Rabu, 17 April 2013

Selasa, 15 Januari 2013

Contoh Kutipan Novel Remaja

JASA PEMBUATAN PTK (PENELITIAN TINDAKAN KELAS), Skripsi dan Tugas BAHASA INDONESIA MURAH HUBUNGI KAMI DI DISINI

 

Contoh Kutipan Novel Remaja

 Kutipan novel : Pergi ke Bulan
Karya : Darwin
Penerbit : Pinneaple, 2000
Apa yang dilakukan Prodo benar-benar membuat Pragina kesal. Perempuan itu berpikir bahwa Prodo, suaminya, telah berbuat tidak adil kepadanya.
“Mas, aku tidak bisa menerima perlakuan seperti ini,” ungkap Pragina.
“Mengapa? Tugasmu di rumah. Mengurus rumah dan anak-anak. Titik!”
Pragina menarik napas dalam-dalam.
“Sementara kau terus bepergian, Mas?” Tanya Pragina lemah.
“Ya”
“Berminggu-minggu?”
“Ya”
“Lukas dan Toni selalu menanyakanmu.”
“Itu tugasmu sebagai ibu untuk memahamkan mereka bahwa ayah
mereka harus pergi mencari nafkah!”
“Baiklah.” Pragina menyerah dan putus asa.
Prodo mengangkat kopernya dan melangkah menuju mobil. Mendadak ia merasakan sesuatu yang aneh menyelimutinya. Ketika ia menoleh, sepasang mata mungil Tony mengamatinya dengan berkaca-kaca.
“Ayah mau kerja?” tanya Tony. Prodo mengangguk.
“Lalu, mengapa harus membuat Ibu menangis?” lanjut Tony. Prodo terkejut mendapat pertanyaan macam itu. Pikirnya, ”Pragina benar-benar tidak mampu merawat anaknya dengan pikiran-pikiran yang baik.”
“Kalau Ayah mau pergi kerja, pergi saja, tapi jangan bikin ibu nangis. Tony berjanji tidak akan minta oleh-oleh lagi dari Ayah, tidak akan menganggu Ayah pulang kerja, tidak akan merengek-rengek pada ibu agar Ayah cepat pulang, tidak akan nakal lagi agar Ayah tidak marah, tapi Ayah jangan marahi ibu lagi. Tony sedih kalau lihat ibu menangis.” Kata-kata Tony tersebut, benar-benar membuat Prodo tercekat. Ia meletakkan kopernya dan memeluk tubuh Tony erat-erat.
Dari kutipan novel di atas dapat dibuat ringkasan sebagai berikut: Prodo tidak mau mendengarkan keluh kesah Pragina, istrinya, mengenai kebiasaannya pergi berminggu-minggu dengan alasan kerja. Ketika hendak pergi lagi, Tony anaknya berkata bahwa ia tidak akan mengharap kedatangan ayahnya lagi asalkan ayahnya tidak membuat ibunya menangis. Prodo tercekat dan tersadar bahwa keluarganya membutuhkan kehadirannya.

Contoh Kutipan Novel Remaja

Soal-soal Bahasa Indonesia Tentang Gagasan Pokok

KAMI MEMBUKA JASA PEMBUATAN PTK (PENELITIAN TINDAKAN KELAS) BAHASA INDONESIA MURAH HUBUNGI KAMI DI 081222940294

 

Soal-soal Bahasa Indonesia Tentang Gagasan Pokok

 Kesatuan dan kekompakan tim menjadi kunci utama keberhasilan Spanyol.Kesatuan dan kekompakan itu pula yang membuat Spanyol menjuarai piala Eropa 2008.Kejuaraan itu berlangsung di stadion Ernst Happel , Vietnam , Autralia . Mereka bermain dengan semangat kesatuan dan kekompakan . Pernyataan itu di tegaskan oleh Luis Aragones , pelatih spanyol , saat jumpa pers usai perandingan.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A.      Juara Piala Eropa 2008 di Austria
B.      Kunci utama keberhasilan Spanyol
C.      Soal jumpa pers usai perlombaan
D.      Tempat kejuaraan Piala Eropa 2008

Jawaban:B



Masalah yang dihadapi pemerintah Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam mencanangkan Banjarmasin sebagai pusat pertumbuhan bagi Kalsel sangatlah banyak. Sebagai kota pusat aktivitas, provinsi Banjarmasin tidak bisa mengelak dari arus urbanisasi. Penduduk berdatangan dari berbagai pelosok Kalimantan dengan tujuan mengadu untung. Kehadiran mereka beserta keluarga sekaligus memunculkan beragam persoalan kota. Di mana-mana tampak pemukiman kumuh baru. Penertiban yang berlangsung tanpa henti ternyata bukan menjadi hambatan untuk masuknya penduduk dari luar kota.

Gagasan pokok paragraf tersebut adalah ...
A. pusat aktivitas provinsi
B. permasalahan pemerintah Kalsel
C. penertiban kota Banjarmasin
D. persoalan pemukiman kumuh

Jawaban:B


Kenaikan BBM yang sangat tinggi mengagetkan masyarakat bawah ,sejumlah pengamat
menilai kenaikan itu sangat tidak rasional dan terburu-buru. Menurut mereka, alasan pemerintah
soal kebijakan itu merupakan kebohongan public.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah

A. sorotan harga BBM sangat sering
B. penilaian harga BBM tidak rasional
C. kenaikan harga BBM mengagetkan
D. pengumuman BBM disampaikan masyarakat

Soal-soal Bahasa Indonesia Tentang Gagasan Pokok

Senin, 14 Januari 2013

CONTOH SOAL BAHASA INDONESIA| Menulis Sinopsis Novel

KAMI MEMBUKA JASA PEMBUATAN PTK (PENELITIAN TINDAKAN KELAS) BAHASA INDONESIA MURAH HUBUNGI KAMI DI 081222940294.

 

CONTOH SOAL BAHASA INDONESIA| Menulis Sinopsis Novel

 Sinopsis novel Raumanen yang benar adalah . . . .
a. Raumanen adalah seorang gadis Makassar berusia 18 tahun yang aktif dalam berbagai organisasi di Jakarta. Ia pun berkenalan dengan seorang insinyur muda, Monang namanya. Hubungan mereka kemudian berlanjut menjadi hubungan sepasang kekasih, sampai akhirnya mereka melakukan perbuatan yang seharusnya dilakukan oleh sepasang suami isteri. Manen pun hamil. Namun, orangtua Monang menolak memiliki menantu yang berbeda suku. Dalam keputusasaannya, Manen mengambil jalan tragis: bunuh diri.
b. Raumanen adalah seorang gadis Manado berusia 18 tahun yang aktif dalam berbagai organisasi di Jakarta. Ia pun berkenalan dengan seorang insinyur muda, Yusuf namanya. Hubungan mereka kemudian berlanjut menjadi hubungan sepasang kekasih, sampai akhirnya mereka melakukan perbuatan yang seharusnya dilakukan oleh sepasang suami isteri. Manen pun hamil. Mereka pun akhirnya menikah dan hidup bahagia untuk selamanya.
c. Raumanen adalah seorang gadis Makassar berusia 18 tahun yang aktif dalam berbagai organisasi di Jakarta. Ia pun berkenalan dengan seorang insinyur muda, Monang namanya. Hubungan mereka kemudian berlanjut menjadi hubungan sepasang kekasih, sampai akhirnya mereka melakukan perbuatan yang seharusnya dilakukan oleh sepasang suami isteri. Manen pun hamil. Namun, orangtua Monang menolak memiliki menantu yang berbeda suku. Dalam keputusasaannya, Manen mengambil jalan tragis: bunuh diri.
d. Raumanen adalah seorang gadis Manado berusia 18 tahun yang aktif dalam berbagai organisasi di Jakarta. Ia pun berkenalan dengan seorang insinyur muda, Monang namanya. Hubungan mereka kemudian berlanjut menjadi hubungan sepasang kekasih, sampai akhirnya mereka melakukan perbuatan yang seharusnya dilakukan oleh sepasang suami isteri. Manen pun hamil. Mereka pun akhirnya menikah dan hidup bahagia untuk selamanya.

1) Oleh karena itu, Remon ingin segera tiba di kampung halamannya.
2) Ia sudah rindu pada ibunya yang selama ini ia tinggalkan karena harus menuntut ilmu.
3) Sewaktu dalam perjalanan pulang ke kampung halamannya di Rianite, Remon berkenalan dengan Riana.
4) Perkenalannya dengan Riana, membuat hati Remon terasa bagai diburu bayangan ibunya.
5) Perkenalan itu bermula ketika Riana ditolong oleh Remon dalam sebuah kecelakaan kecil di kapal yang mereka tumpangi.
6) Padahal, sebelumnya ia sudah antipati pada gadis yang pernah membentaknya itu ketika mereka berada dalam satu bus.
Urutan kalimat sinopsis yang tepat adalah ….
a. 1)-5)-6)-4)-3)-2)
b. 3)-5)-4)-6)-2)-1)
c. 3)-5)-6)-4)-1)-2)
d. 5)-3)-6)-4)-1)-2)

….
“Tidak!” Kata Hedemi keras kepala. Mereka sudah sering berdebat tentang hal ini dan untuk masalah yang satu ini Hedemi benar-benar tak mau menyerah. “Dia perempuan, bukan laki-laki. Tempatnya di sini, bersama kita. Apa untungnya mengirim dia ke California?”
“Umurnya sudah hampir delapan belas tahun,” jelas Masao sabar untuk keseribu kali. “Bahasa Inggrisnya cukup baik tapi akan lebih baik baginya jika dia menetap setidaknya satu tahun di Amerika, atau kalau mungkin lebih lama lagi.” Masao ingin agar Hiroko kuliah di sana, tapi ia tahu Hedemi belum siap untuk melepas putrinya kuliah selama empat tahun di negeri orang. Itu akan meningkatkan pendidikannya, membuka wawasannya, dan memperluas cakrawalanya. Sepupuku dan istrinya akan menjaganya dengan baik.
Sinopsis yang sesuai dengan kutipan novel tersebut…
a. Hedemi ingin putrinya, Hiroko, melanjutkan studinya ke Amerika. Namun, Masao tidak menyetujuinya.
b. Masao ingin putrinya, Hiroko, melanjutkan studinya ke Amerika. Namun, Hedemi tidak menyetujuinya.
c. Hiroko ingin putrinya, Hedemi, melanjutkan studinya ke Amerika. Namun, Masao tidak menyetujuinya.
d. Hiroko ingin putrinya, Masao, melanjutkan studinya ke Amerika. Namun, Hedemi tidak menyetujuinya.

CONTOH SOAL BAHASA INDONESIA| Menulis Sinopsis Novel

CONTOH SOAL BAHASA INDONESIA | Menentukan Konflik dalam Novel/Cerpen

KAMI MEMBUKA JASA PEMBUATAN PTK (PENELITIAN TINDAKAN KELAS) BAHASA INDONESIA MURAH HUBUNGI KAMI DI 081222940294.

 

CONTOH SOAL BAHASA INDONESIA | Menentukan Konflik dalam Novel/Cerpen

 Ketika sekolah beristirahat dan datang kesempatan sebaik-baiknya untuk minta porsekot gajinya, guru Isa menjadi ragu-ragu. Timbul kebimbangan dalam hatinya. Dia takut akan merasa malu jika permintaannya ditolak oleh guru kepala. Sementara itu, hatinya gundah pula memikirkan jika tidak membawa uang, Fatimah di rumah akan mengomel kepadanya.
Dalam kutipan novel tersebut konflik terjadi antara . . . .
a. guru Isa dengan guru kepala
b. guru Isa dengan dirinya sendiri
c. guru Isa dengan Fatimah
d. guru kepala dengan Fatimah

. . . .
“Apa-apaan sih, elo? Posternya kan jadi sobek!!!”
“Sorry, Rin! Gue bener-bener nggak sengaja!”
Rinta sama sekali nggak ngegubris pembelaan Anya. Ia masih memandangi poster Blur kesayangannya yang kini sudah terbagi dua karena robek. “Rin, sorry,ya. Gue . . . .”
“Aah! Udah, deh! Pulang, sana!” potong Rinta kesal, matanya sudah sembap, hampir nangis. Anya nggak mau memperburuk keadaan. Ia pun langsung keluar dari kamar Rinta dan bergegas pulang.
Tokoh yang mengalami konflik pada kutipan cerpen Malaikat Pelindung tersebut adalah . . . .
a. Rinta dan dirinya
b. Anya dan dirinya
c. Rinta dan Anya
d. Anya dan orang lain

Pemicu konflik pada kutipan cerpen soal di atas adalah . . . .
a. hal yang sepele
b. robeknya poster Anya
c. hanya karena Rinta egois
d. robeknya poster Rinta

Sudah beberapa sore Wati datang ke pondokanku. Sore ini ia datang juga. Aku mulai curiga padanya. Yang dibicarakannya sudah bukan pelajaran melulu. Dulu terhadap Marwan pun diawali dengan hal-hal seputar pelajaran. Dugaanku tidak meleset, dia datang tidak sebagai murid. Sebagai gurunya, aku sering mengelakkan pertemuan-pertemuan dengan dia. Tetapi memang Wati gadis yang agresif. Aku makin jengkel.
. . . .
Konflik yang terdapat dalam penggalan cerpen di atas adalah . . . .
a. konflik fisik antara Wati dan Marwan
b. konflik fisik antara tokoh aku dan Wati
c. konflik batin antara Wati dan Marwan
d. konflik batin tokoh aku terhadap Wati

Indikator Soal : menentukan konflik yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut

SOAL :
Konflik yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Seorang ibu yang berjanji tidak akan meninggalkan anaknya lagi.
B. Penyesalan seorang ibu yang telah meninggalkan anaknya.
C. Seseorang yang tak tega melihat anak terlantar.
D. Gelandangan yang ditemukan tewas di kolong jembatan.

KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Konflik pada diri seorang ibu yang berkeinginan merawat kembali anak yang telah ditelantarkan. Konflik dalam cerita tersebut terjadi pada tokoh ibu dan dirinya tentang keinginannya yang belum tercapai.

Indikator Soal : Disajikan sebuah kutipan cerpen, siswa dapat menentukan konflik dalam cerpen tersebut
Soal :
Konflik yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Teman-teman Andi semua memberi hadiah pada Tommy.
B. Andi ingin meminta uang pada ibu, tapi tidak sampai hati mengungkapkannya.
C. Sejak ayahnya meninggal, Andi harus hidup berhemat.
D. Kepuasan Andi sudah memiliki hadiah untuk Tommy.

Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Konflik adalah ketegangan yang terjadi dalam diri tokoh dalam suatu cerita. Bentuknya bisa konflik fisik, konflik batin, konflik ide, konflik sosial, atau konflik budaya. Konflik yang terjadi berupa konflik batin pada diri sang tokoh (Andi). Hal ini tergambar pada kalimat .... Andi ingin sekali memberi hadiah untuk Tommy, tetapi ia tidak enak hati meminta uang pada ibunya. Apalagi, ibu hanya diam ketika ia menyodorkan undangan pesta ulang tahun Tommy kemarin.

CONTOH SOAL BAHASA INDONESIA | Menentukan Konflik dalam Novel/Cerpen

CONTOH SOAL BAHASA INDONESIA | MENENTUKAN CITRAAN DALAM PUISI

KAMI MEMBUKA JASA PEMBUATAN PTK (PENELITIAN TINDAKAN KELAS) BAHASA INDONESIA MURAH HUBUNGI KAMI DI 081222940294.

 

CONTOH SOAL BAHASA INDONESIA | MENENTUKAN CITRAAN DALAM PUISI

 Citraan disebut juga Imaji. Citraan adalah efek yang ditimbulkan oleh kata atau susunan kata dalam puisi terhadap pancaindera manusia (Selanjutnya, penjelasan mengenai citraan dapat dibaca di RINGKASAN TEORI TENTANG CITRAAN DALAM PUISI)

1. ANAK YANG ANGKUH
Betapa dinginnya air sungai
Dinginnya! Dinginnya!
Betapa dinginnya daging duka
Yang membaluti tulang-tulangku
. . . .
Karya W.S. Rendra
Puisi tersebut menimbulkan citraan . . . .
a. penglihatan
b. perabaan
c. penciuman
d. pendengaran

2. Kami bicara padamu dalam hening di malam sepi
Jika dada rasa hampa dan jam dinding yang berdetak
Kata bercetak miring dalam penggalan puisi di atas mengandung citraan . . . .
a. pendengaran
b. penglihatan
c. penciuman
d. perasaan

3. Wajah sunyi setengah tengadah
Menangkap sunyi padang senja
Dunia tambah beku di tengah derap
dan suara menderu
Dia masih sangat muda
Citraan yang terdapat pada larik keempat penggalan puisi di atas adalah . . . .
a. penglihatan
b. perabaan
c. pendengaran
d. penciuman

4. BALADA IBU YANG DIBUNUH
Bulan sabit terkait malam memberita datangnya
Waktu makan bayi-bayinya mungil sayang
Matanya berkata pamitan, bertolaklah ia
Dirasukinya dusun-dusun, semak-semak, taruhan harian atas nyawa
Citraan yang terdapat pada larik pertama penggalan puisi di atas adalah . . . .
a. penglihatan
b. perabaan
c. pendengaran
d. penciuman

5. Tangisan terus terdengar
seakan alam tak mau kompromi
manusia terjajar
terkapar . . . .
hanya doa yang terucap untuk saudara kami
TSUNAMI: JERITAN HATI Karya: Yulia Puspa
Citraan pendengaran terdapat pada baris . . . .
a. kesatu dan ketiga
b. kedua dan keempat
c. kesatu dan kelima
d. kedua dan ketiga

6. Ladang Petani
Karya A. Hasjmi

Tersisih jauh di luar kota,
Mendatar ladang setentang mata,
Dalamnya penuh tanam-tanaman,
Senang riang pandangan mata,
Damai aman hati dan sukma,

Di tengah-tengah tanaman muda,
Petani berdiri dengan senangnya,
Memandang ladang penuh kejayaan,
Tumbuh-tumbuhan banyak macamnya hanya membayangkan datang zaman sentosa,
Citraan pada bait ke-2 kutipan puisi tersebut adalah …
a. Penglihatan
b. Perasaan
c. perabaan
d. pendengaran

Jawaban: 1)B, 2)A, 3)C, 4)A, 5)C, 6)A

CONTOH SOAL BAHASA INDONESIA | MENENTUKAN CITRAAN DALAM PUISI

Tipografi dalam Puisi

KAMI MEMBUKA JASA PEMBUATAN PTK (PENELITIAN TINDAKAN KELAS) BAHASA INDONESIA MURAH HUBUNGI KAMI DI 081222940294.

 

Tipografi dalam Puisi

 Tipografi (tata wajah) merupakan pembeda penting antara puisi dengan prosa dan drama. Larik-larik puisi tidak berbentuk paragraf, namun berbentuk bait. Dalam puisi-puisi kontemporer, seperti karya-karya Sutardji Calzoum Bachri, tipografi dipandang begitu penting sehingga menggeser kedudukan makna kata-kata

Tipografi dalam Puisi