Rabu, 09 Januari 2013

Menentukan Unsur Intrinsik Drama

Menentukan Unsur Intrinsik Drama


JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami Disini

 UNSUR – UNSUR INTRINSIK DRAMA

Drama adalah sebuah karangan yang menggambarkan kehidupan atau watak manusia melalui tingkah laku yang dipentaskan. Drama disebut juga seni pertunjukkan atau teater. Drama mengandung unsur – unsur  intrinsik sebagaimana dongeng, cerita anak atau puisi. Unsur-unsur intrinsik sebuah drama adalah sebagai berikut  : 

1.    Alur  
Alur  yaitu jalan cerita dari sebuah pertunjukkan drama mulai dari awal pertunjukkan hingga 
berakhirnya pertunjukkan drama. Dalam alur drama ada istilah babak. Sebuah pertunjukan drama biasanya terdiri dari beberapa babak.

      2.      Tema
Tema adalah ide atau gagasan utama sebuah cerita drama.

      3.      Tokoh
Tokoh dalam sebuah cerita drama adalah individu yang merupakan pelaku dalam cerita tersebut. Terdapat tokoh utama dan tokoh pembantu (figuran). Tokoh utama dibedakan menjadi  tokoh yang berwatak  atau berperilaku baik disebut tokoh prontagonis dan tokoh yang berwatak buruk  atau berperilaku jahat disebut tokoh antagonis.
      4.      Latar
Latar disebut juga setting yaitu gambaran tempat , waktu dan segala situasi di tempat terjadinya peristiwa dalam drama atau cerita. Dalam sebuah pertunjukkan drama kehadiran latar atau setting dapat dilihat dari keadaan panggung seperti tata cahaya atau penampilan para tokohnya. Contohnya bila latar belakang panggung adalah sebuah hutan maka salah satu latarnya adalah hutan.
      5.       Amanat
Amanat artinya pesan yang ingin disampaikan pengarang drama  kepada orang yang menyaksikan pertunjukkan drama.  Amanat  sebuah  drama  disampaikan melalui tokoh drama (pelaku), baik melalui ucapan maupun perbuatan.

Menentukan Unsur Intrinsik Drama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar