Rabu, 11 Januari 2017

CONTOH LAPORAN PTK BAHASA INDONESIA SMP

CONTOH LAPORAN PTK BAHASA INDONESIA SMP



Harga Per PTK 300ribu, Kalau ambil lebih dari dua bisa kurang.

Untuk Pilihan Judul PTK Klik Disini



Berdasarkan pengalaman di lapangan ternyata banyak siswa kelas IX SMP Negeri ………. kurang mampu berbicara untuk mengemukakan gagasan secara sistematis, pilihan dan penggunaan kata tidak tepat, bahkan beberapa tidak berani berbicara. Upaya melatih kemampuan berbicara siswa sudah dilakukan dengan berbagai cara, tetapi belum mencapai hasil yang diharapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemanfaatan televisi dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berbicara siswa, serta menemukan cara yang tepat untuk menerapkannya dalam pembelajaran melalui prosedur perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, serta refleksi.
Untuk mengumpulkan data, pelaksanaan penelitian ini disertai dengan pengamatan, diskusi, dan evaluasi. Data hasil pengamatan dan diskusi dianalisis dengan metode analisis deskriptif, sedangkan hasil evaluasi dengan kriteria penskoran/penilaian dan ketuntasan.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pemanfaatan media televisi yang disertai cara penerapan yang tepat dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berbicara siswa kelas IX. karena pada penelitian ini diterapkan beberapa cara yaitu: 1) melakukan persiapan pembelajaran dengan menugaskan siswa menonton acara televisi yang disukainya, kemudian berlatih mengungkapkan kembali secara lisan dengan bahasanya sendiri. 2) memberi keleluasaan kepada siswa terkait teknik penyampaiannya. 3) materi pembicaraan perlu beragam agar pembelajaran tetap menarik karena informasi yang disimaknya baru dan bervariasi. 4) agar bisa berbicara lancar, selain latihan berbicara perlu menyiapkan catatan kecil yang berisi garis-garis besar yang akan dibicarakan. 5) agar siswa lebih antusias, pembelajaran perlu diselingi dengan kegiatan resiprokal yaitu dengan bertanya jawab atau memberi tanggapan. Hal ini selain dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan siswa dalam berbicara juga dapat meningkatkan kemampuan menyimaknya, mengingat dua kegiatan tersebut selalu berkaitan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar