Rabu, 31 Agustus 2016

BAHASA INDONESIA DENGAN PEMBAHASAN SOAL

 BAHASA INDONESIA DENGAN PEMBAHASAN Soal

JASA PEMBUATAN PTK  (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Harga Per PTK 300ribu, Kalau ambil lebih dari dua bisa kurang.

Untuk Pilihan Judul PTK Klik Disini

Atau Cek FB Kami Disini


Paragraf sebenarnya merupakan sebuah unit pikiran dengan menunjukkan satu ide, dan ide ini harus bisa dikomunikasikan secara jelas dan singkat, yaitu mengandung detil-detil selengkapnya, misalnya alasan-alasan, ilustrasi-ilustrasi, fakta-fakta, dan lain-lain. Pengembangan ide pokok itu harus dikendalikan dengan apa yang dinamakan controlling idea. Ide yang dikomunikasikan dinamakan pikiran utama, ide pokok, ide utama, atau pikiran pokok. Sedangkan detil-detil penunjang paragraf dinamakan pikiran-pikiran penunjang. Pikiran utama dan pikiran penjelas dikembangkan lebih lanjut dalam kalimat-kalimat. Kalimat yang mengandung pikiran utama dinamakan kalimat utama, atau kalimat topik (topic sentence). Kalimat-kalimat yang mengandung pikiran penjelas dinamakan kalimat penjelas. Jadi dapat dikatakan bahwa paragraf dibentuk oleh dua unsur, yaitu pikiran utama dan pikiran penjelas. 
UNSUR-UNSUR PARAGRAF 
a. Ide Pokok 
b. Kalimat topic 
c. Kalimat pengembang 
d. Kalimat penegas 
e. Transisi 

CONTOH SOAL : 
1. Bacalah paragraf berikut! 
Nelayan Muara gembong kian terpuruk. Selain kesulitan meminjam dana dari koperasi, penghasilan para nelayan dari mencari ikan di laut semakin tidak menggairahkan lantaran air laut tercemar. Sementara itu, bantuan dana bagi masyarakat pesisir program Kementrian Perikanan dan Kelautan belum sampai kepada mereka. Masalah yang disoroti dalam paragraph di atas adalah . . . . 
a. Mata pencaharian nelayan Muara Gembong setiap bulannya. 
b. Bantuan danayang sudah disalurkan oleh Kementrian Perikanan.
c. Penghasilan para nelayan kurang bergairan akibat pasang laut. 
d. Penghasilan nelayan Muara Gembong yang memprihatinkan. 
e. Masyarakat takut mengkonsumsi ikan akibat pencemaran air laut. 

2. Cermatilah paragraf berikut ini! 
(1) Setiap makhluk hidup memerlukan energy. (2) Energi ada bermacam-macam (3) minyak bumi yang digunakan terus menerus akan terancam habis (4) hendaknya dilakukan penghematan energi (5)energi listrik di gunakan untuk penerangan dan pemakaian alat-alat elektronik Opini yang terdapat dalam paragaf di atas yaitu …. 
a. nomor 1 
b. nomor 2 
c. nomor 3 
d. nomor 4 
e. nomor 5


SKL 2
MENENTUKAN ISI PARAGRAF BIOGRAFI
 Biografi merupakan buku yang memuat riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Biografi berisi kehidupan seorang tokoh sejak kecil sampai tua. Bahkan sampai meninggal dunia. Semua jasa, buah karya, dan segala hal yang dihasilkan atau dilakukan oleh seorang tokoh juga dijelaskan dalam buku biografi. Sebaliknya, autobiografi merupakan buku yang berisi riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang itu sendiri. 

CONTOH SOAL: 
1. A.A. Navis, nama lengkapnya Ali Akbar Navis. Lahir di Padang Panjang, Sumatera Barat, tanggal 17 November 1924. Ia tamat perguruan INS di Kayu tanam tahun 1943. Pada masa Jepang Navis bekerja pada pabrik porselen di Padang Panjang, kemudian jadi guru, tahun1952 jadi Kepala Urusan Kesenian perwakilan Jawatan Kebudayaan Sumatera Tengah. Pada tahun 1950 ia mulai mengikuti perkembangan kesusastraan secara aktif, mengarang cerita pendek dan sandiwara radio. Cerita-ceritanya dalam Mimbar Indonesia, siasat, Kisah, Sastra, dan lain-lain. la sebagai pemenang hadiah majalah Kisah pada tahun 1955. Karya-karyanya ialah: Robohnya Surau Kami (1956), Bianglala (1963), Hujan Panas (1963), Kemarau (1967), semuanya diterbitkan oleh N.V. Nusantara. Kalimat tanya yang sesuai dengan isi bacaan biografi di atas adalah ........ 
a. Kapan A.A. Navis mulai mengikuti perkembangan kesusastraan secara aktif? 
b. Bagaimana pandangan A.A. Navis terhadap perkembangan kesusastraan Indonesia? 
c. Mengapa A.A. Navis mendapatkan hadiah majalah Kisah pada tahun l955? 
d. Mengapa A.A. Navis tidak pernah menciptakan karya sastra berbentuk puisi?
e. Bagaimana cara A.A. Navis dalam menciptakan karya sastra berbentuk cerpen? 

2. Bambang Pamungkas adalah sosok striker nomor satu di timnas. Ia menekuni profesi sebagai pesepakbola memang sedari kecil. Ia bukan dari keluarga yang berkecukupan, namun karena kegigihannya berlatih, sekarang ia menjadi tulang punggung di garis depan tim sepakbola Indonesia. Hal yang patut diteladani dari tokoh dalam kutipan biografi tersebut adalah . . . . 
a. Menekuni profesi dengan giat berlatih 
b. Menekuni profesi sebagi pesepakbola 
c. Menjadi striker utama di timnas 
d. Mengorbankan keluarga untuk meniti karir


SKL 3
MENENTUKAN ISI PARAGRAF , SIMPULAN PARAGRAF ,DAN ARTI ISTILAH / KATA DALAM PARAGRAF
Sebuah teks dapat berbentuk bacaan, table, grafik, diagram, atau pola. Sebuah teks mengungkapkan suatu hal atau masalah. Hal atau masalah yang terdapat dalam teks dapat dibuat sebuah pertanyaan. Jawaban pertanyaan tersebut terdapat dalam teks. Pertanyaan tersebut dapat menggunakan kalimat tanya sebagai berikut : 1. Apa untuk menanyakan hal, masalah, peristiwa, atau kejadian yang dibahas dalam teks. 2. Siapa untuk menanyakan orang yang dibahas dalam teks 3. Dimana untuk menanyakan tempat peristiwa yang dibahas dalam teks. 4. Bagaimana untuk menanyakan proses terjadinya hal, masalah, peristiwa, atau kejadian dalam teks terjadi. 5. Mengapa untuk menanyakan sebab atau alasan hal, masalah, peristiwa, atau kejadian dalam teks terjadi. 6. Kapan untuk menanyakan waktu peristiwa yang dibahas dalam teks. 

CONTOH SOAL: 
1. Pada umumnya, sakit tenggorokan disebabkan oleh virus. Biasanya, terkait dengan tanda-tanda penyakit saluran napas lainnya. Seperti, hidung tersumbat atau batuk. Kebanyakan sakit tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk membantu agar lebih nyaman ketika sakit, dapat dilakukan dengan minum air hangat yang diberi air perasan jeruk lemon dan madu. Simpulan Paragraf tersebut yang tepat adalah ... 
a. Penyakit tenggorokan disebabkan kebanyakan oleh virus.
b. Tanda-tanda penyakit tenggorokan adalah hidung tersumbat. 
c. Usaha meringankan rasa sakit ketika menderita sakit tenggorokan. 
d. Sakit tenggorokan dapat dikurangi dengan minum air perasan jeruk lemon. 

2. Sebuah negara perlu diatur dengan sistem pemerintahan yang dianggap bisa mengatasi dan mengayomi masyarakat.Salah satu sistem pemerintahan tersebut adalah demokrasi. Negara bisa menggunakannya. Negara yang masyarakatnya berpendidikan cukup,sistem demokrasi bisa memajukan negara. Akan tetapi, negara yang masyarakatnya masih kurang berpendidikan, demokrasi adalah suatu bencana. Simpulan Paragraf tersebut adalah ... 
a. Sistem pemerintahan bisa mengayomi masyarakat.
b. Sistem pemerintahan adalah sistem demokrasi. 
c. Sistem demokrasi mempunyai kelemahan dan kelebihan. 
d. Sistem demokrasi bisa memajukan negara


SKL 4
MENENTUKAN OPINI DALAM TAJUK RENCANA
Tajuk rencana adalah artikel pokok dalam surat kabar yang merupakan pandangan redaksi terhadap peristiwa yang sedang menjadi pembicaraan pada saat surat kabar itu diterbitkan. Dalam tajuk rencana biasanya diungkapkan adanya informasi atau masalah aktual, penegasan pentingnya masalah, opini redaksi tentang masalah tersebut, kritik dan saran atas permasalahan, dan harapan redaksi akan peran serta pembaca. SIFAT TAJUK RENCANA : 1. Krusial dan ditulis secaea berkala. 2. Isinya menyikapi situasi nyang berkembang di masyarakat. 3. Memiliki karakter atau konsistensi yang teratur kepada pembacanya. 4. Terkait erat dengan policy media atau kebijakan media yang bersangkutan. 

CONTOH SOAL : 
1. Bacalah teks berikut dengan seksama ! Beberapa waktu yang lalu banjir besar melanda Jakara . Ribuan rumah tenggelam . kerugian mencapai 39,5 milyar rupiah dan menelan korban 10 orang meninggal . Seorang penduduk di luar Jakarta menyurati redaksi sebuah surat kabar . Surat tersebut berisi pernyataan terhadap kondisi Jakarta . Menurutnya , Jakarta ternyata tidak seperti kota metropolitan yang selama ini terlihat megah dalam sinetron .Orang Jakarta mengatakan bahwa banjir yang melanda jakarta kiriman dari Bgor , orang Bogor membantahnya . mereka menyatakan bahwa yang membuat kerusakaan adalah orang Jakarta sendiri dengan menggusur petani dan membuat vila dan hotel di puncak .Opini pada tajuk rencana tersebut terdapat pada kalimat ... 
a. Sepuluh orang meninggal dalam banjir tersebut . 
b. Seorang penduduk luar Jakarta menyurati redaksi sebuah surat kabar . 
c. Orang jakarta mengatakan bahwa banjir kali ini merupakan kiriman dari Bogor . 
d. Kerugian mencapai 39,5 milyar dan sepuluh orang meninggal . 
e. Beberapa waktu yang lalu banjir besar melanda Jakarta. 

2. Bacalah teks berikut dengan seksama ! Memang tidak dipungkiri gaji PNS sangatlah rendah . Inilah yang membuat pemerintah sulit untuk bisa memacu produktivitasnya . Sebaliknya , untuk menaikkan secara signifikan gaji PNS , anggaran yang dibutuhkan sangat besar , jumlahnya mencapai 3,6 juta . Untuk memberikan gaji ke-13 saja pemerintah harus menyediakan dana 7,6 triliun . Jawaban untuk keluar dari persoalan ini tidak bisa lain , kecuali melakukan reformasi birokrasi , terutama rasionalisasi jumlah PNS . Sebab , jumlah PNS yang ada terlalu besar dibandingkan yang dibutuhkan .Dengan adanya rasionalisasi , pemerintah pasti akan mempunyai kemampuan untuk memperbaiki sistem gaji . Bukan hanya itu , pemerintah lebih mungkin untuk menerapkan sistem reward and punishment .Opini penulis yang terdapat dalam penggalan tajuk rencana tersebut adalah ... 
a. Memang tidak bisa dipungkiri , gaji PNS sangatlah rendah apalagi dibandingkan dengan harga kebutuhan pokok saat ini. 
b. Untuk menaikkan secara signifikan gaji PNS , anggaran yang dibutuhkan sangat besar karena jumlah PNS 3,6 juta . 
c. Jawaban persoalan ini tidak lain harus melakukan reformasi agar masalah tidak berlarut – larut . 
d. Dengan adanya rasionalisasi , pemerintah pasti akan mempunyai kemampuan untuk mengelola pemerintahan . e. Dengan adanya rasionalisasi , pemerintah akan mempunyai kemampuan untuk menggaji PNS . 

SKL 5
MENENTUKAN ISI DAN SIMPULAN GRAFIK , DIAGRAM , ATAU TABEL
Tabel merupakan kumpulan data atau informasi yang disusun dengan klafikasi menurut baris dan kolom. Isi tabel dapat diketahui dari judul tabel dapat diketahui dari judul tabel dan data yang terdapat dalam tabel. Grafik merupakan gambaran pasang surut suatu keadaan dengan keadaan garis atau gambar (tentang turun naiknya hasil, statistik, dan sebagainya). Isi grafik dapat diketahui dari judul grafik dan data grafikyang dituliskan pada grafik. Diagram merupakan gambaran untuk memperlihatkan atau menerangkan sesuatu. Diagram dapat berbentuk lingkaran dan batang. Hal yang digambarkan dalam diagram dapat dilihat dari judul dan data yang tedapat dalam diagram.Membaca tabel, grafik,dan diagram dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut : 1. Membaca judul tabel, grafik, dan diagram untuk mengetahui gambaran isi tabel, grafik, dan diagram. 2. Membaca informasi yang terdapat dalam baris dan kolom atas, samping, dan bawah. 3. Mangajukan pertanyaan tentang isi tabel, grafik, dan diagram. 4. Menjawab pertanyaan tersebut sesuai isi tabel. 

CONTOH SOAL : 
1. Perhatikan Grafik dibawah ini ! 
SKL Bahasa Indonesia dengan Pembahasannya PLUS Soal
Dari grafik di atas dapat disimpulkan bahwa ........ 
a. Prestasi siswa dari tahun ke tahun tidak meningkat 
b. Prestasi siswa naik sedikit demi sedikit.
c. Dari tahun ke tahun prestasi siswa meningkat kecuali tahun 1947. 
d. Prestasi siswa tidak pernah turun 
e. Prestasi siswa menurun pada tahun 1998. 

2.Perhatikan Grafik dibawah ini !
SKL Bahasa Indonesia dengan Pembahasannya PLUS Soal
Pertanyaan yang jawabannya benar ........ 
a. Mengapa jumlah siswa yang tidak masuk pada bulan Agustus banyak? 
b. Apakah yang menyebabkan siswa tidak hadir pada bulan September? 
c. Berapa jumlah siswa yang tidak hadir pada bulan November? 
d. Bagaimana perasaan Kepala Sekolah pada bulan November berkaitan dengan ketidakhadiran siswa? 

SKL 6
MENENTUKAN UNSUR INTRINSIK DAN ISI HIKAYAT SASTRA MELAYU KLASIK
Hikayat adalah salah satu bentuk sastra prosa yang berisikan tentang kisah, cerita, dongeng maupun sejarah. Umumnya mengisahkan tentang kehebatan maupun kepahlawanan seseorang lengkap dengan keanehan, kesaktian serta mukjizat tokoh utama. 

UNSUR-UNSUR KARYA SASTRA MELAYU KLASIK : 
a. Tema adalah ide pokok yang mendasari sebuah cerita. Pada umumnya naskah Melayu Klasik mempunyai tema perjuanganm percintaan, pendidikan, dan keagamaan. 
b. Tokoh dan Penokohan. Ada tiga jenis tokoh 
• Protagonis (tokoh utama/berwatak baik) 
• Antagonis (tokoh dengan watak jahat) 
• Trigonis tokoh penengah atau pelerai konflik. 
c. Latar (setting) adalah latar belakang cerita. Ada tiga macam latar: (1) latar tempat; (2) latar waktu; dan (3) latar keadaan. 
d. Sudut pandang adalah posisi pengarang dalam cerita. Terdapat empat jenis sudut pandang. 
• Pengarang sebagai tokoh cerita, jika tokoh utamanya ’aku’; 
• Pengarang sebagai tokoh sampingan, jika terdapat tokoh ’aku’ yang bukan sebagai tokoh utama. 
• Pengarang peninjau, jika pengarang hanya dapat memaparkan hal-hal yang dapat diamati pancaindra. 
• Pengarang serba tahu, jika pengarang dapat memaparkan kehidupan tokoh utama dama berbagai hal. 
e. Alur adalah rangkaian peristiwa yang saling berhubungan membentuk suatu cerita. Ada tiga jenis alur cerita: 
• Alur maju, apabila cerita dipaparkan dari awal hingga akhir secara berurutan. 
• Alur mundur (flash back), apabila cerita bermula dari masa kini menuju awal peristiwa secara berurutan; 
• Alur campuran, apabila penceritaannya menggunakan gabungan antara alur maju dan alur mundur. 
f. Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembacanya. 
g. Gaya bahasa merupakan sarana sastra yang amat penting karena hal inilah yang akan membedakan antara pengarang yang satu dengan yang lain. 

CONTOH SOAL : 
1. Setelah sampai ke negeri Yaman dengan takdir Allah ta’ala maka bertemulah dia dengan Ibraha. Maka ditunjukanlah surat dan kiriman kepada daripada ayahnya itu. Setelah disambut surat dan kiriman itu lalu dibacanya. Setelah sudah maka ujarnya,”hambapun sahaja rindu akan ayahanda bunda, marilah kita pulang.” Alur yang digunakan dalam penggalan hikayat di atas adalah……… 
a. Alur mundur 
b. Alur flas back 
c. Alur meloncat-loncat 
d. Alur campuran 
e. Alur maju 

2. Kata yang empunya cerita ini adalah sebuah negeri , yang bernama Padali Pareom ; raja yang memerintahkan negeri itu bernama soegadarma . Adalah raja itu berputra empat orang laki-laki . Anak raja itu tersangat dungu lagi dengan bebalnya , tiada menerima nasihat orang . Dari sebab yang demikian , sangatlah murka Baginda akan anaknya itu karena seolah – olah ia hendak menhilangkan dan merusakkan keturunan raja – raja yang dahulu kala . Baginda bertitah , “ Jikalau anak yang demikian itu seribu sekalipun , tidaklah memberi faedah kepadaku ; jikalau kiranya ada seorang anak yang berbahagia , niscaya berguna kepadaku . Apatah kuperoleh anak yang demikian ?” Berdasarkan kutipan hikayat tersebut , anak baginda raja mempunyai karakter ..... 
a. Tampan dan pintar 
b. Dungu dan tampan 
c. Pintar dan bebal 
d. Dungu dan bebal 
e. Pintar dan bijaksana 

SKL 7
MENENTUKAN UNSUR INTRINSIK CERPEN /NOVEL
UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK CERPEN 
Masalah dalam cerita memunculkan konflik. Konflik merupakan pertemuan atau benturan antara dua kekuatan yang berlawanan. Masalah dibedakan menjadi dua macam, yaitu masalah dari luar (fisik) dan dari dalam (batin). 

MASALAH DARI LUAR 
Masalah dari luar terjadi antara tokoh dengan sesuatu di luar dirinya. Masalah ini bisa terjadi dengan lingkungan ataupun manusia. Masalah dari luar dibagi menjadi dua. 
1. Masalah fisik merupakan masalah yang disebabkan benturan antara tokoh dengan lingkungan. Misalnya, konflik yang dialami tokoh akibat bencana alam. 
2. Masalah sosial merupakan masalah yang muncul karena hubungan antar manusia. Misalnya, masalah pertikaian, perebutan, atau perceraian. 

MASALAH BATIN 
Masalah batin dari dalam diri tokoh, masalah ini terjadi antara tokoh dengan dirinya sendiri. Masalah merupakan salah satu unsur intrinsik. Unsur intrinsik merupakan unsur yang membangun cerita dari dalam. 

Unsur intrinsik cerpen yang lain sebagai berikut. 
1. Tokoh 
 Tokoh adalah orang yang berperan dalam suatu cerita. 
 Tokoh memiliki sifat dan watak masing-masing. 

2. Watak 
 Watak adalah cara pengarang menggambarkan atau mengembangkan karakter tokoh-tokoh dalam cerita. 
 Untuk menggambarkan watak seorang tokoh pengarang dapat menggunakan teknik : 
1. Penggambaran secara langsung oleh pengarang, misalnya dengan mengatakan bahwa tokoh itu baik hati, jujur, pemarah dll. 
2. Penggambaran melalui fisik dan perilaku tokoh. 
3. Penggambaran melalui lingkungan kehidupan tokoh. 
4. Penggambaran melalui tata kebahasaan tokoh. 
5. Penggambaran melalui jalan pikiran tokoh. 
6. Penggambaran oleh tokoh lain. 

 Macam-macam watak : 
1. Tokoh berwatak baik misalnya suka menolong, peyabar, dan pemaaf. 
2. Tokoh berwatak jahat misalnya suka mencuri, menghina, pemarah, dan pendendam. 
3. Tokoh berwatak baik sekaligus berwatak jahat misalnya suka menolong tapi pendendam, penyabar tapi pelit.

3. Latar 
 Latar adalah keterangan mengenai tempat, waktu, dan budaya dalam cerita. 
 Macam-macam latar : 
1. Latar tempat yaitu penggambaran tempat kejadian di dalam cerita, misalnya di Bandung, Jakarta, Bogor dsb. 2. Latar waktu yaitu penggambaran waktu kejadian di dalam cerita, misalnya pagi hari, siang hari, dahulu kala dsb. 
3. Latar budaya yaitu penggambaran budaya yang melatarbelakangi terjadinya peristiwa dalam cerita misalnya budaya masyarakat Jawa, Betawi, Sunda, Melayu dsb. 

4. Amanat 
 Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang dalam karangannya. 

5. Alur 
 Alur adalah rangkaian peristiwa dan konflik yang dijalin dan menggerakkan jalan certia melalui rumitan ke arah klimaks dan penyelesaiannya. 
 Macam-macam alur : 
1. Alur maju yaitu penceritaan rangkaian peristiwa dari peristiwa yang paling awal sampai peristiwa akhir. 
2. Alur mundur yaitu penceritaan rangkaian peristiwa dari peristiwa yang paling akhir kemudian berbalik ke peristiwa yang paling awal. 
3. Alur campuran yaitu perpaduan antara alur maju dan alur mundur di dalam suatu cerita. 

CONTOH SOAL : 
1. Dengan memberanikan diri, aku pun bertanya, "Apa Ibu kenal dengan seorang anak bernama Eric yang dulu tinggal di sana itu?" Ia menjawab, "Silakan masuk, Nyonya! Kalau Anda ibunya Eric, sungguh Anda tak punya hati!”. Ia membuka pintu tempat tinggalnya. (1)"Tolong katakan, di mana ia sekarang? Saya janji menyayanginya dan tidak akan meninggalkannya lagi!” (2)Aku berlari memeluk tubuhnya yang bergetar keras. "Nyonya, semua sudah terlambat. Sehari sebelum nyonya datang, Eric telah meninggal dunia. Jasadnya ditemukan di kolong jembatan,” jawabnya dengan suara terbata-bata. (3)”Eric... maafkan Ibu, Nak!” Aku sungguh menyesal, mengapa anakku Eric, dulu kutinggalkan. (4) Bukti latar tempat pada kutipan cerita tersebut ditandai nomor ... a . (1) 
b . (2) 
c . (3) 
d. (4) 

2. (1)"Apakah peranku bagimu, silumankah aku?" tak ada jawabmu, hanya angin berdesir di sekeliling kita. (2)Bulan pucat tak bisa menyembunyikan senyumanmu demi melihat kerutan di dahiku. (3)Biarlah menjadi rahasia alam akan apa yang kita rasakan ini. (4)Jangan lagi memaknainya, menanyakannya atau mengharapkannya esok hari. Bukti bahwa kutipan cerpen tersebut berlatar malam hari terdapat pada nomor …. 
a. (1) 
b. (2) 
c. (3) 
d. (4)

SKL 8
MENENTUKAN MASALAH DAN AMANAT DALAM DRAMA
Drama merupakan jenis atau genre karya sastra yang berbentuk percakapan. Unsur – unsur drama sebagai berikut :
1. Tema yaitu inti cerita. 
2. Amanat yaitu pesan yang ada dalam drama. 
3. Alur yaitu rangkaian peristiwa dalam drama. 
4. Perwatakan yaitu watak tiap-tiap tokoh. 
5. Konflik merupakan masalah dalam drama. 
6. Percakapan yaitu dialog para pemain. 
7. Tata artistik yaitu setting panggung. 
8. Casting yaitu pemilihan pemeran yang tepat. 
9. Akting yaitu prilaku para pemain dipanggung. 

CONTOH SOAL : 
1. Bacalah kutipan drama berikut dengan saksama : Masut : Guru, terima kasih atas ilmu yang guru berikan kepadaku. Apalah artinya diriku andai tidak ada guru. Guru : Masut, Masut! Kamu harus tahu, meskipun kita mempunyai ilmu hanya sedikit, namun tetap harus diberikan kepada orang lain.(Istri Masut masuk ke ruangan membawa teh hangat). Istri Masut : Lebih baik kalau ngobrolnya, sambil minum teh hangat (menyodorkan cangkir) Guru : Bisa saja istri kamu, Ut. Suasana yang tergambar pada drama tersebut adalah ... 
a. santai 
b. Tegang 
c. haru 
d. seram 

2. Bacalah kutipan drama berikut dengan saksama ! Brilian : Sekarang serahkan hp kalian, kami akan minta uang tebusan!!! (mendorong Dimi masuk) Dimi : Ka …ka ... kami tidak bawa hp (gugup). Brilian : Periksa kantongnya!! Timmy : Siap, bos. (memeriksa kantong) Markus : Ada gak? Ini tempat apa? (matanya melotot) Timmy : Ruang menyimpan perkakas bekas (sambil meraba kantong si anak). Ini bos, hpnya (mengeluarkan hp N.95). Markus : Tanyakan nomor hp orang tuanya! Hubungi untuk minta tebusan! Timmy : Siap, bos! Suasana kutipan drama tersebut adalah ... 
a. haru 
b.Sedih 
c. tegang 
d. Seram 

SKL 9
MENENTUKAN MAKSUD GURINDAM
Gurindam merupakan salah satu jenis puisi lama Indonesia yang berasal dari Tamil (India). Gurindam terdiri atas dua larik dan bersajak a-a. Larik pertama dan kedua saling berhubungan. Larik pertama gurindam berupa sebab atau perjanjian. Sebaliknya, larik kedua berupa jawaban atau akibat dari perjanjian larik pertama. Kata gurindam berasal dari bahasa Tamil “kirandam”. Gurindam umumnya berisi nasihat, ajaran, atau semacam kata-kata mutiara. 

CONTOH: 
Jika ilmu tiada sempurna 
Tiada berapa ia berguna 
Silang selisih jangan dicari 
Jika tersua janganlah lari berlari 
Perkataan tajam jika dilepas 
Ibarat beringin racun dan upas 

Berdasarkan contoh gurindam diatas, kita dapat menyimpulkan ciri-ciri gurindam seperti berikut :
1. Tiap bait terdiri atas dua larik. 
2. Jumlah suku kata tiap-tiap larik tidak tetap. Pada umumnya terdiri atas sepuluh sampai empat belas suku kata. 
3. Bersajak a-a. 
4. Hubungan larik pertama dan kedua membentuk hubungan sebab akibat. 
5. Pada umumnya berisi suatu kebenaran untuk memberi nasihat. 
6. Isi gurindam dapat dilihat dari larik kedua. 

CONTOH SOAL : 
1. Cermati gurindam berikut! Jika kena penyakit kikir Sanak saudara lari menyingkir Maksud isi gurindam tersebut adalah……. 
a. Keluarga orang yang berpenyakit kikir akan dikucilkan oleh tetangganya. 
b. Orang yang berpenyakit kikir harus meninggalkan keluarganya. 
c. Orang yang bersifat kikir akan dijauhi oleh sanak saudara dan kerabatnya. 
d. Bila bertemu dengan orang yang berpenyakit kikir segeralah lari menghindar. 
e. Jangan berteman dengan orang yang berketurunan kikir. 

2. Hati – hati memilih teman , 
salah salah menjadi lawan 
Berdasarkan bentuknya , puisi tersebut termasuk gurindam , sebab ..... 
a. Mempunyai sampiran dan isi 
b. Terdiri dari baris – baris dalam satu bait 
c. Memiliki hubungan sebab akibat 
d. Tidak selesai dalam satu bait 
e. Tidak diketahui pembuatnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar