Rabu, 20 Juli 2016

Cara Menemukan Gagasan Utama Dalam Paragraf

Cara Menemukan Gagasan Utama Dalam Paragraf 


JASA PEMBUATAN PTK  (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Harga Per PTK 300ribu, Kalau ambil lebih dari dua bisa kurang.

Untuk Pilihan Judul PTK Klik Disini

Atau Cek FB Kami Disini


 Gagasan Utama adalah pikiran utama yang terdapat dalam bacaan. Dalam setiap paragraf juga selalu memiliki gagasan utama, bisa itu di awal, akhir, atau disemua kalimat dalam paragraf.
Gagasan utama dapat berupa kalimat inti atau pokok paragraf. Gagasan utama disebut juga gagasan pokok atau kalimat utama. Dibawah ini penulis berikan informasi langkah-langkah cara menemukan gagasan utama pada paragraf.


Cara Menemukan Gagasan Utama Pada Paragraf

1. Bacalah paragraf dengan cermat!
2. Lalu cermati kalimat pertama hingga terakhir.
Apakah kalimat pertama merupakan gagasan utama atau gagasan penjelas?
Apakah kalimat kedua yang merupakan gagasan utama?
Teruslah membaca kalimat demi kalimat sampai kita menemukan gagasan utama paragraf.
Gagasan utama sebagai isi atau inti paragraf dapat terletak di awal, akhir, awal dan akhir, atau seluruh paragraf. Agar lebih memahaminya, perhatikan contoh kalimat yang menggunakan gagasan utama di bawah ini:


1. Gagasan utama pada awal paragraf
Contoh:
Ada sejumlah program yang direncanakan. Program terbesar adalah penyelenggaraan wajib belajar sembilan tahun senilai Rp17,76 triliun. Porsi program pendidikan dasar lebih banyak karena murid terbanyak yang harus dibina ada di tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Lalu, juga pemberantasan buta huruf, bantuan operasional sekolah (BOS), rehabilitasi gedung sekolah, peningkatan kualifikasi, dan kesejahteraan guru.
Gagasan utama paragraf tersebut terletak pada awal paragraf.
Paragraf ini disebut paragraf deduktif atau paragraf umum ke khusus. Paragraf ini disusun dengan mengemukakan pokok-pokok persoalan yang bersifat umum ke hal-hal yang bersifat khusus.
2. Gagasan utama pada akhir paragraf
Contoh:
Dalam Rencana Strategi Pendidikan Nasional yang disusun tahun 2005 tercantum rencana menggelar UN jenjang SD mulai 2008. Rencana tersebut relevan dengan topik yang diperdebatkan dalam forum.
Jangankan untuk UN SD yang rencananya mulai digelar tahun 2008, UN jenjang SMP/MTs dan SMA/MA/SMK juga akan dimulai pada tahun yang sama.
Gagasan utama paragraf di atas terletak pada akhir paragraf.
Paragraf ini disebut paragraf induktif atau paragraf khusus ke umum. Paragraf ini disusun dengan menguraikan rincian hal-hal yang bersifat khusus ke hal-hal yang bersifat umum.
3. Gagasan utama pada awal dan akhir paragraf
Contoh:
Hampir setiap hari media massa melaporkan soal dunia pendidikan kita yang mengenaskan. Banyak anak terancam putus sekolah. Para orang tua mengeluh tidak punya uang untuk membayar ongkos sekolah yang kini jumlahnya selangit. Padahal, tingginya biaya sekolah itu belum tentu menjamin mutu pendidikan yang kini kian terperosok peringkatnya.
Paragraf jenis ini merupakan campuran paragraf deduktif dengan paragraf induktif.
4. Gagasan utama tersirat dalam setiap kalimat
Contoh:
Roy menarik napas panjang. Menahan beban pikiran yang begitu berat. Ia mencoba tetap bersabar dengan segala perlakuan saudaranya. Di meja tamu, tampak Bram duduk dengan tenang. Tak sedikit rasa bersalah itu tampak. Sebaliknya, Roy merasa tak enak jika tidak dapat membantu saudaranya.
Pada paragraf ini gagasan utamanya tersirat dalam setiap kalimat di paragraf. Kalimat-kalimat yang membentuk paragraf tersebut mempunyai kedudukan yang sama penting. Paragraf ini berupa uraian yang bersifat deskriptif (paparan) atau naratif (cerita).
Cara menemukan gagasan utama pada paragraf mudahnya adalah selalu terletak diawal dan akhir paragraf, kecuali pada paragraf deskripsi yang kalimat gagasan utamanya bisa berada di tengah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar