Selasa, 19 Juli 2016

Contoh Soal Menemukan Gagasan Pokok / Ide Pokok Utama UN SMA

Contoh Soal Menemukan Gagasan Pokok / Ide Pokok Utama UN SMA


JASA PEMBUATAN PTK  (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Harga Per PTK 300ribu, Kalau ambil lebih dari dua bisa kurang.

Untuk Pilihan Judul PTK Klik Disini

Atau Cek FB Kami Disini


Paragraf merupakan bagian dari suatu karangan. Paragraf mengandung beberapa unsur. Unsur-unsur yang terdapat dalam paragraf berupa masalah, gagasan pokok, kalimat utama, kalimat penjelas, fakta, ataupun pendapat. Masalah merupakan sesuatu yang harus diselesaikan atau dicari jalan keluarnya. 

Gagasan pokok adalah gagasan yang mendasari terbentuknya sebuah paragraf. Gagasan pokok disebut juga gagasan utama atau ide pokok. Gagasan pokok terletak di awal, akhir, awal dan akhir, atau di seluruh paragraf. Gagasan pokok dalam suatu paragraf didukung oleh beberapa kalimat penjelas.

Paragraf yang memiliki gagasan pokok di awal paragraf disebut paragraf deduktif. Paragraf yang memiliki gagasan pokok di akhir paragraf disebut paragraf induktif. Paragraf yang memiliki gagasan pokok di awal dan akhir paragraf disebut paragraf campuran. Paragraf yang memiliki gagasan pokok pada seluruh paragraf disebut paragraf narasi.

CONTOH 1:
Pemberantasan narkoba sudah saatnya menyentuh dunia pendidikan. Peredaran permen lollypop yang mengandung narkoba di kalangan pelajar sebagai modus baru sungguh memprihatinkan. Banyak bandar dan pengedar mengincar sekolah sebagai ajang peredaran narkoba di segmen usia muda. Peredaran narkoba dengan cara ini tentu harus diantisipasi. Segmen pelajar menjadi sasaran baru modus peredaran narkoba karena mudah terjangkau dan pasar yang menggiurkan. (lampost.co)

Gagasan pokok paragraf tersebut adalah....
A.    Kemudahan mendapatkan narkoba
B.    Peredaran narkoba di kalangan pelajar
C.    Harga narkoba yang terjangkau pelajar
D.    Pemberantasan narkoba di dunia pendidikan
E.    Modus baru peredaran narkoba
JAWABAN: D

CONTOH 2:
Indonesia kini dalam kondisi darurat narkoba. Sedikitnya ada 4,5 juta masyarakat Indonesia menjadi pemakai narkoba. Dari jumlah itu, 1,2 juta sudah tidak bisa
direhabilitasi karena kondisinya sudah sangat parah. Sampai kapan pun pemerintah harus konsisten memandang pelaksanaan hukuman mati terhadap gembong narkoba sebagai salah satu bentuk tanggung jawab negara dalam melindungi warganya dari ancaman kejahatan narkoba yang sudah teramat membelit dan menggurita. (mediaindonesia.com)
Gagasan pokok paragraf tersebut adalah....
A.    Permasalahan narkoba di Indonesia
B.    Jumlah pemakai narkoba di Indonesia
C.    Kondisi pemakain narkoba di Indonesia
D.    Hukuman mati bagi bagi pengedar narkoba
E.    Tindakan pemerintah terhadap pengedar narkoba
JAWABAN: A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar