karier dan juga sekaligus tuntutan dari profesi kita sebagai pendidik.

Sebenarnya banyak sekali referensi tentang PTK ini yang tersedia bagi kita sebagai salah satu pemicu inspirasi untuk melakukan penelitian. Tetapi juga banyak sekali file atau sumber yang tidak bisa kita download dengan sempurna dikarenakan ada banyak file yang hanya berupa abstraksinya saja. Beranjak dari pengalaman pribadi itulah, kami ingin sekedar berbagi dan bertujuan untuk memudahkan Anda dengan menyajikan berbagai contoh Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang sudah siap download dan dapat kami pastikan filenya utuh.

Siap-siap ya, dibawah ini akan kami tawarkan kepada Anda dan silahkan untuk dipilih kira-kira judul penelitian mana yang Anda anggap sesuai dan cocok untuk dijadikan rujukan dalam penelitian yang nantinya akan Anda kerjakan!

  • PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 03 KLAREYAN KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN AJARAN 2008/2009
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas/PTK , Sekolah Dasar/ SD, Bahasa Indonesia, Kelas III/ 3 Tiga, Karangan Narasi, Media Gambar Seri
Download di sini


  • Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi melalui Media Visualisasi Gambar dengan Metode Resitasi Siswa Kelas II SD Negeri Sarimulyo 3 Kabupaten Pati
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas/PTK , Sekolah Dasar/ SD, Bahasa Indonesia, Kelas II/ 2 Dua, Paragraf Deskripsi, Media Visualisasi Gambar, Metode Resitasi, Pati
Download di sini

  • Peningkatan Keterampilan Mengubah Puisi Menjadi Prosa Menggunakan Metode Latihan Terbimbing Siswa Kelas IV SD Petompon Semarang
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas/PTK , Sekolah Dasar/ SD, Bahasa Indonesia, Kelas IV/ 4 Empat, Metode Latihan Terbimbing, Petompon, Semarang
Download di sini

  • Peningkatan Keterampilan Bermain Drama melalui Teknik Permainan (Dolanan) Anak untuk Siswa Kelas V SD Negeri Gunungsimping 03 Cilacap Tahun Ajaran 2009/2010
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas/PTK , Sekolah Dasar/ SD, Bahasa Indonesia, Kelas V/ 5 Lima, Keterampilan Bermain Drama, Teknik Permainan, Cilacap
Download di sini


  • Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana dengan Pendekatan Komunikatif dan Media Buku Bergambar Tanpa Teks pada Siswa Kelas III SD Negeri Patemon Gunungpati Semarang Tahun Ajaran 2008/2009
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas/PTK , Sekolah Dasar/ SD, Bahasa Indonesia, Kelas III/ 3 Tiga, Pendekatan Komunikatif, Media Buku Bergambar Tanpa Teks, Gunungpati, Semarang
Download di sini

  • Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Berdasarkan Pengalaman melalui Metode Quantum Teaching dengan Media Puzzle pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Selojari Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas/PTK , Sekolah Dasar/ SD, Bahasa Indonesia, Metode Quantum Teaching, Media Puzzle, Kelas V/ 5 Lima, Grobogan
Download di sini

  • Penggunaan Media Kartu Kata Timbul untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Metode Abjad pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III SLB Negeri Pemalang
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas/PTK , Sekolah Dasar/ SD, Bahasa Indonesia, Kelas III/ 3 Tiga SLB, Membaca Permulaan, Metode Abjad, Pemalang
Download di sini

  • PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (BIDAK) BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (CROSSWORD PUZZLE) PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI5 MAYONG LOR KABUPATEN JEPARA
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas/PTK , Sekolah Dasar/ SD, Bahasa Indonesia, Kelas V/ 5 Lima, Model Kooperatif Team Assisted Individualization, Media Teka Teki Silang, Jepara
Download di sini

Semoga informasi di atas bisa menginspirasi Anda nantinya dalam menyusun sebuah penelitiandan salam sukses selalu. Kami sangat berterima kasih jika Anda berkenan membagikan postingan ini di sebelah kiri halaman ini.

(Redaksi)

keywordpermutationscript|Powered by: PTK_Script
Keyword Inquiries Driving Traffic to This Page:
penelitian tindakan kelas bahasa indonesia sd download contoh, 
penelitian tindakan kelas bahasa indonesia sd contoh judul, 
penelitian tindakan kelas bahasa indonesia sd pdf, 
penelitian tindakan kelas bahasa indonesia sd download pdf, 
ptk bahasa indonesia sd download contoh, 
ptk bahasa indonesia sd contoh judul, 
ptk bahasa indonesia sd pdf, 
ptk bahasa indonesia sd download pdf, 
penelitian tindakan kelas bahasa indonesia sd kelas IV download contoh, 
penelitian tindakan kelas bahasa indonesia sd kelas IV contoh judul,
penelitian tindakan kelas bahasa indonesia sd kelas IV pdf, 
penelitian tindakan kelas bahasa indonesia sd kelas IV download pdf, 
penelitian tindakan kelas bahasa indonesia sd kelas V download contoh, 
penelitian tindakan kelas bahasa indonesia sd kelas V contoh judul, 
penelitian tindakan kelas bahasa indonesia sd kelas V pdf, 
penelitian tindakan kelas bahasa indonesia sd kelas V download pdf, 
penelitian tindakan kelas bahasa indonesia sd kelas VI download contoh, 
penelitian tindakan kelas bahasa indonesia sd kelas VI contoh judul, 
penelitian tindakan kelas bahasa indonesia sd kelas VI pdf, 
penelitian tindakan kelas bahasa indonesia sd kelas VI download pdf, 
PTK bahasa indonesia SD kelas IV download contoh, 
PTK bahasa indonesia SD kelas IV contoh judul, 
PTK bahasa indonesia SD kelas IV pdf, 
PTK bahasa indonesia SD kelas IV download pdf, 
PTK bahasa indonesia SD Kelas V download contoh, 
PTK bahasa indonesia SD Kelas V contoh judul, 
PTK bahasa indonesia SD Kelas V pdf, 
PTK bahasa indonesia SD Kelas V download pdf, 
PTK bahasa indonesia SD Kelas VI download contoh, 
PTK bahasa indonesia SD Kelas VI contoh judul, 
PTK bahasa indonesia SD Kelas VI pdf, 
PTK bahasa indonesia SD Kelas VI download pdf,

Proposal Dalam Skripsi

Proposal Dalam Skripsi


JASA PEMBUATAN PTK  (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Harga Per PTK 300ribu, Kalau ambil lebih dari dua bisa kurang.

Untuk Pilihan Judul PTK Klik Disini


Atau Cek FB Kami  DISINI 


Proposal Skripsi – Ketika anda sudah memasuki waktu untuk pembatan skripsi, pastinya langkah awal yang formal adalah mengajukan judul kepada dosen pembimbing atau biasanya dikenal dengan pengajuan proposal skripsi. Proposal skripsi tersebut diajukan supaya dosen kita mengetahui judul yang akan kita buat skripsinya.
Adapun biasanya alur dari pengajuan proposal skripsi bisa seperti ini :
1. Pengajuan Judul Skripsi.
2. Prosedur pengajuan judul Skripsi, antara lain :
a. Mahasiswa mempersiapkan judul skripsi dengan dilengkapi ;
Rumusan Masalah
Alasan memilih judul
Outline (rancangan daftar isi)
b. Mahasiswa minta bimbingan wali studi untuk dapat masukan dan persetujuannya;
c. Mahasiswa berkonsultasi kepada Sekretaris Jurusan SKI untuk menghindari pengulangan judul yang sama;
d. Mahasiswa minta persetujuan kepada Ketua Jurusan SKI;
e. Mahasiswa mempersiapkan proposal dengan judul yang telah disetujui.
3. Pendaftaran ujian proposal Skripsi.
4. Ujian proposal Skripsi.

Sistematika Proposal Skripsi

Proposal skripsi setiap kampus mungkin akan berbeda. Berikut ini adalah contoh Sistematika penulisan proposal skripsi.
BAB I Pendahuluan
a. Judul
b. Latar Belakang
c. Identifikasi Masalah
d. Batasan Masalah
e. Tujuan Penelitian
f. Manfaat Penelitian
BAB II Kajian Pustaka
a. Landasan Teori
b.    Kerangka Teori
c.    Kerangka Konsep Penelitian
d.   Hipotesis
BAB III Metode Penelitian
A.    Pendekatan Penelitian
B.    Tempat dan Waktu Penelitian
Tempat Penelitian
Waktu Penelitian
C.    Subyek Penelitian
D.    Teknik Pengumpulan Data
E.     Instrumen Penelitian
F.     Uji Validitas dan Reabilitas Instrumen
1. Uji Validitas
2. Uji Reliabilitas
G.    Teknik Analisis Data
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

Minggu, 30 Oktober 2016

Percakapan Antara Guru dan Murid Di Kelas

Percakapan Antara Guru dan Murid Di Kelas


JASA PEMBUATAN PTK  (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Harga Per PTK 300ribu, Kalau ambil lebih dari dua bisa kurang.

Untuk Pilihan Judul PTK Klik Disini


Atau Cek FB Kami DISINI 

Contoh Percakapan Antara Guru dan Murid Di Kelas - Pada artikel- artikel sebelumnya telah diberikan beberapa contoh percakapan yang terjadi antara dua atau lebih orang yang sedang  membicarakan sesuatu. Pada kali ini akan diberikan contoh percakapan yang terjadi antara guru dengan murid di kelas. Percakapan ini dapat melibatkan dua atau lebih orang, mengingatkondisi kelas yang majemuk.perbincangan antara guru dengan murid di dalam kelas tentu tak jauh dari kepentingan ilmu pengetahuan. Berikut cuplikan dialog yang terjadi antara guru dan murid di dalam kelas.

Guru:  Baiklah murid- murid, adakah dari kalian yang belum mengerti mengenai materi sel yang kita pelajari hari ini???

Semua murid terdiam

Guru: Mengapa kalian hanya diam??? Saya anggap sudah mengerti. Oke kalau begitu kita akan tes uji pemahaman, jika tidak ada yang ingin bertanya.

Murid gelisah, hingga pada akhirnya, murid mengajukan pertanyaan.

Murid1: Tunggu Bu, Saya masih sedikit belum mengerti. 

Guru:   Bagus Anton, setidaknya kamu akan mengulur waktu tes untuk sebentar. Apa yang tidak kamu mengerti mengenai materi sel kali ini???

Murid1: (tersenyum licik), begini Bu, Saya masih sulit memahami teori yang dikemukakan oleh Schleiden dan Schwann, bahwa sel merupakan unit struktural dan fungsional suatu kehidupan. Bisakah ibu menjelaskannya kembali?

Guru:  Oke, jadi begini. Sel merupakan unit struktural setiap makhluk hidup, artinya bahwa setiap benda dapat dikatakan menjadi makhluk hidup apabila tubuhnya tersusun atas sel, yang mana memiliki bagian – bagian (organel) yang menyusunnya. Oleh karena itu, virus tidak dapat dapat digolongkan menjadi makhluk hidup karena tubuhnya tidak disusun atas sel. 

Murid2: Lalu bagaimana dengan unit fungsional kehidupan Bu?

Guru:  Kau tidak sabaran ya Dimas. Saya jelaskan perlahan agar kalian dapat mengerti dan memahami hal tersebut. Mengenai unit struktural apakah sudah jelas??? Anton??? Lainnya???

Murid1: Saya mengerti Bu, jadi Saya, Ibu, dan teman-teman serta makhluk hidup itu pasti tubuhnya tersusun atas sel ya Bu??? Berarti Sel yang menyusun kita ukurannya lebih besar dari ukuran sel bakteri ya Bu? Sehingga bakteri tak tampak oleh mata telanjang.

Guru:   Bagus kalau kamu sudah mengerti. Ukuran sel sangat bervariasi bergantung pada jenisnya. Meski ukuran sel kita lebih besar dari sel bakteri, namun sel kita pun tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Murid3: Tapi Bu, kenapa kita bisa terlihat dengan mata telanjang???

Guru:   Hmmm, begini. Jadi kenapa kita bisa terlihat dan bakteri tidak terlihat dengan mata telanjang, begitukan ajeng maksud pertanyaanmu???

Murid3: Betul Bu.

Guru:   Di dunia ini ada dua tipe makhluk hidup berdasarkan jumlah selnya. Ada makhluk uniseluler, artinya tubuhnya hanya tersusun atas satu sel saja. Dan makhluk multiseluler yang tersusun atas banyak sel, multi berarti banyak. Kenapa bakteri dan beberapa makhluk lainnya tidak dapat dilihat dengan mata telanjang itu karena tubuhnya hanya tersusun atas satu sel saja. Sedangkan kita dan makhluk hidup lainnya yang terlihat dengan mata telanjang tubuhnya dibangun atas banyak sel. jadi dapat dibayangkan seperti sebuah bangunan yang tersusun atas banyak batubata. Disini kita bayangkan batu bata sebagai sebuah sel. dengan analagi ini apa kalian sudah mengerti???
Advertisement

Semua murid mengangguk.

Guru:   Baik jika sudah mengerti saya akan menjelaskan arti dari unit fungsional sebuah sel pada suatu kehidupan. Kalian siap???

Murid-murid mengangguk

Guru: sama halnya seperti unit struktural, sel merupakan unit fungsional suatu kehidupan. Maksudnya adalah fungsi-fungsi kehidupan seperti bernafas, tumbuh dan berkembang, bererproduksi, ekskresi, adaptasi, iritabilitas, dan fungsi vital lainnya dilakukan oleh sel. pada makhluk uniseluler fungsi-fungsi tersebut lebih sedrhana karena tubuhnya hanya terdiri dari satu sel. namun, pada makhluk multiseluler seperti kita, perlu adanya kerjasama sel. sel-sel tertentu akan mengelompok membentuk suatu kesatuan untuk menjalankan suatu fungsi. Satu sama lain saling mendukung fungsi kerja kelompok lain. Hal ini untuk mempertahankan keseimbangan tubuh. 

Tiba-tiba bel istirahat berbunyi .. Teeeeeettttttttt.... teeeeetttttt

Guru: (melihat jam) sudah habis ya jam Saya. Apakah kalian mengerti dengan penjelasan saya barusan????

Murid-murid melongo kebingungan..

Guru: belum mengerti??? Oke saya jelaskan kembali, jadi....

Murid4: Ibu!!! (sambil mengkode teman-temannya) kami sudah mengerti

Guru: benarkah?????

Murid-murid saling memandang satu sama lain dan sepakat mengatakan: Iya Ibu, kami sudah mengerti...

Guru: baiklah jika begitu, berhubung jam saya sudah habis, maka saya akan tetap mengadakan ujian tes pemahaman minggu depan. Belajar dengan baik ya. Saya akan meminta kalian untuk menjelaskan uraian detail mengenai teori sel yang saya jelaskan barusa. Oke, terima kasih, assalamualaikumwr.wb. selamat beristirahat.

Murid-murid: waalaikumusalamwarahmatullahiwabarakatuh. Iya ibu. Hati- hati di jalan.

Sekian contoh dialog antara guru-murid. Semoga membantu.

Contoh Paragraf Ekspositoris

 Contoh Paragraf Ekspositoris


JASA PEMBUATAN PTK  (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Harga Per PTK 300ribu, Kalau ambil lebih dari dua bisa kurang.

Untuk Pilihan Judul PTK Klik Disini


Atau Cek FB Kami DISINI 

 Contoh Paragraf Ekspositoris


Dalam menulis paragraf ekspositoris, ada beberapa macam pola pengembangan paragrafnya, diantarany adalah, pola sebab – akibat, ilustrasi, dan proses. Berikut ini adalah contoh – contoh paragraf ekspositoris.

Pola Sebab – Akibat

Pola ini mengembangkan paragraf ekspositoris dengan menjadikan suatu hal yang menjadi sebab sebagai gagasan utamanya, kemudian diperinci dengan akibat sebagai penjelasnya. Namun, pola ini bisa terbalik di mana akibat sebagai gagasan utama dan sebab sebagai gagasan penjeas.

Contoh:

Menaruh hand phone di tempat tidur sangatlah berbahaya. Banyak dampak – dampak buruk yang dapat ditimbulkan karena Hand phone akan mengeluarkan sinar radiasi yang akan mengenai otak kita. Sinar radiasi ini akan mengakibatkan kanker pada otak karena sinar tersebut akan memacu pertumbuhan sel – sel kanker di otak. Selain mengenai otak, radiasi tersebut bisa mengenai bagian lain seperti tubuh, perut, dan pinggul. Sama halnya dengan yang terjadi pada otak, sinar radiasi akan memacu sel – sel kanker untuk tumbuh. Jika mengenai bagian tubuh, maka akan mengakibatkan kanker paru – paru, dan jantung. Jika yang terkena bagian perut, maka ada kemungkinan timbul kanker hati. Jika yang terkena bagian panggul, akan mengakibatkan kanker prostat, dan lain – lain. Tak hanya membahayakan kesehatan, menaruh hand phone di tempat tidur juga bisa menimbulkan cedera pada tubuh karena bagian kerasnya bisa membentur tubuh kita saat kita tertidur. Demikianlah dampak – dampak buruk yang dapat ditimbulkan dari kebiasaan buruk ini.

Advertisement
Pola Proses

Pola ini mengembangkan paragraf ekspositoris dengan memaparkan gagasan – gagasan penjelasnya sebagai sebuah proses tentang terjadinya atau membuat sesuatu.

Contoh:

Energi yang kita gunakan sehari – hari merupakan suatu hasil dari prosese metabolisme yang ada di dalam tubuh. Energi ini dibentuk dari makanan – makanan yang kita makan sehari – hari. Makanan – makanan yang kita makan tersebut akan diproses pertama kali di bagian mulut. Di bagian ini makanan dihaluskan dengan bantuan gigi dan lidah. Setelah dikunyah di dalam mulut, makanan akan masuk ke dalam kerongkongan dan dibawa ke dalam lambung. Di dalam lambung ini makanan yang setengah halus tadi dipecah kembali. Proses yang terjadi di dalam lambung ini disebut dengan proses kimiawi dan mekanik karena makanan akan dicerna dengan diremas – remas oleh dinding lambung dan dengan bantuan enzim – enzim yang ada seperti tripsin, ameolin, lipasin. Enzim – enzim inilah yang akan memproses zat – zat yang ada di dalam makanan tersebut, seperti protein, lemak, karbohidrta. Setelah itu, makanan tersebut akan di bawa ke usus halus untuk diserap kembali zat – zat makanan lainnya. Setelah semua zat – zat makanan terserap, sisa makanan yang telah diproses itu akan dibawa ke usus besar untuk proses pembusukan. Zat – zat makanan yang telah terserap tadilah yang menjadi sumber energi bagi kita.

Pola Klasifikasi

Pola ini mengembangkan paragraf dengan cara mengelompokan suatu hal atau topik ke dalam beberapa kelompok berdasarkan ciri – ciri tertentu.

Contoh:

Zaman prasejarah dibagi menajadi tiga masa waktu. Masa yang pertama adalah masa purba. Manusia pada zaman ini hidup dengan berpindah – pindah tempat atau disebut dengan nomaden. Mereka mencari makan dengan berburu dari suatu tempat ke tempat lainnya. Masa waktu yang kedua adalah zaman batu. Pada zaman ini manusia sudah mulai menetap. Mereka mulai tinggal di dalam gua – gua. Zaman ini disebut sebagai zaman batu karena mereka sudah mulai memanfaatkan batu sebagai alat berburu, dan keperluan rumah tangga lainnya. Setelah beberapa waktu berlalau, zaman batu digantikan dengan periode masa selanjutnya, yaitu zaman logam. Pada masa ini manusia sudah sedkit lebih modern dengan memanfaatkan logam – logam untuk keperluan mereka sehari – hari. Ini bisa dibuktikan dengan penemuan Nekara, sebuah alat keagamaan yang terbuat dari logam dari zaman ini. Jadi, sebelum zaman modern mulai, manusia sudah hidup di dalam tiga periode waktu, yaitu zaman purba, batu, dan logam.