Jumat, 21 Oktober 2016

Contoh Penulisan Identifikasi Serta Perumusan Masalah

Contoh Penulisan Identifikasi Serta Perumusan Masalah


JASA PEMBUATAN PTK  (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Harga Per PTK 300ribu, Kalau ambil lebih dari dua bisa kurang.

Untuk Pilihan Judul PTK Klik Disini


Atau Cek FB Kami Disini 

 B.    Identifikasi dan Perumusan Masalah 
1.      Identifikasi Masalah
     Guru dalam pembelajaran mata pelajaran matematika, tidak sedikit masalah yang dihadapinya. Kekurangmampuan mengatasi masalah akan menjadi faktor pemicu pembelajaran yang diselenggarakan kurang berhasil mengantarkan siswa pada tercapainya tujuan yang diharapkan. Dari hasil observasi penulis, bahwa siswa kelas 1 SD Negeri Garut Kecamatan Garut Kota Garut mengalami kesulitan dalam menjumlahkan bilangan cacah dalam bentuk penjumlahan bersusun.
     Berdasarkan hal tersebut di atas akhirnya dapat diidentifikasi beberapa masalah sebagai berikut :
a.       Guru kurang optimal dalam membuat perencanaan pembelajaran
b.      Guru kurang sesuai memilih metode
c.       Guru kurang optimal dalam penggunaan alat peraga
d.      Aktivitas belajar siswa terkesan kurang bermakna, terlihat dari kesulitan dalam menjumlah bilangan
e.       Kualitas hasil belajar siswa belum menunjukkan batas tuntas belajar
2.      Perumusan Masalah
     Berdasarkan identifikasi masalah di atas, penulis dapat merumuskan masalah yang dijadikan sebagai focus penelitian pembelajaran ini, yaitu sebagai berikut :
a.       Bagaimanakah perencanaan pembelajaran dalam menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan menjumlah bilangan cacah pada siswa kelas 1 SD Negeri Garut Kecamatan Garut Kota Garut ?
b.      Bagaimanakah proses pembelajaran dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan menjumlah bilangan cacah pada siswa kelas 1
SD Negeri Garut Kecamatan Garut Kota Garut ?
c.       Bagaimanakah hasil peningkatan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika tentang penjumlahan bilangan cacah melalui metode demonstrasi ?

C.     Pemecahan Masalah
     Permasalahan tentang meningkatkan kemampuan menjumlahkan bilangan cacah pada siswa melalui penggunaan metode demonstrasi akan dipecahkan dengan serangkaian pembelajaran reflektif yang dikemas dalam suatu kegiatan penelitian tindakan kelas.
     Dipilihnya penggunaan metode demonstrasi ini karena metode demonstrasi akan membuat siswa belajar lebih aktif, lebih kreatif, lebih menyenangkan, lebih cepat mengerti tentang konsep yang baru dipelajarinya.
     Oleh karena itu diharapkan kemampuan guru secara professional dalam merancang strategi pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang diajarkan sehigga siswa lebih memahami dan meningkatkan kemampuannya dalam menjumlahkan bilangan cacah.

D.    Tujuan Penelitian dan Manfaat Penelitian
1.      Tujuan Penelitian
     Sesuai dengan rumusan masalah tersebut, penulis menentukan tujuan yang ingin dicapai antara lain :
a.       Memperoleh gambaran tentang perencanaan pembelajaran yang memadai dengan menerapkan metode demonstrasi dalam penguasaan menjumlah bilangan  cacah  pada siswa  kelas   SD  Negeri  Garut Kecamatan
Garut Kota Garut.
b.      Memperoleh gambaran tentang pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan metode demonstrasi dalam penguasaan menjumlah bilangan cacah pada siswa kelas 1 SD Negeri Garut Kecamatan Garut Kota Garut.
c.       Memperoleh gambaran hasil penguasaan menjumlah bilangan cacah dengan menerapkan metode demonstrasi pada siswa kelas 1 SD Negeri Garut Kecamatan Garut Kota Garut.
2.      Manfaat Penelitian
                  Manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut :
a.       Bagi siswa, dapat meningkatkan keberanian bertanya, menjawab dan mengemukakan pendapat serta menumbuhkan persepsi dan minat belajar, mau dan mampu memperagakan alat peraga untuk menjumlah bilangan cacah.
b.      Bagi guru, dapat meningkatkan keterampilan pengembangan metode demonstrasi dalam hal mempergunakan alat peraga, metode dan teknik-teknik dalam proses pembelajaran tersebut dan dapat dijadikan acuan dalam mengembangkan model pembelajaran matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar