Selasa, 01 November 2016

CONTOH PTK BAHASA INDONESIA KELAS 5 SD

CONTOH PTK BAHASA INDONESIA KELAS 5 SD

JASA PEMBUATAN PTK  (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Harga Per PTK 300ribu, Kalau ambil lebih dari dua bisa kurang.

Untuk Pilihan Judul PTK Klik Disini

Atau Cek FB Kami DISINI     

UPAYA MENINGKATKAN Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan Bebas Dengan Teknik Mind Mapping Pada Siswa Kelas V SD/MI
Proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/ MI ___  telah menggunakan metode ceramah dalam pelaksanaan pembelajarannya, tetapi cenderung kurang memperhatikan manfaat dari metode tersebut, akibatnya minat serta perhatian siswa rendah, begitu juga dengan prestasi belajarnya. Berdasarkan keadaan tersebut, maka penulis mengadakan penelitian tindakan kelasTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji seberapa besar manfaat teknik Mind Mapping mampu meningkatkan Prestasi siswa apabila digunakan sebagai tehnik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan teknik mind mapping. Data dalam penelitian ini diambil dengan observasi atau melihat perilaku siswa, dokumentasi, dan tes dalam pelaksanaan pembelajaran.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan tindakan membuahkan hasil, berupa peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia materi menulis karangan bebas dengan teknik mind mapping pada siswa kelas V SD/ MI ___ . Terjadi tingkat perhatian siswa yang meningkat, yang diperoleh Pada Siklus I siswa yang memperhatikan dengan baik ada 5 siswa atau 20.83%. siswa yang kurang memperhatikan ada 7 siswa atau 29.17%, dan siswa yang tidak memperhatikan ada 12 siswa atau 50.00%.

CONTOH PTK BAHASA INDONESIA KELAS 5 SD : UPAYA MENINGKATKAN Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan Bebas Dengan Teknik Mind Mapping Pada Siswa Kelas V SD/MI

Pada Siklus II siswa yang memperhatikan dengan baik ada13 siswa atau 54.17%. siswa yang kurang memperhatikan ada 5 siswa atau 20.83%, dan siswa yang tidak memperhatikan ada 6 siswa atau 25.00%. Pada Siklus III siswa yang memperhatikan dengan baik ada 18 siswa atau 75.00%. siswa yang kurang memperhatikan ada 5 siswa atau 20.83%, dan siswa yang tidak memperhatikan ada 1 siswa atau 4,17%. Terjadi peningktan prestasi belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia.
Dari hasil evaluasi, yang diperoleh pada siklus I rata-rata pre test 12.5% sedangkan pada post tes adalah 20.83%. Dari hasil rata- rata antara pre test dan post test mengalami peningkatan sebesar 8.33%. Pada siklus II rata-rata pre test 29.16% sedangkan pada post tes adalah 54.17%. Dari hasil rata-rata antara pre test dan post test mengalami peningkatan sebesar 25%. Pada siklus III rata-rata pre test 58.33% sedangkan pada post tes adalah 91.67%.
Dari hasil rata-rata antara pre test dan post test mengalami peningkatan sebesar 33.33%. Sampai siklus III menunjukkan peningkatan yang signifikan yang dapat dilihat dari meningkatnya nilai yang diperoleh pada nilai pre test dan post test setiap siklus. Meningkatnya nilai siswa ini memberi bukti bahwa hasil belajar siswa pada materi menulis karangan bebas meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar