Minggu, 21 Agustus 2016

Contoh Cara Menulis Iklan yang Efektif

Contoh Cara Menulis Iklan yang Efektif


JASA PEMBUATAN PTK  (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Harga Per PTK 300ribu, Kalau ambil lebih dari dua bisa kurang.

Untuk Pilihan Judul PTK Klik Disini

Atau Cek FB Kami Disini


1Tentukan di mana Anda akan memaparkan iklan Anda. Di mana Anda berencana untuk mengiklankan produk Anda? Apakah di koran? Majalah? Laman Anda? Atau mungkin, Facebook? Cara menulis sebuah iklan bisa ditentukan berdasarkan tempat di mana Anda memaparkannya. Cari tahu tentang batasan-batasan yang diberikan oleh media periklanan kepada Anda, seperti banyak kata yang diperbolehkan, besar ukuran tulisan yang akan digunakan, dan apakah Anda bisa menyisipkan gambar atau video dalam iklan tersebut. Anda dapat menggunakan gaya iklan baris yang singkat, padat, dan jelas hampir pada setiap media periklanan, tetapi, akan lebih baik jika Anda memperindah tampilan iklan yang Anda akan paparkan.
  • Jika Anda memiliki daerah untuk menulis iklan seluas sebagian atau bahkan satu halaman penuh koran lokal, Anda bisa menata tampilan iklan dengan sedemikian rupa agar terlihat bagus dan menarik di mata pembaca.
  • Tetapi, untuk iklan-iklan yang bersifat daring (dalam jaringan/online), seperti Facebook dan lain-lainnya, Anda hanya dapat menulis iklan dengan panjang kira-kira satu kalimat saja.
  • Apapun media yang Anda gunakan untuk menulis iklan, pastikan Anda menulisnya dengan singkat, padat, dan jelas. Iklan yang dipadati dengan tulisan akan membuat orang-orang malas untuk membacanya. Jadi, apa pun bentuk iklan yang akan Anda paparkan, prinsip-prinsip dasar penulisannya akan tetap sama
  • .2
  • Rancang iklan untuk target pasar Anda. Pelanggan seperti apa yang menjadi target pasar Anda? Secara ideal, iklan dibuat untuk menarik perhatian semua orang untuk membelinya, namun pada kenyataannya, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih optimal dari iklan Anda jika Anda merancang dan menata iklan tersebut untuk target pasar yang spesifik. Gunakan bahasa dan acuan yang kira-kira akan menarik perhatian para calon pembeli. Mungkin saja perancangan iklan dengan cara seperti ini dapat mengurangi ketertarikan orang-orang yang pada dasarnya tidak mengerti tentang produk yang Anda jual, namun di sisi lain Anda dapat menyentuh hati para orang-orang yang berpotensi untuk membeli produk Anda sejak awal, sehingga dengan begitu, potensi mereka untuk membeli produk Anda setelah melihat iklan tersebut akan meningkat.
    • Sebagai contoh nyata, ketika Apple mengiklankan tentang iPhone 5S yang mana fitur-fiturnya telah banyak dimiliki oleh Android pada saat itu. Tidak peduli bagaimanapun cara Apple mengiklankan fitur tersebut, pecinta Android pasti tidak akan tertarik untuk membelinya, namun di sisi lain Apple tahu, bahwa orang-orang yang berpotensi akan membeli produk tersebut akan semakin tertarik untuk membeli setelah melihat iklan yang dipaparkan.
    • Sebagai contoh lain, jika Anda menjual produk dengan anak muda sebagai target pasar Anda, katakan saja Anda menjual jenis baru permen yang membuat mulut Anda berwarna seperti pelangi, untuk kasus ini Anda alternatifkan kalimat-kalimat formal dengan kalimat yang lebih "gaul", sehingga para anak muda akan merasa bahwa iklan dan produk Anda memang dibuat untuk mereka. Dengan begitu, kemungkinan mereka untuk 
    • 3
      Gunakan kalimat utama yang menarik perhatian. Ini adalah bagian paling penting dalam iklan Anda, karena kalimat utama yang menarik akan membuat orang-orang memerhatikan iklan Anda. Jika iklan Anda tidak jelas, sulit dimengerti, atau terlihat tidak menarik jika dinilai dari segi apa pun, jangan harap orang-orang akan mau menghabiskan waktu dan tenaga mereka untuk membaca iklan Anda. Iklan yang tidak menarik cenderung membuat produk yang diiklankan juga dianggap tidak menarik oleh orang-orang, meskipun sebenarnya produk Anda sangat sempurna.
      • Orang-orang yang sedang menaiki bus, menulusuri Facebook atau membaca majalah memiliki sangat banyak hal-hal yang menarik di sekitar mereka. Bagaimana cara Anda untuk membuat mereka terpana pada produk yang Anda iklankan? Pikirkan tentang sebuah kalimat utama yang bisa membuat siapapun yang melihat iklan Anda "terhipnotis".
      • Anda bisa menggunakan kalimat utama yang mengejutkan, aneh, unik, atau bahkan memancing emosi -- inti yang harus Anda ingat adalah, apa pun kalimat yang Anda gunakan, pastikan kalimat utama tersebut dapat membuat sang pembaca antusias dan tertarik untuk membaca iklan hingga selesai. Seperti,
        • Tuliskan kalimat yang misterius: "Jangan senang dulu, bersiaplah untuk ketakutan."
        • Tuliskan sesuatu yang tidak akan dilewatkan orang-orang begitu saja: "Tiket Jakarta - Bali diskon 80%!"
        • 4
          Jangan memulai iklan dengan pertanyaan. Jika Anda bisa melontarkan pertanyaan yang sangat kreatif dan mengundang antusiasme pembaca, maka lakukanlah, Namun jangan menggunakan pertanyaan pembuka berbobot standar dan tidak kreatif seperti "Anda butuh mobil baru?" Pertanyaan standar seperti itu telah pernah dibaca oleh orang-orang ratusan atau bahkan ribuan kali, dan mereka bosan ditanyai terus-menerus. Anda harus menggali kreativitas Anda lebih dalam lagi untuk menyampaikan bahwa Anda memiliki solusi yang orang-orang butuhkan, tanpa perlu menanyakan pertanyaan yang sudah jelas jawabannya.

        • 5
          Tulis kalimat jembatan agar orang-orang terus membaca. Kalimat utama Anda harus diikuti oleh kalimat jembatan (kalimat yang menghubungkan kalimat utama dengan isi iklan Anda) yang singkat, namun mampu meninggalkan kesan produk dan perusahaan Anda dalam pikiran pembaca. Setelah Anda menuliskan kalimat utama yang misterius/mengejutkan/emosional, kalimat tersebut harus diikuti dengan sesuatu yang substantif -- jika tidak, maka kalimat utama Anda hanya akan dianggap sebagai bualan tak bermakna.[1] Use the bridge to tell the consumer what need your product can fill.
          • Ingat bahwa setiap kata sangat berarti. Kalimat jembatan yang Anda gunakan harus tidak kalah menarik dengan kalimat utama Anda. Jika tidak, maka akan terdapat kemungkinan dimana para pembaca merasa bosan sebelum selesai membaca iklan Anda hingga akhir.
          • Menuliskan keunggulan produk Anda atau solusi yang dapat ditawarkan oleh produk Anda dapat menjadi alasan orang-orang tertarik untuk terus membaca..[2] Kalimat jembatan Anda harus mencerminkan manfaat atau kegunaan produk Anda.

        • 6
          Buat orang-orang menginginkan produk Anda. Kalimat jembatan juga dapat Anda gunakan untuk membuat orang-orang menginginkan produk Anda, Anda juga berkesempatan untuk menyentuh hati para pembaca iklan dengan kalimat jembatan Anda dan membuat mereka merasa bahwa produk Anda akan menjadi solusi bagi kendala yang mereka hadapi. Memang, ini bersifat manipulatif -- namun jika Anda benar-benar menawarkan sebuah produk yang bermanfaat bagi orang-orang, apa salahnya melakukan hal-hal yang sedikit manipulatif?
          • Kata-kata bernuansa nostalgia bisa memberikan daya tarik sendiri pada iklan Anda dan menyentuh hati orang-orang yang membacanya. Misalkan, "Kami menyediakan kopi terbaik untuk Anda dengan memasaknya menggunakan arang pilihan, agar aroma khas kopi kami sejak 1875 tetap melekat."
          • Kata-kata yang berhubungan dengan kesehatan orang-orang juga bekerja dengan sangat baik, misalkan: "Untuk setiap batang rokok yang Anda bakar, Anda membakar sisa hidup Anda - Biarkan kami membantu Anda memadamkam api tersebut."
          • Jangan lupa untuk mencantumkan nama perusahaan dan produk Anda di dalam iklan.

        • 7
          Berikan informasi tentang cara mendapatkan produk Anda. Beritahukan para pembaca tentang apa yang harus mereka lakukan di akhir iklan. Dengan begitu, Anda akan mempermudah mereka untuk membeli produk Anda atau setidaknya bertanya-tanya terlebih dahulu tentang produk tersebut kepada pihak Anda.
          • Biasanya, informasi seperti ini disampaikan secara langsung, misalkan "Hubungi 555-5555 untuk informasi lebih lanjut."
          • Anda juga bisa menuliskan alamat laman Anda, sehingga orang-orang bisa mengunjunginya untuk membeli produk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar