Senin, 25 Juli 2016

Pengertian, Macam-macam dan Tahapan Alur dalam Novel

Pengertian, Macam-macam dan Tahapan Alur dalam Novel 


JASA PEMBUATAN PTK  (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Harga Per PTK 300ribu, Kalau ambil lebih dari dua bisa kurang.

Untuk Pilihan Judul PTK Klik Disini

Atau Cek FB Kami Disini


Pembahasan kali ini adalah tentang pengertian penokohan dalam cerpen, macam-macam penokohan, jenis-jenis penokohan dan pengertian protagonis, antagonis dan tritagonis.

Mendengarkan pembacaan kutipan/sinopsis novel memang menghibur. Untuk mengukur tingkat pemahaman pendengar mengenai isi cerita dalam novel, di antaranya kamu dituntut untuk bisa menyebutkan nama-nama tokoh dan sifatnya.

Nah, pada pelajaran ini kamu akan berlatih untuk menentukan sifat-sifat (karakter) tokoh dalam sebuah novel.

1. Penokohan

Penokohan merupakan salah satu unsur intrinsik karya sastra di samping tema, sudut pandang, amanat alur, dan latar/setting.

Penokohan adalah cara pengarang menggambarkan karakter tokoh-tokoh dalam cerita. Sementara tokoh adalah orang/pelaku yang berperan dalam cerita.

2. Macam-Macam Penokohan

Berdasarkan peranannya dalam suatu cerita, tokoh dibedakan menjadi tiga jenis. Jenis-jenis tokoh tersebut antara lain sebagai berikut.
a. Tokoh Protagonis

Yaitu, tokoh yang mendukung cerita. Biasanya ada satu atau dua figur tokoh protagonis utama yang dibantu tokoh lain yang terlibat dalam cerita. Tokoh jenis ini biasanya berwatak baik, dan menjadi idola pembaca/pendengar.

b. Tokoh antagonis

Yaitu, tokoh yang menjadi penentang cerita. Biasanya ada satu atau dua figur tokoh yang menentang cerita. Tokoh jenis ini berwatak jahat dan dibenci oleh pembaca dan pendengar.

c. Tokoh tritagonis

Yaitu tokoh pembantu (penengah) baik untuk tokoh protagonis maupun antagonis.

3. Jenis Penggambaran Tokoh

Untuk menggambarkan sifat atau karakter seorang tokoh pengarang menggunakan dua teknik. Dua teknik tersebut adalah sebagai berikut.

a. Teknik analitik, yaitu karakter/sifat tokoh cerita diceritakan secara langsung oleh pengarang.

b. Teknik dramatik, yaitu karakter/sifat tokoh dikemukakan melalui penggambaran tertentu, misalnya fisik dan perilaku tokoh, lingkungan kehidupan, dialek bahasa, jalan pikiran, dan lewat gambaran tokoh lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar