Sabtu, 03 September 2016

Contoh Teks Berita Singkat Kecelakaan (5W1H)

Contoh Teks Berita Singkat  Kecelakaan (5W1H)


JASA PEMBUATAN PTK  (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Harga Per PTK 300ribu, Kalau ambil lebih dari dua bisa kurang.

Untuk Pilihan Judul PTK Klik Disini

Atau Cek FB Kami Disini

erita adalah laporan tentang suatu kejadian atau peristiwa. Menurut Charniey, ia mengungkapkan bahwa berita adalah laporan yang disampaikan secara cepat mengenai suatu kejadian yang faktual, penting, menarik dan juga bisa menyangkut kepentingan banyak orang. Selain itu ia juga mengatakan bahwa berita juga merupakan sebuah laporan kejadian terkini yang sangat penting yang harus disampaikan pada orang banyak. Berita bisa kita ketahui dari berbagai media contohnya saja bisa melalui televisi, radia, koran dan bahkan internet.

PEDOMAN CARA PENULISAN TEKS BERITA YANG BAIK DAN BENAR

Dalam membuat sebuah teks berita baik itu berita tentang kebakaran, kecelakaan ataupun contoh berita yang lainnya, kita harus menulis berita agar dalam penyajian berita ini sesuai dengan pedomannya. Rumus dalam menulis berita bagi seorang wartawan ataupun pembaca berita adalah 5 W + 1 H. Apakah kepanjangan 5W1H itu? Mungkin sebagian dari kalian sudah tau apa kepanjangan dari 5 W + 1 H. Sebenarnya itu merupakan singkatan dari pertanyaan bahasa inggris seperti : whatwherewhenwhowhy dan how (Dalam bahasa indonesia apa, dimana, kapan, siapa, mengapa dan bagaimana).
  • What : Menanyakan apa yang diinformasikan
  • Where : Dimana peristiwa itu terjadi
  • When : Kapan peristiwa itu terjadi
  • Who : Siapa yang terlibat dalam peristiwa atau kejadian tersebut
  • Why : Mengapa peristiwa atau kejadian itu bisa terjadi
  • How : Bagaimana peristiwa atau kejadian itu bisa terjadi
Nah dari 5W+1H tersebutlah yang nantinya disusun dan kemudian dibuat menjadi satu menjadi teks berita, sehingga berita menjadi aktual, faktual dan dapat dipercaya.

UNSUR-UNSUR PENTING DALAM PENULISAN SEBUAH CONTOH TEKS BERITA YANG BAIK DAN BENAR

Dalam membuat berita kalian harus menyajikannya sesuai unsur-unsur yang ada, sebelumya juga pasti kalian pernah mendengar kata-kata Aktual, Faktual dan lain sebagainya ? Nah sebelum memberikan contoh teks berita saya akan membahas ini terlebih dahulu.
Aktual : Artinya adalah suatu unsur yang harus memiliki kekinian atau bisa dibilang terhangat dan terbaru atau baru saja terjadi. Dalam berita , berita yang disampaikan harus lah fresh dan baru dan yang banyak diperbincangkan banyak orang.
Faktual : Artinya adalah berita yang kita sajikan harus benar-benarr nyata dan juga benar-benar terjadi bukan sebuah rekayasa ataupun kebohongan. Karena berita ini pastinya dilihat dan didengarkan oleh banyak orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar