MENINGKATKAN PEMBELAJAR SISWA TENTANG MENULIS PENGUMUMAN
Harga Per PTK 300ribu, Kalau ambil lebih dari dua bisa kurang.
Untuk Pilihan Judul PTK Klik Disini
PENDAHULUAN
Bahasa Indonesia adalah mata pelajaran yang berhubungan dengan
kehidupan masyarakat, sehingga peajaran Bahasa Indonesia sangat penting
bagi kehidupan siswa sekarang maupun masa yang akan datang.
Tetapi pada kenyataannya mata pelajaran Bahasa Indonesia dianggap
sulit bahkan membosankan. Hal ini disebabkan karena materi pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia sangat luas dan setiap saat dapat berubah sesuai
dengan perkembangan zaman. Di SDN Semampir mata pelajaran Bahasa
Indonesia berada pada urutan menengah. Secara keseluruhan dari kelas I
sampai kelas VI rata-rata pelajaran Bahasa Indonesia semester 1 dan semester
1 kurang dari 75.
Lebih khusus lagi dari hasil observasi guru kelas IV dan dari teman
sejawat pada tanggal 16 April 2012 di semester I dapat lihat pada hasil tes
formatif mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV dengan materi pokok
pengumuman, dari 25 siswa hanya 14 siswa yang mencapai ketuntasan
belajar atau nilai 75 keatas, sedangkan 11 siswa belum mencapai target
ketuntasan atau 75 ke bawah dan hasilnya belum memuaskan.
Agar siswa menguasai dalam menulis sebuah pengumuman,
diupayakan siswa tidak hanya mendengar sebuah pengumuman yang dibaca,
akan tetapi juga diperlukan melihat dan mengalami dalam menulis sebuah
pengumuman dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Untuk mengetahui kesulitan-kesulitan siswa dalam menulis sebuah
pengumuman, dilaksanakan tes diagnosis. Dari hasil analisa tes diagnosisilaksanakan tes diagnosis. Dari hasil analisa tes diagnosis
diperoleh fakta tentang kesulitan-kesulitan siswa dalam menulis sebuah
pengumuman
Ketidakmampuan siswa menulis sebuah pengumuman erat dengan
kemampuan siswa menggali informasi yang telah diterima. Hal itu disebabkan
konsep kurang melekat erat dalam memori siswa. Untuk mengatasi hal
tersebut, maka guru sebagai peneliti, ingin mencoba untuk mengaitkan
keterampilan menulis sebuah pengumuman dengan kegiatan sehari-hari di
rumah maupun di sekolah.
Berdasarkan dari uraian diatas penulis ingin melakukan penelitian
dengan judul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Menulis
Pengumuman Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Kelas IV SDN
Semampir Tahun 2012”
Perumusan Masalah
Apakah dengan melalui model pembelajaran Mind mapping dapat
meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia
tentang membuat pengumuman?
Tujuan Penelitian
a. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pemahaman tentang
pengumuman melalui model Mind Mapping.
b. Meningkatkan motivasi belajar siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar