Sabtu, 23 Juli 2016

Contoh Latihan Soal UN Bahasa Indonesia SMA Sedrajat

Contoh Latihan Soal UN Bahasa Indonesia SMA Sedrajat


JASA PEMBUATAN PTK  (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Harga Per PTK 300ribu, Kalau ambil lebih dari dua bisa kurang.

Untuk Pilihan Judul PTK Klik Disini

Atau Cek FB Kami Disin

Contoh soal
1.      Udara di Bogor terasa dingin. (2) Kali ini dinginnya melebihi hari-hari sebelumnya. (3) Dinginnya suhu udara di Bogor mencapai 24ºC. (4) Data tingkat suhu udara ini, terdapat di papan informasi pengukur suhu di jalan-jalan besar di kota Bogor.
Dua kalimat pendapat pada teks tersebut ditandai dengan nomor .
A. (1) dan (2) 
B. (2) dan (3)
C. (1) dan (3) 
D. (2) dan (4)
E.   (3) dan (4)
KUNCI JAWABAN : A


PEMBAHASAN :
Kalimat pendapat merupakan kalimat berisi pendapat dan bersifat subjektif yang memiliki lebih dari satu kemungkinan kebenaran sesuai data pada teks.
Kata kunci: … ”terasa” (kalimat 1) dan ”melebihi ... sebelumnya” (kalimat .2)
2.      (1) Pemkot Depok telah menertibkan 700 Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menggelar dagangannya di pinggir jalan. (2) Hal ini dinilai sebagai penyebab kemacetan. (3) Di samping itu, keberadaan PKL juga dianggap menimbulkan kesan semrawut. (4) Penertiban yang berlangsung tanggal 26 Desember itu disambut dengan senang oleh para pengguna jalan.

Dua kalimat pendapat pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)

Kunci Jawaban : 
C
Pembahasan :
Pendapat=opini adalah pikiran atau anggapan seseorang terhadap sesuatu. Orang yang satu dengan yang lain dapat berbeda pendapat bergantung pada pandangan, pendirian, atau penilaiannya.
Pada paragraf tersebut terdapat opini atau pendapat, yaitu kalimat (2) Hal ini dinilai sebagai penyebab kemacetan. (3) Di samping itu, keberadaan PKL juga dianggap menimbulkan kesan semrawut.
Kata kuncinya: dinilai dan dianggap


3.      Sulit meminta maaf dan sulit memberi maaf sesungguhnya merupakan sifat manusia pada umumnya. Namun, peluang untuk meminta maaf dan memberi maaf pastilah selalu ada. Jika setiap orang bersedia memberi maaf alangkah tenteram dan nikmatnya kehidupan di muka bumi ini. Lebih dari itu, apabila setiap orang sadar bahwa memberi maaf itu bahkan lebih mulia nilainya daripada meminta maaf.
Pendapat yang tepat sesuai paragraf di atas adalah . . . .


a. Memberi maaf dan meminta maaf merupakan sikap yang baik.
b. Meminta maaf lebih mulia daripada memberi.
c. Sulit bagi kita meminta maaf lebih dahulu.
d. Kita jangan meminta maaf jika tidak bersalah.
KUNCI JAWABAN : a
PEMBAHASAN : karena pada kalimat ”Jika setiap orang bersedia memberi maaf alangkah tenteram dan nikmatnya kehidupan di muka bumi ini .” menunjukkan bahwa Memberi maaf dan meminta maaf merupakan sikap yang baik.
 

SKL 2
Menentukan kalimat utama/ide pokok/ kalimat penjelas
Gagasan utama juga disebut gagasan pokok, atau ide pokok. Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf, maka dalam satu paragraf hanya ada satu gagasan utama. Ide pokok terdapat dalam kalimat utama. 

Sebuah paragraf tersusun atas kalimat utama dan kalimat-kalimat penjelas. Kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya terdapat ide pokok paragraf. Kalimat utama juga sering disebut sebagai  kalimat topik. Kalimat utama ini dijelaskan oleh kalimat-kalimat lain dalam paragraf tersebut, yang disebut dengan kalimat penjelas. Kalimat penjelas yaitu kalimat yang isinya  memperjelas, menguraikan, atau berupa rincian-rincian tentang kalimat utama. 



Contoh soal
4.      (1) Selama Mei 2010 ini Aremania mengumpulkan dana sumbangan. (2) Dana itu digunakan untuk membeli bahan-bahan kebutuhan hidup, seperti beras, gula, teh, kopi, mie instan, dan lain-lain. (3) Setelah itu, bahan-bahan tersebut mereka bagi-bagikan ke berbagai panti asuhan. (4) Hal itu membuktikan, Aremania adalah suporter yang memiliki kepedulian sosial.
Gagasan utama paragraf diatas adalah . . .
A.    (1)
B.     (3)
C.     (2)
D.    (4)
E.     (1) dan (4)
KUNCI JAWABAN : D
PEMBAHASAN :
Gagasan utamanya adalah Aremania adalah suporter yang memiliki kepedulian sosial (4) karena kalimat ini diperjelas oleh kalimat-kalimat yang lain. Kalimat 1, 2, dan 3 adalah gagasan penjelas karena isinya memperjelas gagasan kalimat 4.

5.      Musim kompetisi 2006/2007 belum juga berakhir, tetapi Inter Milan sudah mendapatkan pemain baru. Adalah Ederson Honorato yang berhasil didatangkan juara Liga Italia musim lalu itu. Sebelumnya, penyerang asal Brasil itu memperkuat Nice. Ederson yang berusia 21 tahun itu bergabung dengan Nice dua musim lalu. Saat itu, Inter Milan sebenarnya sudah berniat membawanya ke Stadion San Siro, namun Nice lebih menjadi pilihan Ederson. Kalimat utama paragraf tersebut adalah ...
A. Musim kompetisi 2006/2007 belum juga berakhir, tetapi Inter Milan sudah mendapatkan pemain baru.
B. Ederson Honorato sebelumnya memperkuat Nice, berhasil didatangkan juara Liga lalu.
C. Ederson Honorato yang berusia 21 tahun itu bergabung dengan Nice dua musim lalu.
D. Inter Milan sebenarnya sudah berniat membawanya ke Stadion San Siro namun Nice lebih menjadi pilihan Ederson.
E. Inter Milan sebenarnya sudah berniat merekrut Ederson Honorato, tetapi baru tahun ini tercapai.
KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN : Karena kalimat kedua dan seterusnya merupakan kalimat penjelas.



SKL 3
Menentukan isi dan simpulan grafik/tabel
Tabel adalah daftar yang berisi ikhtisar sejumlah data informasi yang berupa kata-kata dan bilangan yang tersusun secara bersistem. Informasi pada tabel di tulis urut kebawah di deret tertentu dengan garis pembatas sehingga mudah dipahami. Tabel menyajikan data yang dapat diklasifikasikan secara sistematik dalam jumlah menurut kesatuan tertentu.
Grafik merupakan visualisasi tabel. Tabel yang berupa angka-angka dapat disajikan dalam bentuk gambar yang di sebut grafik.
Kesimpulan/Simpulan merupakan ikhtisar atau pendapat terakhir berdasarkan uraian sebelumnya.

6.      Cermatilah grafik berikut!
Simpulan isi grafik tersebut yang tepat adalah …
a. Koperasi Siswa SMP Kartika tahun 2006 mengalami kenaikan.
b. Perkembangan koperasi SMP Kartika setiap tahun meningkat.
c. Koperasi siswa SMP Kartika mengalami kenaikan dari tahun 2002 s.d. 2003.
d. Koperasi siswa SMP Kartika mengalami kenaikan drastis pada tahun 2007.
e. Koperasi siswa SMP Kartika mengalami penurunan pada tahun 2003-2005.
KUNCI JAWABAN : D
PEMBAHASAN :
Mengalami kenaikan 300 ribu dari 300-600
7.      Soal 5: Perhatikan tabel berikut

Informasi yang sesuai dengan tabel tersebut adalah…
A. Jumlah pasien rawat jalan selalu meningkat setiap tahun.
B. Jumlah pasien rawat jalan dan rawat inap cenderung meningkat.
C. Setiap tahun jumlah pasien rawat inap cenderung menurun.
D. Pasien rawat inap mendapat pelayanan yang baik
KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN : karena pilihan A,B dan D tidak sesuai dengan tabel pada soal.

SKL 4
Menentukan persamaan topik/perbedaan aspek pembahasan dari dua artikel
Contoh soal
Arikel 1
Indonesia punya menu ayam goreng yang rasanya sangat lezat. Yaitu, ayam goreng Kalasan. Ayam goreng Kalasan ini rasanya sangat gurih. Ada bumbu kriuk yang selalu setia menemani ayam goreng kampung ini. Salah satu perbedaan yang paling penting ayam goreng Kalasan menggunakan ayam kampung. Ayam Kalasan ini dimasak dengan aneka rempah khas Indonesia. Pasti lebih sehat karena tanpa penyedap rasa yang berlebihan.

Arikel 2
Rendang adalah masakan tradisional bersantan dengan daging sapi sebagai bahan utamanya. Masakaan khas dari Sumatera Barat ini sangat digemari semua kalangan. Tidak saja masyarakat Indonesia bahkan luar negeri pun menggemarinya. Selain daging sapi, rendang juga menggunakan kelapa. Rendang menggunakan bumbu khas Indonesia. Bumbu tersebut yaitu cabai, lengkuas, serai, bawang dan aneka bumbu lain
8.      Persamaan ide kedua artikel tersebut adalah ... (prediksi soal un bahasa indonesia 2012) (http://mgmpbisumbar.blogspot.com/2011/12/prediksi-soal-un-bahasa-indonesia-2012.html)
A. Masakan Indonesia yang digemari  masyarakat luar negeri
B. Masakan yang tidak menggunakan penyedap rasa.
C. Masakan-masakan khas Indonesia
D. Wisata kuliner Indonesia
Kunci jawaban : C
Pembahasan : karena kedua artikel membahas tentang masakan khas Indonesia.




 Bacalah dua kutipan teks berita dibawah ini!
Kutipan Berita Teks 1
Direktorat Jendral Pemasyarakatan, Kementrian Hukum dan HAM terus mengkaji penghapusan remisi (potongan tahanan) bagi para terpidana koruptor. Diharapkan dalam waktu dekat sudah dapat diselesaikan pengkajiannya.
Kutipan Teks Berita 2
Ketua Mahkamah Agung (MA), Harifin Andi Tumpa, menilai penghapusan remisi terhadap narapidana koruptor tidak tepat karena setiap narapidana berhak mendapatkan remisi sesuai undang-undang yang mengatur remisi.Penjelasan tersebut dilontarkan di Gedung MA pada hari Selasa.
9.      Perbedaan penyajian teks berita tersebut adalah . . . .
 Teks Berita 1
Teks Berita 2
A.     
Siapa, apa, kapan
Siapa, mengapa, dimana, kapan
B.     
Siapa, bagaimana, kapan
Siapa, mengapa, dimana, kapan
C.     
Apa, siapa, kapan
Apa, mengapa, kapan, dimana
D.     
Apa, mengapa, dimana
Apa, siapa, kapan, dimana
Jawaban : A

Pembahasan : Karena sesuai dengan urutan ilustrasi, yaitu :
Teks berita 1
·         Siapa : Direktorat Jendral Pemasyarakatan, Kementrian Hukum dan HAM
·         Apa : terus mengkaji penghapusan remisi (potongan tahanan) bagi para terpidana koruptor
·         Kapan : dalam waktu dekat
Teks berita 2
·         Siapa : Ketua Mahkamah Agung (MA), Harifin Andi Tumpa
·         Mengapa : karena setiap narapidana berhak mendapatkan remisi seseuai undang-undang yang mengatur remisi
·         Dimana : Gedung MA
·         Kapan : pada hari Selasa


SKL 5
Menentukan isi / keteladanan / keistimewaan dalam teks biografi tokoh
Biografi adalah tulisan tentang perjalanan hidup tokoh-tokoh terkenal. Selain biografi, kita juga mengenal istilah Otobiografi. Keduanya sama saja, merupakan tulisan tentang perjalanan hidup seseorang. Perbedaannya adalah: Biografi ditulis oleh orang lain sedangkan Otobiografi ditulis oleh yang bersangkutan (maksudnya, kisah hidup tersebut ditulis oleh si tokoh itu sendiri).
Dalam materi (KD) menentukan hal-hal yang dapat diteladani dari kutipan teks biografi, kalian akan belajar dari tokoh mengenai hal-hal yang patut diteladani dan menyimpulkan keunggulan tokoh tersebut.
Selain kegiatan pembelajaran menentukan hal-hal yang dapat diteladani dari kutipan buku biografi (yang dibaca) ini, kalian juga akan melakukan kegiatan berbicara yaitu menceritakan tokoh idola.

Contoh soal :
Bacalah teks berikut dengan saksama!
Wage Rundolf Supratman lahir pada tanggal 9 Maret 1903 di Sumogari. Supratman sangat pandai bermain sandiwaradan mahir bermain alat musik. Setiap waktu luang, ia memanfaatkan untuk bermain musik terutama biola.
Keberaniannya mengutarakan pendapat membuat ia di angkat menjadi pembantu surat kabar Kaoum Moeda di Bandung. Meskipun gaji yang diperolehnya kecil, ia puas karena ia dapat mengutarakan pendapat serta pikiran dalam tulisan-tulisannya. W.R. Supratman menulis dan mengubah lagu-lagu perjuangan untuk mengabarkan semangat nasionalisme dan rasa cinta tanah air.Ia dikenal sebagai pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya.
Pada saat ia diminta mendengarkan lagu Indonesia Raya, dan semua hadirin berdiri khidmat, hal itulah yang tak terlupakan bagi dirinya. Ia bekerja tanpa pamrih. Dalam hidupnya, ia lebih suka memberi dari pada menerima.

10. Hal yang dapat diteladani dari tokoh tersebut adalah . . . .
A.     Menjadi pembantu surat kabar
B.   Mendengarkan lagu-lagu
C.     Suka memberi daripada menerima
D.     Mempunyai pengalaman tak terlupakan
Jawaban : C
Pembahasan : Karena hal yang dapat diteladani dari tokoh Ki Hajar Dewantara adalah dia suka memberi dari pada menerima.
Bacalah dengan seksama biografi berikut!
Subagio Sastrowardoyo
Subagio Sastrowardoyo adalah seorang penyair terkemuka Indonesia. Sajak dan Kumpulan sajaknya beberapa kali mendapat penghargaan. Tahun 1966 dan 1967, sajaknya yang berjudul ”Dan Kematian Makin Akrab” merupakan pemenang hadiah majalah Horison. Tahun 1971, Subagio menerima Anugerh Seni untuk sajaknya ”Daerah Perbatasan” ( 1970 ). Tahun 1991, Subgio menerima Hadiah Sastra ASEAN untuk kumpulan sajaknya Simfoni Dua ( 1990 ).
Dalam buku Sastra Indonesia Modern II ( 1957 – 1989 ), Prof. Dr.Teeuw mengatakan , ”Subagio adalah cendikiawan yang bacaannya sangat luas seperti tercermin dalam sajak-sajaknya dan juga dari tulisan-tulisan kritiknya.” Bahkan, lebih lanjut ahli satra itu menyatakan, ” Di antara semua penyair Indonesia modern, memang dialah yang paling menarik bagi saya”.


11.   Hal yang perlu diteladani dari tokoh Subagio Sastrowardoyo adalah . . . .

A. Subagio Sastrowardoyo adalah seorang penyair terkemuka Indonesia.

B. Sajak dan kumpulan sajaknya beberapa kali mendapat penghargaan.

C. Lewat karyanya, ia mengharumkan nama bangsa dan negara.

D. Subagio adalah cendekiawan yang bacaannya sangat luas.

E.    Subagio sangat disegani di kalangan sastrawan.

Kunci Jawaban : C
Pembahasan : subagio satrawardoyo dalam kutipan biografi banyak mendapatkan banyak penghargaan yang mengharumkan nama bangsa.

Contoh Latihan Soal UN Bahasa Indonesia SMA Dan SMK Plus Pembahasan

SKL 6
Menentukan masalah / tujuan penulis / opini penulis / keberpihakan dalam teks editorial
Teks editorial atau tajuk rencana adalah artikel pokok dalam surat kabar yang merupakan pandangan redaksi terhadap peristiwa yang sedang menjadi pembicaraan pada saat surat kabar itu diterbitkan. Dalam tajuk rencana biasanya diungkapkan adanya informasi atau masalah aktual, penegasan pentingnya masalah, opini redaksi tentang masalah tersebut, kritik dan saran atas permasalahan, dan harapan redaksi akan peran serta pembaca.
SIFAT TAJUK RENCANA :
1.      Krusial dan ditulis secaea berkala.
2.      Isinya menyikapi situasi nyang berkembang di masyarakat.
3.      Memiliki karakter atau konsistensi yang teratur kepada pembacanya.
4.      Terkait erat dengan policy media atau kebijakan media yang bersangkutan.
Contoh Soal :
Bacalah kutipan tajuk rencana berikut!
(1) Kita pertanyakan keseriusan pemerintah menyediakan infrastruktur dan sarana transportasi publik, khususnya angkutan darat. (2) Sampai kini, belum terlihat upaya signifikan ke arah itu. (3) Bahkan, kita melihat kemacetan parah setiap saat di kota-kota besar, khususnya di Jakarta. (4) Kegagalan pemerintah di sektor transportasi publik itulah pemicu konsumsi BBM semakin melonjak. (5) Buktinya, sektor transportasi darat menyedot 90 persen BBM bersubsidi, mobil pribadi mengonsumsi 53 persen dan sepeda motor 40 persen. (6) Menggunakan kendaraan pribadi walau ongkos mahal menjadi pilihan efektif ketika solusi alternatif bagi masyarakat tidak tersedia. (7) Kita ingatkan, jangan sampai pemerintah ingin menghemat anggaran subsidi demi APBN lantas masyarakat berkorban berkali-kali lipat karena kehilangan kesempatan peningkatan produktivitas, akibat kelangkaan BBM yang merugi, melainkan secara umum pertumbuhan ekonomi pun terhambat.

12.  Masalah dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah ...
A. Pemerintah tidak serius dalam menyediakan infrastruktur dan sarana transportasi publik.
B. Kegagalan pemerintah di sektor transportasi publik memicu konsumsi BBM semakin melonjak.
C. Kemacetan lalu lintas parah terlihat pada setiap saat di kota-kota besar, khususnya di Jakarta.
D. Pemerintah ingin menghemat anggaran subsidi APBN, tetapi dalam kenyataannya malah sebaliknya.
 E. Pertumbuhan ekonomi terhambat dan terjadi kelangkaan BBM karena pemerintah menaikkan harga BBM.
Kunci Jawaban : A
Pembahasan : karena berbagai masalah dalam tajuk rencana di atas disebabkan oleh ketidakseriusan pemerintah dalam menyediakan transportasi publik.

13.   Opini penulis dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1) dan (2)

B. (2) dan (4)

C. (3) dan (4)

D. (5) dan (6)

E.    (6) dan (7)

Kunci Jawaban : E
Pembahasan : kalimat keenam dan ketujuh merupakan hasil pemikiran penulis.



SKL 7
Menentukan kalimat simpulan paragraf deduktif/induktif
Simpulan adalah hasil dari menyimpulkan (kesimpulan).
Kesimpulan adalah ikhtisar, pendapat terakhir yang berdasarkan pada uraian sebelumnya, dan keputusan yang diperoleh berdasarkan metode berpikir induktif atau deduktif. (Sumber: KBBI).

Metode Analisis:

         1          
         2          
         3          
         4          
         5          

Keterangan:
Pada bagan di atas, sebuah paragraf diibaratkan terdiri dari lima kalimat. Untuk menemukan simpulan dan isi paragraf tersebut, perhatikan langkah-langkah berikut ini:
1. Fokuskan perhatian kita pada kalimat terakhir (no.5), jika kalimat terakhir tersebut 
    mencakup keseluruhan ide pada paragraf tersebut, maka kalimat terakhir tersebut 
Simpulan
2. Jika, pada kalimat terakhir tidak mencerminkan ide yang mencakup seluruh gagasan 
    dari paragraf tersebut, maka pengambilan kesimpulan dilakukan dengan menggunakan 
    kata-kata kunci yang tersebar pada seluruh paragraf tersebut. Simpulan juga dapat
    diketahui dengan menggunakan pertanyaan, Apa yang dibicarakan di dalam paragraf 
    tersebut. 

Contoh soal :

3.      Bacalah kutipan teks berikut!

Sebuah Negara perlu diatur dengan sistem pemerintahan yang dianggap bisa mengatasi dan mengayomi masyarakat.Salah satu sistem pemerintahan tersebut adalah demokrasi.Bagi Negara yang masyarakatnya berpendidikan cukup, sistem demokrasi bisa memajukan Negara.Namun, bagi Negara yang masih perlu pendidikan, demokrasi adalah suatu bencana.

14. Simpulan paragraf tersebut adalah . . . .

A.     Sistem pemerintahan bisa mengayomi masyarakat
B.     Sistem pemerintahan adalah demokrasi
C.     Sistem demokrasi memiliki kelemahan dan kelebihan
D.     Sistem demokrasi bisa memajukan negara

Jawaban : C
embahasan : karena dalam kutipan di atas sistem demokrasi ditentukan oleh suatu negara itu.
Karena disimpulkan dari fakta kalimat 2, 3, dan 4
Bacalah kutipan paragraf berikut!
Puluhan hektare tanaman padi yang telah menguning habis dilalap banjir. Puluhan ribu tanaman cabe yang mulai dipetik petani tidak bisa juga terhindar dari ancaman bencana ini, meski area tanaman sedikit lebih tinggi daripada tanaman padi. Bahkan, tanaman sayuran yang berada di lahan satu meter lebih tinggi dan tinggal beberapa hari lagi siap dipanen, juga tergenang air akibat banjir.

15. Simpulan secara generalisasi yang sesuai dengan paragraf di atas adalah . . . .
A. Banjir kali ini telah memusnahkan tanaman yang siap dipanen.
B. Semua tanaman milik petani tak ada yang tersisa akibat banjir.
C. Puluhan hektare lahan pertanian tergenang air akibat banjir.
D. Lahan pertanian menjadi korban utama dari bencana bnjir.
E. Tak terhitung kerugian yang diderita petani akibat bencana banjir
Kunci Jawaban : A
Pembahasan : tanaman petani yang berada di lahan tinggi dan tinggal beberapa hari lagi siap dipanen tergenang air akibat banjir.


SKL 8
Melengkapi berbagai jenis paragraf (deskripsi/eksposisi/argumentasi/persuasi/silogisme/analogi/generalisasi) dengan kalimat yang tepat
Untuk dapat melengkapi berbagai jenis paragraf, sebelumnya anda ketahui terlebih dahulu pengertiannya.
Pengertian  paragraf deskripsi, eksposisi, argumentasi, persuasi, silogisme, analogi, generalisasi adalah sebagia berikut :
a. Deskrisi
Paragraf deskripsi adalah paragraf yang bertujuan memberikan kesan kepada pembaca terhadap objek, gagasan, tempat, dan peristiwa. Paragraf ini membuat pembaca seolah-olah melihat, mendengar, merasakan atau terlibat lansung dalam peristiwa yang diuraikan penulis.
b. Eksposisi
Paragraf eksposisi adalah paragraf yang menyampaikan informasi dengan memaparkan, menjelaskan, mengajarkan dan menerangkan sesuatu tanpa disertai ajakan agar pembaca menerima atau mengikutinya.
c. Argumentasi
Paragraf argumentasi bertujuan menyampaikan suatu pendapat, konsepsi atau opini kepada pembaca. Untuk meyakinkan pembaca, penulis menyertakan bukti, contoh dan berbagai alasan yang sulit dibantah.
d. Persuasi
Paragraf persuasi merupakan kelanjutan dari paragraf argumentasi. Paragraf ini mula-mula memaparkan gagasan dengan alasan, bukti atau contoh untuk meyakinkan pembaca. Kemudian diikuti dengan ajakan, bujukan, rayuan, imbauan, atau saran kepada pembaca.
e.  Silogisme
Silogisme adalah suatu argumen yang bersifat deduktif yang mengandung tiga proporsi kategori yakni dua premis dan satu kesimpulan.
f. Generalisasi
Generalisasi ialah proses penalaran berdasarkan pengamatan atas sejumlah gejaladengan sifat-sifat tertentu untuk menarik kesimpulan umum.
g. Analogi
Analogi ialah sebuah proses penalaran yang bertolak dari dua peristiwa khusus yang mirip satu sama lain, kemudian menyimpulkan bahwa apa yang berlaku untuk satu hal akan berlaku pula untuk satu hal yang lain.
Bacalah kutipan paragraf berikut!
Jadi, Saudara-saudara, beribadahlah secara benar. Jauhilah perbuatan yang dilarang Allah agar kita sama semua selalu berupaya untuk tidak melakukan perbuatan dosa kepada Allah dan orang lain.
. . . . Bukankah melakukan ibadah itu sebenarnya untuk mencegah orang melakukan perbuatan keji dan mungkar ?

16. Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah . . . .

A. Marilah kita beribadah dengan sekuat tenaga agar masa depan cerah.
B. Marilah kita menjauhi perbutan yang tidak benar dan tidak terpuji.
C. Marilah kita saling membantu, menyayangi, dan menghormati.
D. Marilah kita merenungkan perbuatan baik yang telah kita lakukan.
E. Marilah kita membersihkan harta dan pikiran yang kotor.
Kunci Jawaban : A
Pembahasan : karena pilihan A lebih tepat dari pilihan yang lain.
Cermatilah paragraf berikut!
Lembah Harau, di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatra Barat merupakan jurang yang besar dengan diameter mencapai 400 meter. Di Harau ini banyak keindahan yang memukau. Tebing-tebing granit menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembah. ... Dari mulai memasuki Lembah Harau, pengunjung sudah menikmati tebing-tebing granit ini.


17. Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah ....
A. Tebing-tebing granit yang terjal ini mempunyai ketinggian 80-300 meter.
B. Sebagian pemanjat tebing dunia telah mengunjungi tempat ini untuk dipanjatnya.
C. Banyak orang membandingkan Lembah Harau yang indah dengan “Grand Canyon”.
D. Pengunjung menikmati keindahan alamnya dalam udara yang sangat segar dan bersih.
E. Tebing granit di Lembah Harau sudah lama menjadi daya tarik wisata Provinsi Sumatra Barat.
Jawaban: A
Pembahasan :
Contoh kalimat deskriptif, “Tebing-tebing yang terjal ini mempunyai ketinggian 80-300 meter (kata-kata bergaris bawah merupakan kata sifat).

SKL 9
Melengkapi teks dialog
Percakapan atau dialog dapat terjadi di mana saja, misalnya di kelas, di rumah, atau di kantin. Percakapan adalah tanya jawab yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Percakapan umumnya dilakukan secara langsung. Namun, ada juga percakapan yang dilakukan melalui telepon atau alat lainnya. Dalam sebuah percakapan pasti ada hal yang dibicarakan. Hal yang dibicarakan dalam percakapan dapat berupa pekerjaan rumah, hobi, film dan sebagainya.

Sebelum melengkapi teks percakapan yang belum selesai, kita harus membaca percakapan tersebut, kemudian memahami isinya. Cara memahami isi percakapan dapat dilakukan dengan melihat kalimat-kalimatnya. Kalimat sebelum dan sesudahnya itu yang menjadi kunci. Langkah-langkah untuk membuat percakapan adalah sebagai berikut:

1.    Menentukan masalah yang akan dipercakapkan.
2.    Menentukan pihak-pihak yang bercakap-cakap, seperti usia dan jenis kelamin.
3.    Menentukan situasi dan kondisi percakapan, misalnya resmi atau tidak resmi
4.    Menggunakan kata yang tepat.

Perhatikan dialog berikut!
Dony : “Bagaimana realisasi majalah dinding di sekolah kita?”
Jerry : “Cukup baik dan sudah mengikuti imbauan kepala sekolah.”
Dony : “Pengertian baik yang Anda maksudkan ditinjau dari segi apa?”
Jerry : ...


18. Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah ...
A. Baik dari diri saya sendiri maupun dari berbagai pihak
B. Dari segi kertas, penampilan, dan kelengkapan isinya.
C. Baik menurut pendapat orang-orang di sekitar sekolah.
D. Baik dari segi biaya dan waktu.
E. Segi kesiapan, kenyamanan dan lain sebagainya
Kunci Jawaban : A

Pembahasan : karena pada dialog kedua terdapat masukkan dari pihak lain.
(soal uan 2013)
Menurut kami adalah E karena “segi” = “sisi” jadi realisasi tersebut dikatakan cukup baik karena dari segi kertasnya sesuai, penampilannya cukup bagus dan isinya sudah cukup lengkap.
Bacalah dialog berikut dengan saksama!
Rudi : "Tugas kita sebagai pelajar, ya, belajar dan belajar."
Irma : "Itu benar! Tapi untuk mencapai ke majuan di bidang IPTEK dan eko nomi sekarang ini susah, kalau hanya dengan belajar saja."
Rudi : "Lalu apalagi yang harus kita perbuat?"
Irma : " Ya, aku sendiri tidak tahu! Masalahnya kita belum mampu keluar dari lingkaran kemiskinan."
Rudi : "Ia ya! Bagai membandarkan air ke
gunung. Untuk mencapai kemajuan seperti di beberapa negara tetangga."
Dedi : "Malah mungkin .... bagi kita saat ini."
19. Peribahasa yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah ....

(A) bagai bergantung di akar lapuk

(B) seperti mentimun dengan durian

(C) bagai air di daun talas

(D) bagai bumi dengan langit

(E) bagai mengakkan benang basah

Kunci Jawaban : A
Pembahasan : karena kesimpulan yang didapat dari dialog di atas bahwa untuk mencapai kemajuan iptek dan ekonomi tidak harus selalu belajar.

Menurut kami jawabannya adalah E karena untuk mencapai kemajuan iptek harus berjuang tanpa kenal lelah dan tidak putus asa, seperti halnya menegakkan benang yang basah karena untuk menegakkan benang basah perlu kerja keras, perjuangan dan kesabaran.
SKL 10
Menyusun paragraf padu
Paragraf dinyatakan padu jika dibangun dengan kalimat – kalimat yang berhubungan logis. Hubungan pikiran – pikiran yang ada dalam paragraf menghasilkan kejelasan struktur dan makna paragraf. Hubungan kalimat tersebut menghasilkan paragraf menjadi satu padu, utuh, dan, kompak. Kepaduan ini dapat dibangun melalui repetisi ( pengulangan ) kata kunci atau sinonim, kata ganti, kata transisi, dan bentuk parallel.
Paragraf dinyatakan padu jika dibangun dengan kalimat – kalimat yang berhubungan logis. Hubungan pikiran – pikiran yang ada dalam paragraf menghasilkan kejelasan struktur dan makna paragraf. Hubungan kalimat tersebut menghasilkan paragraf menjadi satu padu, utuh, dan, kompak. Kepaduan ini dapat dibangun melalui repetisi ( pengulangan ) kata kunci atau sinonim, kata ganti, kata transisi, dan bentuk parallel.
Contoh soal :

Cermati urutan kalimat berikut!
(1) Pemilik kos harus bertindak tegas kepada mereka yang terlibat sebagai pengedar atau pengguna narkoba yaitu mempersilakan meninggalkan tempat kos.
(2) Masalah narkoba di kota besar tidak terlepas dari peran pemilik kos.
(3) Di samping itu, mereka juga dapat terlepas dari hal-hal negatif yang menyesatkan.
(4) Aturan tersebut diambil agar para pelajar dan mahasiswa dapat konsentrasi dalam belajar.
(5) Sudah selayaknya jika para pemilik kos membuat aturan bahwa penghuni kosnya harus bebas narkoba dan obat-obatan terlarang.


20. Agar menjadi paragraf yang padu, kalimat-kalimat tersebut harus disusun dengan urutan .... (soal uan 2013)
A. (2), (1), (3), (5), dan (4)
B. (2), (1), (4), (3), dan (5)
C. (2), (1), (5), (4), dan (3)
D. (4), (2), (1), (5), dan (3)
E. (4), (3), (1), (2), dan (4)
Jawaban : B
Pembahasan : karena pilhan A,C,D dan E tidak tepat.
Menurut kami jawabannya adalah C karena urutanya adalah 2 (peran pemilik kos), 1 (pemilik kos harus bertindak tegas), 5 (pemilik kos harus membuat aturan), 4 (alasan perlunya aturan), dan 3 ( dampak positif aturan tersebut)
Cermatilah kalimat-kalimat berikut!

(1) Pengairan selanjutnya dikurangi, terutama pada rase penuaan rimpang, karena tanah yang terlalu basah (menggenang) dapat menyebabkan buruknya rimpang jahe.

(2) Mula-mula air disalurkan melalui saluran pemasukan, kemudia dibiarkan meng-genangi petakan atau bedengan hingga tanah cukup basah.

(3) Selanjutnya, air segera dialirkan melalui saluran pembuangan.

(4) Pengairan harus dilakukan secara kontinu 3 - 5 hari sekali atau bergantung pada keadaan cuaca dan kelembaban tanah.

(5) Pengairan dilakukan dengan cara di-genangi 15 menit atau lebih sehingga tanah cukup basah.
21. Kalimat-kalimat tersebut dapat dijadikan paragraf yang padu dengan urutan ....

(A) (1), (3), (2), (5), dan (4)

(B) (2), (1), (5), (4), dan (3)

(C) (3), (1), (5), (2), dan (4)

(D) (4), (5), (1), (2), dan (3)

(E) (4), (1), (5), (2), dan (3)

Jawaban : B
Pembahasan : karena pilihan B lebih tepat dari pilihan lain.


SKL 11
Menulis dan memperbaiki kalimat dalam surat lamaran pekerjaan
Surat lamaran pekerjaan adalah surat permohonan yang ditulis oleh seorang pencari (pelamar) kerja yang dikirimkan kepada instansi  atau perusahaan guna mendapat pekerjaan sesuai lowongan pekerjaan yang ditawarkan. Surat lamaran pekerjaan termasuk surat resmi sehingga bahasa yang digunakan adalah bahasa indonesia yang resmi atau formal.

1.        Struktur surat lamaran pekerjaan
1). Tanggal surat
Nama tempat/kota diawali dengan huruf kapital, diberi tanda koma (,) sebelum tanggal. Tanggal ditulis dengan angka; bulan ditulis dengan huruf lengkapyang diawali huruf kapital; tahun tidak disingkat; tidak diakhiri tanda titik. Perhatikan contoh !
Jakarta, 20 Oktober 2013

2). Lampiran
Kata lampiran diawali dengan huruf kapital, diakhiri tanda titik dua (:), isi lampiran hanya huruf awal kata pertama yang ditulis kapital, tidak diakhiri tanda titik. Perhatikan contoh !
Lampiran : Satu berkas 

3). Perihal
Kata perihal diawali dengan huruf kapital, diakhiri tanda titik dua(:), isi perihal diawali dengan huruf kapital hanya pada kata pertama, tidak diakhiri tanda titik , dan tidak digarisbawahi. Perhatikan contoh !

Perihal : Lamaran pekerjaan
4). Alamat penerima surat
Alamat surat dianjurkan tidak memakai kata kepada, yang terhormat disingkat menjadi Yth., diikuti alamat lengkap, dan tidak diakhiri dengan titik. Perhatikan contoh !
Yth. Pemasang Iklan pada Harian Kompas
PO Box 2501 JKTM
Jakarta

5). Salam pembuka
Salam pembuka yang lazim dipakai adalah dengan hormat dan diakhiri tanda koma.
Perhatikan contoh !
Dengan hormat,

6). Isi
a). Kalimat pembuka
 Berdasarkan iklan yang dimuat pada harian................................
b). Rincian identitas pelamar
.......................................................... saya yang bertanda tangan dibawah ini:
nama                     :  Susmana
tempat/tgl. lahir    :Yogyakarta, 22 Juni 1978
alamat                   :Jalan Kramat V/58
pendidikan           : Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu                              Pendidikan, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta
.......................................................... saya yang bertanda tangan dibawah ini:
c). Bagian penutup
Demikian surat lamaran ini saya sampaikan dengan harapan Bapak berkenan mempertimbangkannya. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.

7). Salam penutup
Salam penutup yang lazim dipakai adalah hormat saya, diakhiri tanda koma.
Perhatikan contoh !
Hormat saya,

8). Nama peserta dan tanda tangan
Susmana

2.        Isi surat lamaran pekerjaan
Bagian isi surat lamaran pekerjaan harus mengandung keinginan yang kuat si Pelamar untuk menjadi pekerja atau karyawan pada suatu instansi/lembaga. Isi surat haruslah sesuai dengan pokok surat/perihal surat.
Contoh soal :
Bacalah iklan berikut dengan saksama!
Perusahaan Farmasi Nasional yang sedang berkembang pesat membuka peluang karier bagi Sdr./Sdri. yang berdedikasi tinggi, ber-penampilan menarik, mau bekerja keras. Dengan persyaratan sebagai berikut
1. Pendidikan S1, D3, SMF SMA IPA dengan nilai

2. Matematika minimal 6.

3. Usia maksimal 27 tahun.

4. Memiliki sepeda motor, SIM C

5. Bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia.

Segera kirimkan surat lamaran lengkap (CV. pasfoto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 (2 lbr), fotokopi STNK, SIM C, KTP, dan Ijazah) ke PO.BOX 4080/JKT 10040
Kompas, 20 Mei 2006



22. Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat berdasarkan iklan tersebut adalah .... 
(A) Sehubungan dengan iklan yang dimuat pada harian Kompas, maka saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai....

(B) Sesuai dengan pendidikan dan kualifikasi saya, maka dengan ini saya bermaksud mengisi lowongan di harian Kompas.

(C) Sehubungan dengan iklan yang dimuat di harian Kompas, 20 Mei 2006, saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai....

(D) Melalui surat ini, saya mengajukan lamaran pekerjaan sesuai iklan di harian Kompas sebagai....

(E) Memenuhi iklan di harian Kompas, 20 Mei 2006, saya melamar sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.
Kunci Jawaban : C
Pembahasan : pilihan C lebih tepat ” Sehubungan dengan iklan yang dimuat di harian Kompas, 20 Mei 2006, saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai.”

Cermatilah kutipan surat lamaran berikut!
.... dengan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi lowongan tersebut. Adapun identitas diri saya ....
23. Pembagian identitas yang tepat untuk melengkapi surat lamaran tersebut adalah ....

(A). Nama : Riana
Tempat, tanggal lahir : Bengkulu, 5 April 1986
Alamat : Jalan Bhakti Husada 10, Bengkulu

(B) Nama : Riana
Tempat, tanggal lahir : Bengkulu, 5 - 4 - 1986
Alamat : Jalan Bhakti Husada 10
Bengkulu

(C) nama : Riana
tempat, tanggal lahir : Bengkulu/5 April 1986
alamat : Jl. Bhakti Husada 10
Bengkulu

(D) nama : RIANA
tempat, tanggal lahir : BENGKULU, 05 04 1986
alamat : Jalan Bhakti Husada 10
Bengkulu

(E) nama : Riana
tempat, tanggal lahir : Bengkulu, 5 April 1986
alamat : Jalan Bhakti Husada10, Bengkulu
Kunci Jawaban : E
Pembahasan : Karena memenuhi kaidah dalam pembuatan surat lamaran

SKL 12
Melengkapi teks pidato dengan kalimat persuasif
Kalimat Persuasi adalah jenis paragraf yang mengungkapkan ide, gagasan, atau pendapat penulisdengan disertai dengan bukti dan fakta (benar-benar terjadi). Tujuannya adalah agar pembaca yakin bahwa ide, gagasan, atau pendapattersebut adalah benar dan terbukti dan juga melaksanakan apayang menjadi ajakan dari ide tersebut. Paragraf persuasi memang memiliki banyak kesamaandengan paragrafargumentasi, bedanya paragraf persuasi lebih cenderung menjadi sebuah ajakan.

Ciri-ciri paragraf persuasi :
1.      Persuasi berasal dari pendirian bahwa pikiran manusia dapat diubah.
2.      Harus menimbulkan kepercayaan para pembacanya.
3.      Persuasi harus dapat menciptakan kesepakatan atau penyesuaian melalui
kepercayaan antara penulis dengan pembaca.
4.      Persuasi sedapat mungkin menghindari konflik agar kepercayaan tidak hilang dan supaya kesepakatan pendapatnya tercapai.
5.      Persuasi memerlukan fakta dan data.
Pendekatan Kalimat Persuasi
Pendekatan yang dipakai dalam persuasi adalah pendekatan emotif yang berusaha membangkitkan dan merangsang emosi.

Contoh :
1.      Propaganda kelompok / golongan, kampanye
Tujuannya agar masyarakat mendukung partai, kelompok atau golongan tersebut.
2.      Iklan dalam media massa,lebaran, dsb
Tujuannya agar pembaca atau siapapun yang melihat iklan tersebut membeli barang ataumenggunakan jasa tersebut.

Contoh soal :
Kapan lagi, kapan lagi diri-diri kita akan berubah. Waktu terus berlalu sedang diri kita begitu dan terus begitu. Malah makin tidak baik. … . Kita tingkatkan ilmu kita. Kita tingkatkan iman kita. Kita jadikan diri kita terampil menghadapi masalah, terampil berkarya.
24.  Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi teks pidato di atas adalah… .
A.  Mari kita tingkatkan diri kita.
B.   Mari mengubah apa yang ada.
C.   Ayo kita mulai perubahan itu.
D.  Mari terus melangkah maju.
E.   Hendaklah kita bergerak terus.

Kunci Jawaban : C
Pembahasan : karena inti dari pidato itu ialah tentang perubahan diri.

Hendaknya saudara-saudara berpartisipasi secara benar. Hindarilah perbuatan yang dilarang Negara, apalagi Allah. Kita harus selalu berupaya untuk tidak melakukan perbuatan yang menyinggung, merugikan atau melanggar hak seseorang atau orang lain. Melakukan perbuatan sosial itu sebenarnya untuk membahagiakan mengurangi beban orang lain sehingga kita benar-benar ikut merasakan penderitaan mereka... (UN 2010-2011)

25. Kalimat persuasif untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah..
A.      Marilah kita beramal sesuai dengan kemampuan kita masing-masing di lingkungan kita.
B.      Marilah kita beramal sesuai dengan kemampuan kita dengan tidak mengharapkan imbalan apapun.
C.      Marilah kita mengamalkan perbuatan baik kita yang telah kita lakukan kepada siapa saja.
D.      Marilah kita saling membantu, menyayangi dan menghormati perbuatan sosial, seperti beramal.
E.       Marilah kita membantu saudara-saudara kita yang kekurangan dengan berbagai cara.

Kunci Jawaban : D
Pembahasan : Pada pidato di atas lebih mengarah ke perbuatan sosial jadinya jawaban paling tepat  D


Contoh Latihan Soal UN Bahasa Indonesia SMA Dan SMK Plus Pembahasan
SKL 13
Menulis  karya ilmiah (latar belakang/rumusan tujuan penulis/rumusan masalah)
MENULIS KARYA ILMIAH/ KARYA TULIS
Karya tulis adalah karangan ilmiah yang biasa di susun oleh siswa dan mahasiswa.
Karya tulis yang lengkap biasanya terdiri dari tiga bagian, yakni :
1.   Bagian awal meliputi ; kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, arti lambang dan singkatan, dan abstrak.

2.   Bagian tengah meliputi  ; -  pendahuluan, terdiri dari; latar belakang, perumusan masalah, ruang lingkup masalah, tujuan penulisan, metode penelitan, sistematika penulisan.
- isi ( pembahasan )
- penutup terdiri dari; kesimpulan dan saran

3.   Bagian akhir meliputi : daftar pustaka dan lampiran.
Tema adalah pokok pikiran yang dipakai sebagai dasar mengarang.
Judul digunakan sebagai kepala karangan. Judul berfungsi secara jelas dan tepat.
Latar belakang/pendahuluan adalah sesuatu yang berfungsi untuk menarik perhatian pembaca   dan memberikan arahan terhadap masalah-masalah yang akan diuraikan.
Masalah / isi merupakan tubuh karangan yang mempunyai bagian yang sangat esensial.
Kesimpulan dan saran merupakan inti dari uraian yang telah dijelaskan. Kesimpulan harus dirumuskan secara jelas dan tegas.

Cara menentukan rumusan masalah
Penentuan rumusan masalah dari latar belakang. Carilah ide pokok atau bahasan utama dalam latar belakang. Untuk merumuskan masalah, bahasan dalam latar belakang ditandai fokus pada akhir paragraf dengan kata penghubung oleh karena itu.
Cara menulis daptar pustaka sebagai brikut :
Nama pengarang (nama keluarga diletakan di depan) Tahun. Judul buku(dicetak miring). Kota tempat penerbit: nama penerbit. Contoh. Keraf, Gorys. 1981. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta : Nusa Indah.
Contoh soal :
Tema Karya Ilmiah : Pengaruh sinetron remaja terhadap perilaku siswa

26. Rumusan masalah yang tepat berdasrkan tema karya tulis tersebut ............
a. Apakah peranan remaja dalam sinetron ?
b. Bagaimana pengaruh sinetron remaja terhadap perilaku siwa?
c. Sinetron-sinetron apa saja yang mempengaruhi perilaku siswa ?
d. Apakah mungkin sisnetron dapat mempengaruhi siswa ? 
e. Mengapa sinetron remaja dipengaruhi siswa ?
jawaban : b
Pembahasan :
Jawaban yang b merupakan pertanyaan dari tema karya ilmiah tersebut.
Topik   :  Menanamkan kejujuran pada siswa

27. Kalimat latar belakang yang tepat untuk topik karya tulis di atas adalah… .
A.   Siswa selalu menyontek saat ujian.
B.   Telah tidak ada lagi kejujuran di sekolah.
C.   Siswa kesulitan untuk menjadi orang jujur.
D.   Kejujuran harus diwariskan kepada siswa.
E.    Saat ini kebanyakan siswa tidak jujur dalam ujian.

Kunci Jawaban : A
Pembahasan : karena peneliti memilih tema yang lebih tepat berlatar belakang pada hal sontek-menyontek.
Menurut kami jawabannya adalah E karena jawaban “A” menimbulkan pengertian bahwa semua siswa selalu menyontek ujian, sedangkan jawaban “E” menjelaskan bahwa saat ini kebanyakan siswa tidak jujur, jadi sebagian lainnya masih jujur dalam ujian.

28. Judul karya tulis: menggali potensi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri
Penulisan Judul makalah yang tepat adalah ...
A. Menggali Potensi Diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri
B. Menggali potensi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri
C. Menggali Potensi Diri untuk Meningkatkan kepercayaan diri
D. Menggali Potensi Diri untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri
E. Menggali Potensi diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan diri
Kunci Jawaban : D
Pembahasan : Karena dalam penulisan karya tulis kata penghubung diawali huruf kecil

                                 



SKL 14
Mengidentifikasi jenis-jenis frasa
1.    Berdasarkan jenis/kelas kata frasa terbagi menjadi :
1)      Frasa nominal, yaitu frasa yang unsur pembentukannya berinti kata benda.Dapat berfungsi menggantikan kata benda.
Contoh :          buku tulis
                                    lemari besi
                                    ibu bapak

2)      Frasa verbal, yaitu frasa yang unsur pembentukannya berinti kata kerja.Dapat berfungsi menggantikan kedudukan kata kerja dalam kalimat.
Contoh :          sedang belajar
                                    akan datang
                                    belum muncul
                                    baru menyadari
                                    tidak mandi

3)      Frasa ajektiva, yaitu frasa yang unsur pembentukannya berinti kata sifat.
            Contoh :          cukup pintar
                                    tidak cantik
                                    hitam manis
                                    murah sekali

4)      Frasa preposisional, yaitu frasa yang unsur pembentukannya menggunakan kata depan.Contoh :    di rumah
                                                dari Bandung
                                                ke pantai
                                                dengan tangan kiri
                                                oleh mereka
                                                kepada nenek
  1. Berdasarkan fungsi unsur pembentuknya frasa terbagi menjadi :
1)   Frasa endosentris, yaitu frasa yang unsur-unsurnya berfungsi diterangkan dan menerangkan (DM) atau menerangkan dan diterangkan (MD).
                 contoh :       kuda hitam(DM)
                                    anak ayam(DM)
                                    sudah datang(MD)
                                    dua orang(MD)
Macam-macam frasa endosentris:
1)   Frasa atributif, yaitu frasa yang unsur pembentukannya menggunakan pola DM atau MD.contoh :   ibu kandung (DM)
                                                            rumah ibu (DM)
                                                            tiga ekor (MD)
                                                            seorang anak (MD)
                                                            rumah bersejarah (MD)
Contoh soal :
Dua minggu menjelang Ramadhan, the Islamic Forum seperti biasanya  …  dengan peserta dialog. Sebagian besar memang adalah para muallaf dan nonmuslim yang sudah beberapa bulan belajar Islam. Salah satu dari nonmuslim itu adalah seorang gadis, hampir saja kusangka gadis Aceh atau Bangladesh. Ia kelihatan …  dan sopan, tapi  ... dalam mempertanyakan banyak hal.

29. Frasa adjektiva yang tepat untuk mengisi titik-titik dalam kalimat pada paragraf di atas adalah… .
A.  sangat sepi, pemalu sekali, lebih pemalu
B.   lebih ramai, terlalu muda, kurang perhatian
C.   amat jelas, perhatian sekali, sangat cermat
D.  sangat padat, pendiam sekali, sangat kritis
E.   kurang peduli, amat suka, sangat tenang
Kunci Jawaban : D
Pembahasan : Jawaban D sangat tepat karena memang pantas dimasukki frasa tadi

30. Frasa di bawah ini yang berupa frasa bertingkat/atributif adalah ....
a. tanah air
b. demi nusa bangsa
c. drama televisi
d. pendidikan dan pelatihan
e. ke sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar