Sabtu, 03 September 2016

Unsur-Unsur Intrinsik Novel

Unsur-Unsur Intrinsik Novel


JASA PEMBUATAN PTK  (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Harga Per PTK 300ribu, Kalau ambil lebih dari dua bisa kurang.

Untuk Pilihan Judul PTK Klik Disini

Atau Cek FB Kami Disini



Setelah sebelumnya kita membahas tentang MENEMUKAN IDE POKOK DAN PERMASALAHAN DALAM ARTIKEL MELALUI KEGIATAN MEMBACA INTENSIF, sekarangDari Kelas akan membahas sebuah artikel berjudul Menjelaskan Unsur-unsur Intrinsik Pembacaan Penggalan Novel.


Karya sastra bisa berbentuk prosa atau puisi. Salah satu jenis prosa yaitu novel. Novel merupakan salah satu bentuk karya sastra yang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang-orang di sekelilingnya dengan menonjolkan sikap dan watak setiap pelaku atau tokoh.

Karya sastra berupa novel dibangun dari dua unsur, yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang membangun karya sastra itu sendiri. Adapun usnur ekstrinsik adalah unsur di luar karya sastra yang memengaruhi karya sastra tersebut. Unsur intrinsik sebuah novel adalah unsur-unsur yang turut membangun cerita. Kepaduan antarunsur intrinsik inilah yang membuat sebuah novel terwujud. Unsur-unsur intrinsik sebuah novel sebagai berikut.
  1. Tema, yaitu sesuatu yang menjadi pokok pembicaraan novel.
  2. Alur/plot, yaitu rangkaian peristiwa/kejadian yang saling berhubungan untuk menjalin cerita.
    Jenis alur ada tiga macam, yaitu alur maju/progresif/kronologis, alur mundur/regresif/flashback/sorot balik, dan alur campuran/gabungan (maju).
  3. Latar/setting, merupakan keterangan mengani waktu, ruang/tempat, dan suasana terjadinya peristiwa dalam novel.
  4. Sudut pandang/point of view, yaitu cara pengarang mengisahkan dirinya dalam cerita. Ada dua macam sudut pandang, yaitu sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketiga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar