JASA PEMBUATAN PTK (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)
Harga Per PTK 300ribu, Kalau ambil lebih dari dua bisa kurang.
Untuk Pilihan Judul PTK Klik Disini
Atau Cek FB Kami Disini
Soal :
Bacalah paragraf berikut!
Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara menyurvei dua satwa endemik Sulawesi, yakni anoa dan burung maleo. Aktivitas itu dimaksudkan untuk mengetahui jumlah pasti populasi kedua hewan dilindungi tersebut. Survei menggunakan metode sampling di kawasan suaka margasatwa Tanjung Peropa dan Buton Utara.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….
A. tujuan survei satwa endemik Sulawesi
B. survei satwa endemik Sulawesi
C. metode survei satwa endemik
D. tempat survei satwa endemik
Kunci : B
Pembahasan :
Gagasan utama atau gagasan pokok merupakan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat utama. Kalimat tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya.
Kata kunci: Di Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara menyurvei dua satwa endemik Sulawesi, yakni anoa dan burung maleo.(menyurvei dua satwa Sulawesi). Kata yang merujuknya: Aktivitas itu .... (kalimat kedua); Survei menggunakan …. (kalimat ketiga)
2. Indikator SKL : Menentukan persamaan isi berita
Indikator Soal : Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan persamaan isi berita tersebut
Soal :
Bacalah kutipan berita berikut kemudian kerjakan soal nomor 2 dan 3!
Teks berita I
Sekitar 7.000 hektar hutan mangrove hancur di kawasan Laguna Segara Anakan, Kabupaten Cilacap, Jawa tengah. Kasus itu terjadi sejak tahun 1984 sehingga menghancurkan berbagai biota laut dan tempat pemijahan puluhan jenis ikan. Bahkan, kondisi tersebut ikut mengancam ekosistem perairan selatan Jawa dan kepunahan hutan mangrove.
|
Teks berita II
Warga pendatang dari Ciamis, Jawa Barat, membabati mangrove. Bahkan mereka menggarap tanah timbul menjadi areal pertanian. Penebangan liar juga dilakukan guna memanfaatkan kayu mangrove sebagai material bahan bangunan. Hal itu menyebabkan hutan mangrove semakin terancam kepunahan.
|
Kesamaan informasi teks berita tersebut adalah ….
A. upaya penyelamatan hutan mangrove
B. pemanfaatan biota di hutan mangrove
C. terancam punahnya hutan mangrove
D. penanaman kembali hutan mangrove
Kunci : C
Pembahasan :
Informasi adalah keterangan, pemberitahuan, kabar, atau berita. Untuk mencari kesamaan isi beberapa berita, kita harus menentukan informasi pokok dari setiap teks berita tersebut.
Kata-kata yang dirujuk:
Teks I: Kondisi tersebut ikut mengancam ekosistem perairan selatan Jawa dan kepunahan hutan mangrove.
Teks II: Hal itu menyebabkan hutan mangrove semakin terancam kepunahan.
3. Indikator SKL : Menentukan perbedaan penyajian berita
Indikator Soal : menentukan perbedaan penyajian berita tersebut
Soal :
Perbedaan penyajian kedua kutipan berita tersebut adalah …
A. Teks berita I diawali dengan apa, sedangkan berita II diawali dengan di mana
B. Teks berita I diawali dengan apa, sedangkan berita II diawali dengan siapa
C. Teks berita I diawali dengan kapan, sedangkan berita II diawali dengan siapa
D. Teks berita I diawali dengan kapan, sedangkan berita II diawali dengan apa
Kunci : B
Pembahasan :
Unsur-unsur berita biasanya berpola 5 W + 1 H: what (apa), who (siapa), where (di mana),when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Bukan berarti bahwa penulisan berita harus mengikuti urutan unsur-unsur tersebut. Dalam penyajiannya , seorang penulis berita dapat memvariasikannya. Bahkan kadang-kadang unsur-unsur tersebut tidak lengkap dalam sebuah berita.
Teks berita I: Peristiwa apa? Sekitar 7.000 hutan mangrove hancur
Teks berita II: Siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut? Warga pendatang dari Ciamis
4. Indikator SKL : Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Indikator Soal : Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan keistimewaan tokoh
Soal :
Bacalah paragraf berikut dengan saksama kemudian kemudian kerjakan soal nomor 4 dan 5!
Riana Helmi dalam usianya yang belum genap 18 tahun, tepatnya 17 tahun 11 bulan, dianggap dokter termuda di Indonesia. Remaja kelahiran Banda Aceh itu diwisuda sebagai dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Riana menyelesaikan kuliah dalam waktu tiga tahun enam bulan dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) sangat memuaskan, yaitu 3,67 dan dengan waktu kuliah tercepat dibandingkan mahasiswa kedokteran di mana pun. Meskipun begitu, ia tetap gadis yang rendah hati, ramah, dan tidak sombong dengan prestasi yangdiraihnya.
Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi biografi tersebut adalah ….
A. Lulus dokter sebelum usia 18 tahun
B. Menjadi mahasiswa kedokteran di UGM
C. Remaja Banda Aceh kuliah di kedokteran
D. Remaja kelahiran Banda Aceh diwisuda
Kunci : A
Pembahasan :
Keistimewaan seseorang merupakan sesuatu yang khas dan tidak semua orang memilikinya. Dalam hal ini, Riana Helmi lulus menjadi dokter sebelum usia 18 tahun.
5. Indikator SKL : Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Indikator Soal : Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan sifat tokoh yang dapat diteladani
Soal :
Sifat yang baik untuk diteladani pada tokoh tersebut adalah ….
A. tinggi hati dan ramah
B. rendah hati dan ramah
C. sombong dan rendah hati
D. tinggi hati dan sombong
Kunci : B
Pembahasan :
Keteladanan seorang tokoh merupakan sifat/perilaku baik yang layak ditiru.
Di antara empat pilihan, hanya pilihan (B) yang merupakan teladan dan patut dicontoh.
6. Indikator SKL : Menentukan kalimat fakta/opini dalam iklan
Indikator Soal : Disajikan sebuah iklan, siswa dapat menentukan kalimat fakta/opini
Soal :
Perhatikan iklan berikut!
1) Bahasa Inggris itu MUDAH dan MURAH
2) Hanya 500 ribu sampai bisa
3) Tersedia tiga level
4) Untuk semua level, gratis pengulangan
5) Lokasi di Jalan Pantai Indah Tanjung Pinang
Kalimat opini pada iklan tersebut ditandai nomor ….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 4
C. 3 dan 4
D. 3 dan 5
Kunci : A
Pembahasan :
Pendapat=opini adalah pikiran atau anggapan seseorang terhadap sesuatu. Orang yang satu dengan yang lain dapat berbeda pendapat bergantung pada pandangan, pendirian, atau penilaiannya. Data pendukung kata mudah dan murah pada kalimat Bahasa Inggris itu MUDAH dan MURAH dan kata hanya pada kalimat Hanya 500 ribu sampai bisa.
7. Indikator SKL : Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Indikator Soal : Disajikan sebuah iklan siswa dapat menentukan maksud salah satu kalimatdalam iklan tersebut.
Soal :
Hati-hati berkendaraan. Patuhi aturan nyaman di jalan. Kesadaran kita keselamatan semua. Begitulah harapan warga kota.
Maksud kalimat kedua pada iklan tersebut adalah …
A. Seharusnya kita sadar akan aturan lalu lintas sehingga harapan warga terpenuhi.
B. Kalau kita menaati aturan lalu lintas, akan selamatlah warga kota.
C. Seharusnya semua orang menaati aturan lalu lintas agar selamat.
D. Kalau kita mematuhi aturan lalu lintas, di jalan akan nyaman.
Kunci : D
Pembahasan :
Penjelasan teks iklan tersebut dapat diketahui dengan memahami makna kalimat tersebut. Makna kalimat kedua tersebut adalah D.
8. Indikator SKL : Menyimpulkan isi paragraf
Indikator Soal : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan isi paragraf tersebut
Soal :
Sepeda memiliki magnet bagi banyak orang. Bukan hanya anak-anak yang menggemari sepeda, para remaja, orang dewasa usia produktif hingga orang-orang yang sudah beranjak tua senang bersepeda. Bahkan, kini sepeda sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat perkotaan.
Simpulan isi paragraf tersebut adalah …
A. Sepeda dapat dijumpai di mana pun.
B. Sepeda sebagai alat transportasi modern.
C. Sepeda bermanfaat bagi kesehatan masyarakat
D. Sepeda digemari oleh berbagai lapisan masyarakat.
Kunci : D
Pembahasan :
Simpulan merupakan pendapat akhir dari suatu uraian berupa informasi: fakta, pendapat, alasan pendukung mengenai tanggapan terhadap suatu objek.
Bukti data: Sepeda memiliki magnet bagi banyak orang. (kalimat pertama); … anak-anak .., para remaja, orang dewasa … orang-orang yang beranjak tua senang bersepeda (kalimat kedua); sepeda menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan (kalimat ketiga)
9. Indikator SKL : Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah
Indikator Soal : Disajikan sebuah tabel, siswa dapat menentukan simpulan isi tabel tersebut
Soal :
Perhatikan tabel berikut!
Jumlah buku di Perpustakaan Gemar
No.
|
Jenis
|
Judul
|
Eksemplar
|
1
|
Cerita anak-anak
|
42
|
134
|
2
|
Novel remaja
|
38
|
80
|
3
|
Roman
|
19
|
42
|
4
|
Dongeng
|
64
|
70
|
Jumlah
|
163
|
326
|
Simpulan isi tabel tersebut adalah …
A. Buku cerita anak-anak terbanyak judulnya.
B. Novel remaja setiap judul berjumlah 80 buku.
C. Jumlah terbanyak adalah buku cerita anak-anak.
D. Jumlah jenis semua buku lebih banyak daripada jumlah judulnya.
Kunci : D
Pembahasan :
Simpulan yang sesuai dengan keadaan tabel tersebut bahwa jumlah jenis semua buku lebih banyak daripada jumlah judulnya. Pilihan A dan C hanya mengemukakan sebagian dari tabel tersebut (buku cerita anak), sedangkan pilihan D bersifat penafsiran yang belum tentu kebenarannya.
10. Indikator SKL : Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi
Indikator Soal : Disajikan sebuah puisi, siswa dapat :
- menentukan tema puisi tersebut.
Soal :
Bacalah puisi berikut kemudian jawablah soal nomor 13 dan 14!
Gempa Bumi
Bumi bergoyang tanah bergetar
Rumah-rumah roboh
Orang-orang berlarian
Gempa bumi
Bila datang harus waspada
Bila ada harus siaga
Larilah keluar rumah
Gempa bumi
Tak dapat dihindari
Berdoalah kepada Tuhan
Agar engkau dilindungi
Tema kutipan puisi tersebut adalah ….
A. korban bencana alam
B. lokasi bencana alam
C. waspada gempa bumi
D. pertanda datang bencana
Kunci : C
Pembahasan :
Data pendukung: bila datang harus waspada; bila ada harus siaga; larilah keluar
11. Indikator SKL : Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi
Indikator Soal : menentukan larik bermajas pada puisi tersebut
Soal :
Larik bermajas pada kutipan puisi tersebut terdapat pada larik ….
A. pertama bait pertama
B. kedua bait pertama
C. keempat bait kedua
D. ketiga bait ketiga
Kunci : A
Pembahasan :
Data pendukung: bumi bergoyang tanah bergetar. Larik ini menggunakan majas personifikasi.
12. Indikator SKL : Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi
Indikator Soal : Disajikan dua kutipan puisi siswa dapat menentukan perbedaan
pesan kedua puisi tersebut.
Soal :
Bacalah kedua kutipan puisi berikut!
Puisi 1
|
Puisi 2
|
Terima kasih Tuhan
untuk burung yang berkicauan di pohon
memuji kebesaran-Mu
untuk bunga yang merekah
dan untuk embun yang bersinar di atasnya untuk matahari yang cerah
udara yang sejuk
untuk semua karunia-Mu
terlalu indah bagi umat-Mu
Terima kasih Tuhan untuk kehidupan ini
|
Jangankan biarkan limbah mengalir
ke sungaiku yang jernih
ke pantaiku yang tenang
ke lautku yang riang
di sana ada dermaga dan angin
tempat nelayan menggenggam harapan
tempat camar sebelum pulang
jangan biarkan limbah merusak semuanya
|
Perbedaan pesan kedua puisi tersebut adalah ….
Puisi 1
|
Puisi 2
| |
A
|
Mari, kita tingkatkan kepedulian!
|
Ajakan bersyukur kepada Tuhan YME
|
B
|
Ajakan bersyukur kepada Tuhan YME
|
Harapan menjaga kelestarian lingkungan
|
C
|
Harapan menjaga kelestarian alam
|
Mari, kita tingkatkan kepedulian kepada sesama!
|
D
|
Jangan menyia-nyiakan kesempatan!
|
Isi waktu luang dengan hal-hal yang bermanfaat!
|
Kunci : B
Pembahasan :
Data pendukung: dicantumkannya alasan mengapa kita harus bersyukur kepada Tuhan dan jangan biarkan limbah merusak semuanya.
13. Indikator SKL : Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator Soal : Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat:
· menentukan latar (waktu, tempat, suasana) cerpen tersebut.
Soal :
(1)“Aku tak ingin kehilangan sahabat, Airin. Banyak yang menghentikan surat mereka, ketika tahu aku lumpuh.”
(2)“Mana mungkin aku begitu...!” Mata Airin terasa panas oleh gumpalan air yang mendesak keluar. Ia terharu melihat keadaan Dayu, sementara semangatnya tetap berkobar walaupun dengan kondisi seperti itu. “Aku tetap sahabatmu, Dayu. Bahkan aku akan tambah sayang padamu setelah bertemu.”
(3)“Sudahlah,” Dayu memegang tangan Airin. “Kenalkan, ini Pamanku.”
(4)Airin mendorong kursi Dayu, berjalan di atas pasir putih yang lembut. Matahari hampir mencelupkan tubuh emasnya ke laut yang tampak kecoklatan karena langit mulai redup. Rambut Airin yang cepak tak bisa berkibar-kibar seperti rambut Dayu.
Latar pada kutipan cerpen tersebut adalah ….
A. di tengah laut
B. di pantai
C. di rumah Dayu
D. di jalan
Kunci : B
Pembahasan :
Latar dalam cerita tersebut adalah di pantai. Hal ini didukung oleh bagian (4) cerita tersebut, yaitu … berjalan di atas pasir putih ... Matahari hampir mencelupkan tubuh emasnya ke laut …
14. Indikator SKL : Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator Soal : bukti perwatakan tokoh cerpen tersebut
Soal :
Bukti tokoh Airin penyayang terdapat pada bagian ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Kunci : B
Pembahasan :
Bukti bahwa Airin memiliki watak penyayang adalah pada pernyataan “Mana mungkin aku begitu...!” … “Aku tetap sahabatmu, Dayu. Bahkan aku akan tambah sayang padamu setelah bertemu.”
15. Indikator SKL : Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator Soal : Cara pengarang menggambarkan watak tokoh dalam cerpen tersebut
Soal :
Pengarang menggambarkan watak tokoh dengan cara ….
A. Percakapan tokoh lain
B. Ucapan tokoh itu sendiri
C. Langsung oleh pengarang
D. Reaksi tokoh terhadap masalah
Kunci : B
Pembahasan :
Penggambaran watak tokoh diberikan melalui ucapan langsung dan sikap tokoh. (Seperti yang ditunjukkan pada bagian (2) dalam cerita tersebut).
16. Indikator SKL : Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator Soal : Disajikan kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan amanat kutipan cerita tersebut.
Soal :
Cermatilah kutipan cerita anak berikut!
“Apa?! Pengemis? Tak ada sedekah yang kuberikan .... Usir dia! ” teriak Nyi Endit. Tapi ternyata yang dimaksud dengan pengemis itu telah berada di dalam ruangan itu. “Nyi Endit, kau memang benar-benar manusia kejam!” kata pengemis tua itu. “Mau apa kau pengemis busuk! Pergi kau dari tempatku ini!” dengan gusar Nyi Endit membentak.
Namun pengemis itu tetap diam tak beranjak dari tempatnya. Kemudian ia berkata, “Tak mau memberikan sedekah pada manusia melarat macam aku? Hm ... sungguh terkutuk hidupmu Nyi Endit! Kau tega berpesta pora di tengah-tengah rakyat kelaparan dan sekarat karena darahnya setiap hari kau hisap. Betul-betul kau lintah darat terlaknat!”
Amanat cerita tersebut adalah …
A. Berusahalah untuk saling memahami keadaan orang lain.
B. Berikanlah sedekah kepada orang yang layak menerimanya.
C. Janganlah menjadi orang yang hanya pandai meminta sesuatu.
D. Berbuat baiklah kepada orang lain meskipun orang itu menyakiti kita.
Kunci : B
Pembahasan :
Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan penulis melalui ceritanya. Dalam kutipan cerpen tersebut, pengarang menyampaikan pesan secara implisit melalui percakapan tokoh agar orang yang mampu mau memberikan sedekah kepada orang yang layak menerimanya.
17. Indikator SKL : Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator Soal : Disajikan kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan konflik kutipan cerita tersebut.
Soal :
Bacalah kutipan cerita berikut!
Tapi juga siang itu, Luki tidak datang.Cemas betul hati Budi dan Iwan. Semula Budi sudah siap hendak melontarkan caci makinya begitu Luki melompat masuk. Akan disikatnya habis-habisan sahabatnya itu karena melalaikan janjinya seenaknya.
Tapi sekarang, segala kata-kata itu lenyap musnah dari benaknya. Tidak tahu dia ke mana perginya. Tidak pula akan sanggup dikumpulkannya kembali. Sebagai gantinya, timbul perasaan cemas dan gelisah. Mengapa dia tidak datang? Mengapa? Mengapa?
Konflik dalam kutipan cerita tersebut adalah …
A. Sampai siang Luki belum juga datang.
B. Budi melontarkan caci maki kepada Luki.
C. Luki tidak menepati janjinya kepada Budi.
D. Saat tokoh mulai mencemaskan sahabatnya.
Kunci : D
Pembahasan :
Konflik dalam sebuah cerita merupakan bagian yang menunjukkan adanya pertentangan dalam cerita tersebut. Biasanya konflik terjadi karena adanya benturan (ketidakserasian), baik dengan dirinya atau dengan tokoh lain. Awalnya tokoh Budi dan Iwan kesal dengan Luki yang ingkar janji, tetapi setelah berpikir lama akhirnya tokoh mencemaskan keadaan Luki. Hal ini bahkan menjadi konflik dalam diri Budi dan Iwan.
Kata yang dirujuk: Sebagai gantinya, timbul perasaan cemas dan gelisah. Mengapa dia tidak datang? Mengapa? Mengapa?
18. Indikator SKL : Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel
Indikator Soal : Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaankarakteristik novel tersebut.
Soal :
Bacalah kedua kutipan novel berikut!
Novel 1
|
Novel 2
|
Perkakas rumah dan pakaian yang ditinggalkan Si Mina sehelai demi sehelai pindah ke rumah gadai.
Apabila Bertes tidak mabuk dan pikirannya tenang, terasalah olehnya kemiskinan yang dideritanya itu. Ia pun menyesal dan menyalahkan Si Inem seorang perempuan yang pembantah.
|
Pangeran Purbaya bersama dua istri dan seorang anaknya telah bersembunyi di dalam suatu jurang yang tidak berapa dalamnya. Dengan sangat duka citanya, ia duduk termenung di atas sehelai permadani kecil. Sebuah pelita kecil yang terletak di sudut memberi cahaya yang samar-samar.
|
Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut adalah….
Pilihan
|
Novel 1
|
Novel 2
|
A
|
Latar tempat tidak jelas
|
Latar tempat jelas
|
B
|
Penggambaran watak tokoh langsung digambarkan oleh pengarangnya
|
Penggambaran watak tokoh berdasarkan pembicaraan tokoh lain
|
C
|
Menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama
|
Menggunakan sudut pandang orang ketiga sebagai pengamat
|
D
|
Terdapat tiga tokoh utama
|
Terdapat empat tokoh utama
|
Kunci : A
Pembahasan :
Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut terletak pada penggambaran latar tempatnya. Pada novel 1 latar tempat tidak jelas, sedangkan pada novel 2 penggambaran latar tempatnya jelas
19. Indikator SKL : Mengidentifikasi unsur intrinsik drama
Indikator Soal : Disajikan kutipan drama, siswa dapat:
-menentukan suasana kutipan drama tersebut.
Soal :
Ibu : Maaf, saya menggangu. Apa ada yang melihat Samsudin?
Hani : Samsudin?
Ibu : Anak saya.
Hani : Oh, si Sam. Ada apa?
Ibu : Sejak siang belum pulang. Padahal belum makan siang, mandi sore, dan sekarang sudah saatnya makan malam. Dia belum pulang juga.
Hani : Apa tadi habis dimarahi?
Didi : Tadi dia bermain di lapangan, Bu!
Suasana yang tergambar dalam kutipan drama tersebut adalah ….
A. mencemaskan
B. menyedihkan
C. mencekam
D. menakutkan
Kunci : A
Pembahasan :
Suasana pada kutipan drama tersebut tergambar dari tokoh Ibu yang mencemaskan anaknya yang belum pulang, padahal hari sudah malam.
20. Indikator SKL : Mengidentifikasi unsur intrinsik drama
Indikator Soal : - menentukan latar (waktu, tempat) drama tersebut
Soal :
Latar waktu dalam drama tersebut adalah ….
A. pagi
B. siang
C. sore
D. malam
Kunci : D
Pembahasan :
Latar waktu tersirat dalam kalimat Sejak siang belum pulang. Padahal belum makan siang, mandi sore, dan sekarang sudah saatnya makan malam. Dia belum pulang juga. Ini mengindikasikan waktu malam hari.
21. Indikator SKL : Menulis catatan pengalaman pada buku harian
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi pengalaman pribadi, siswa dapat menentukan kalimat dalam buku harian sesuai ilustrasi tersebut
Soal :
Perhatikan ilustrasi berikut!
Pada hari ini 17 Agustus 2012, Dea berbahagia karena menerima hadiah dan piala darigubernur. Ia menang lomba baca puisi sebagai juara I tingkat SMP se-Jakarta.
Kalimat catatan harian yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah …
A. Aduh betapa malunya aku menerima hadiah dan piala dari gubernur. Aku juara I lomba baca puisi antarsiswa.
B. Aku menerima hadiah dan piala dari gubernur karena memenangkan lomba baca puisi se-Jakarta. Aku sangat senang menerima ini semua.
C. Aku memenangkan lomba baca puisi sebagai juara I tingkat SMP se-Jakarta. Aku menerima hadiah dan piala.
D. Tanggal 17 Agustus 2012, aku menerima hadiah dan piala dari gubernur karena memenangkan lomba baca puisi. Aku juara I tingkat SMP se-Jakarta. Betapa bahagianya aku.
Kunci : D
Pembahasan :
Pelaku: Dea: peristiwa: Dea mengikuti lomba baca puisi, menjadi juara I, ia mendapat hadiah dan piala dari gubernur.
Bahasa ekspresi: menggunakan kata ganti aku dan sesuai data tersebut.
22. Indikator SKL : Menulis isi pesan singkat sesuai konteks
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan isi pesan singkat sesuai ilustrasi tersebut
Soal :
Perhatikan ilustrasi berikut!
Kepala sekolah memberikan mandat kepada wakilnya untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial dalam rangka menyambut Ramadan. Wakil Kepala sekolah menugaskan para wali kelas untuk menginformasikan hal tersebut kepada siswa-siswanya.
Isi pesan singkat yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah …
A. Kepala sekolah menugasi para wali kelas untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial demi kepedulian terhadap sesama.
B. Wali kelas harap menginformasikan kepada siswanya supaya melaksanakan bakti sosial untuk menyambut bulan suci Ramadan.
C. Kepala sekolah mengaharapkan semua siswa turut menyambut bulan suci Ramadan dengan mengadakan bakti sosial.
D. Wali kelas mengumpulkan barang apa saja untuk disumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan.
Kunci : B
Pembahasan :
Pesan singkat paling sesuai dengan ilustrasi yang diberikan terdapat pada pilihan (B).
23. Indikator SKL : Menulis laporan/pengumuman/resensi
Indikator Soal : Disajikan 5 – 6 kalimat laporan yang belum tersusun secara padu, siswa dapat menyusunnya menjadi paragraf laporan yang padu.
Soal :
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 – 3 jam.
(2) Pulau-pulau itu seperti Pulau Asu dan Pulau Batu.
(3) Teluk Dalam adalah ibukota Kabupaten Nias Selatan.
(4) Pelabuhan ini menghubungkan pulau-pulau kecil di sekitarnya.
(5) Untuk menuju ke sana, bisa naik mobil dari Gunungsitoli.
(6) Teluk Dalam juga mempunyai pelabuhan kecil.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan yang baik dengan susunan ….
A. (3),(5),(1),(6),(4),(2)
B. (3),(6),(4),(5),(2),(1)
C. (1),(5),(6),(4),(2),(3)
D. (1),(6),(4),(2),(3),(5)
Kunci : A
Pembahasan :
(7) Kata yang dirujuk sebagai penanda keterpaduan antarkalimat (3) Teluk Dalam adalah …; (5) Untuk menuju ke sana …; (1) Perjalanan akan memakan …; (6) … mempunyai pelabuhan kecil; (4) Pelabuhan ini ….; (2) Pulau-pulau itu seperti Pulau Asu dan Pulau Batu.
24. Indikator SKL : Menulis laporan/pengumuman/resensi
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi kegiatan di sekolah, siswa dapat menulis pengumuman yang tepat.
Soal :
Perhatikan ilustrasi kegiatan berikut!
SMP Pinang Ranti akan mengadakan peringatan Hari Ibu, 22 Desember 2010. Peringatan tersebut akan diisi dengan upacara dilanjutkan berbagai lomba. Sebagai ketua panitia adalah Ibu Dra. Dinda S.S. Agar informasi ini sampai kepada seluruh warga sekolah, ketua panitia membuat pengumuman untuk dipasang di tempat papan pengumuman.
Pengumuman yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah ....
A. Diumumkan kepada para siswa, guru, dan karyawan bahwa pada tanggal 22 Desember 2010 diadakan peringatan Hari Ibu.
Oleh karena itu, kita harus mengadakan upacara dan berbagai lomba.
Tolong, semua panitia untuk menyiapkan segala sesuatunya. Terima kasih.
B. Dalam rangka peringatan Hari Ibu tanggal 22 Desember 2010, SMP Pinang Ranti akan mengadakan kegiatan upacara dan berbagai lomba.
Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon kepada warga sekolah untuk menyiapkan segala sesuatunya demi kelancaran peringatan tersebut.
Atas perhatian semuanya, kami sampaikan terima kasih.
C. Dalam rangka peringatan Hari Ibu, SMP Pinang Ranti akan mengadakan kegiatan upacara dan berbagai lomba.
Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami mohon kepada seluruh panitia untuk berpartisipasi demi kelancaran peringatan tersebut.
Atas perhatian Bapak dan Ibu, kami sampaikan terima kasih.
D. Dengan ini kami umumkan bahwa dalam rangka peringatan Hari Ibu, SMP Pinang Ranti akan mengadakan kegiatan upacara dan berbagai lomba.
Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon kepada seluruhnya untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.
Atas perhatiannya, kami sampaikan terima kasih.
Kunci : B
Pembahasan :
Pengumuman harus sesuai dengan keadaan sebenarnya. Berdasarkan ilustrasi, pengumuman yang paling tepat terdapat pada pilihan (B).
25. Indikator SKL : Menulis laporan/pengumuman/resensi
Indikator Soal : Disajikan data buku dilengkapi keunggulan dan kekurangan buku, siswa dapat menulis paragraf resensi yang tepat.
Soal :
Perhatikan data buku berikut!
Judul : Budidaya Ikan Nila
Penulis: Sahar Erizal
Penerbit: PT Swadaya
Keunggulan:
- Memotivasi pembaca untuk beternak ikan nila
- Berdasarkan pengalaman pribadi
- Bahasa lugas dengan kalimat pendek-pendek
Kelemahan:
- Ilustrasi gambarnya kurang
Paragraf resensi yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah …
A. Tujuan penulis buku ini ingin membuat pembaca termotivasi beternak ikan nila. Siapa pun yang membaca buku ini akan termotivasi karena buku ini juga dilengkapi ilustrasi gambar. Buku karya Sahar Erizal yang diterbitkan PT Swadaya ini perlu dibaca oleh setiap pelajar. Meskipun kalimatnya pendek-pendek, tidak menjadi masalah. Hal ini karena dukungan gambar dengan ilustrasi jelas.
B. Pembaca digiring untuk mencapai kehidupan yang sukses. Buku karangan Sahar Erizal ini juga dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang menarik. Hanya sangat disayangkan, penggunaan bahasanya berbelit-belit sehingga sulit dipahami pembaca. Meskipun begitu, buku ini laris di pasaran karena banyak yang memerlukan.
C. Buku yang berjudul Budidaya Ikan Nila ini isinya memotivasi pembaca untuk membudidayakan ikan nila. Buku karya Sahar Erizal yang diterbitkan oleh PT Swadaya ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi. Meskipun ilustrasi gambar kurang, tetapi bahasa yang digunakan lugas. Oleh karena itu, pembaca tidak terganggu memahami isinya. Apalagi kalimat yang digunakan pendek-pendek.
D. Buku secara garis besar menjelaskan bagaimana membudidayakan ikan nila. Buku ini disarankan dibaca oleh mereka yang ingin beternak ikan nila. Selain itu, buku ini dilengkapi ilustrasi gambar. PT Swadaya yang berhasil menerbitkan buku ini sungguh beruntung. Para peminat ikan nila tentu akan merasa terbantu dengan adanya buku ini. Oleh karena itu, buku ini layak dibaca.
Kunci : C
Pembahasan :
Keunggulan dan kelemahan tergambar pada resensi. Kelemahan dikemukakan dengan cara dibungkus kelebihan. Meskipun ilustrasi gambar kurang, tetapi bahasa yang digunakan lugas.
26. Indikator SKL : Menulis surat pribadi/surat dinas/surat pembaca
Indikator Soal : Disajikan kutipan surat pribadi yang bagian pembuka, isi, atau penutupnya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tepat
Soal :
Bacalah kutipan surat pribadi berikut!
Kak Desis yang kurindukan,
[ ....]
Kak Desis, aku ingin menyampaikan kepada Kakak bahwa Ibu sangat kangen pada Kakak. Sudah empat bulan Kakak tidak pulang kampung. Aku tahu kalau Kakak saat ini sibuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Jika tidak ada kesibukan lagi, orang tua kita mengharapkan Kakak bisa datang ke Bandung. Ibu sangat kangen pada Kakak, begitu juga aku dan adik.
Cukup sekian surat dariku, balasan surat dari Kakak sangat aku nantikan.
Nuning
Kalimat pembuka surat yang tepat adalah ...
A. Dengan datangnya surat ini, saya memberitahu kepada Kakak bahwa keadaan keluarga di rumah kangen sama Kakak. Kapan Kakak pulang kampung?
B. Halo Kak Desis, apa kabar? Mengapa Kak Desis jarang pulang kampung? Apa Kakak masih punya kesibukan? Bagaimana kabar Kakak di Jakarta?
C. Melalui surat ini, saya berharap keadaan Kakak di Jakarta sehat-sehat saja sehingga Kakak bisa pulang ke Bandung. Kabar Kakak aku tunggu.
D. Hai, Kak Desis, apa kabar? Aku sampaikan bahwa keadaan keluarga di Bandung dalam keadaan sehat wal afiat. Begitu juga doaku untuk Kakak.
Kunci : D
Pembahasan :
Kalimat kedua setelah pembuka dapat menjadi rujukan untuk kalimat pembuka, yakni Kak Desis, aku ingin menyampaikan kepada Kakak bahwa Ibu sangat kangen pada Kakak. Jadi, kalimat yang sesuai untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah, Hai, Kak Desis, apa kabar? Aku sampaikan bahwa keadaan keluarga di Bandung dalam keadaan sehat wal afiat. Begitu juga doaku untuk Kakak.
27. Indikator SKL : Menulis surat pribadi/surat dinas/surat pembaca
Indikator Soal : Disajikan kutipan surat dinas yang bagian penutupnya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya
Soal :
Bacalah kutipan surat berikut!
Yth. Pengurus OSIS SMP Setia Hati
di Brebes
Dengan hormat,
Sehubungan dengan persiapan pelaksanaan Bakti Sosial, kami mengharap kehadiran Saudara pada
hari,tanggal : Selasa , 17 Juli 2012
waktu : Pukul 14.00
tempat : Ruang OSIS
acara : Persiapan Bakti Sosial
[... ]
Bagian penutup surat tersebut yang tepat adalah …
A. Demikian surat permohonan ini kami sampaikan semoga dapat dikabulkan.
B. Besar harapan kami, permohonan ini ditindaklanjuti. Sekian dan terima kasih.
C. Mengingat pentingnya acara tersebut, harap hadir tepat waktu.
D. Demikian surat pemberitahuan ini disampaikan.
Kunci : C
Pembahasan :
Penutup surat disesuaikan dengan pernyataan sebelumnya dan menggunakan kalimat efektif.
28. Indikator SKL : Menulis surat pribadi/surat dinas/surat pembaca
Indikator Soal : Disajikan surat pembaca yang dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya.
Soal :
Bacalah kutipan surat pembaca berikut!
Kami merasa terganggu dengan rusak dan kotornya taman serta jalur hijau di depan sekolah kami. Setiap hari ada petugas kebersihan dari dinas kebersihan kecamatan yang menyapu sampah. Akan tetapi, sampah yang disapu dan diangkut hanyalah sampah-sampah yang berada di pinggir jalan. Sampah yang menumpuk di taman tidak pernah dipedulikan. Petugas sekolah sudah berupaya membersihkannya, tetapi sampah tidak lama menumpuk kembali.
[…]
Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan surat pembaca tersebut adalah…
A. Kami siap kok membantu merawatnya. Asal ada jalinan kerja sama yang jelas.
B. Apakah tidak ada petugas yang menangani lagi jalur hijau dan taman tersebut? Terusterang kami merasa terganggu. Terima kasih.
C. Melalui surat pembaca ini, kami mohon kepada dinas pertamanan dan dinas kebersihan untuk merawat kembali dan membersihkan setiap hari taman dan jalur hijau tersebut. Terima kasih.
D. Kalau memang tidak mau lagi merawatnya, dibuang saja sisa-sisa pagar besi dan dimatikan saja pohon-pohonnya. Sekali lagi tolong pada instansi terkait agar peduli pada keluhan kami. Terima kasih.
Kunci : C
Pembahasan : Melengkapi kalimat rumpang pada surat pembaca disesuaikan pada kalimat sebelum.
29. Indikator SKL : Menulis rangkuman
Indikator Soal : Disajikan sebuah bacaan yang terdiri atas dua paragraf, siswa dapat menentukan rangkuman bacaan tersebut.
Soal :
Pemerintah perlu melakukan reformasi pada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). PLN tidak boleh monopoli penyediaan listrik. Seruan itu datang dari kalangan pengusaha yang merasa terpukul dengan krisis listrik.
Pihak swasta yang hendak memiliki pembangkit listrik sendiri hendaknya diberikan kemudahan perizinan. Jika hal itu dilakukan maka krisis listrik yang merugikan konsumen dapat teratasi.
Rangkuman bacaan tersebut yang tepat adalah …
A. Krisis listrik sangat merugikan para pengusaha. Hal itu sangat merugikan konsumen.
B. Pemerintah perlu mereformasi PLN dan memberi pihak swasta kemudahan perizinan.
C. Pemerintah hendaknya mempermudah perizinan supaya kerugian konsumen dapat teratasi.
D. Pengusaha menyerukan agar pemerintah melakukan reformasi pada PT Perusahaan Listrik Negara.
Kunci : B
Pembahasan :
Rangkuman dapat dilakukan dengan menggabungkan gagasan-gagasan utama dari paragraf-paragraf yang ada pada bacaan tersebut.
Gagasan utama paragraf pertama: perlunya reformasi di PLN.
Gagasan utama paragraf kedua: pemberian kemudahan perizinan pihak swasta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar