Senin, 17 Oktober 2016

MENINGKATKAN KEMAMPUAN DIRI MENULIS CERPEN

MENINGKATKAN KEMAMPUAN  DIRI MENULIS CERPEN

JASA PEMBUATAN PTK  (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Harga Per PTK 300ribu, Kalau ambil lebih dari dua bisa kurang.

Untuk Pilihan Judul PTK Klik Disini


Atau Cek FB Kami Disini 

A. Latar Belakang Masalah

Pada hakekatnya belajar bahasa adalah belajar komunikasi. Oleh karena itu pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam berkomunikasi dengan bahasa Indonesia baik secara lisan maupun secara tertulis. (GBPP,1993:3)
Pembelajaran menulis pengalaman pribadi yang mengesankan terdapat dalam butir pembelajaran kelas VII semester I. Pembelajaran menulis masih belum banyak mendapat perhatian dari guru. Siswa pun masih kurang terbiasa untuk menulis, apalagi jika pembelajaran menulis cerepen dari refleksi kehidupan sehari-hari. Hal ini terjadi karena guru belum memberikan bimbingan kepada siswa secara maksimal. Akibatnya siswa mengalami kesulitan. Jika mendapat tugas menulis dengan menggunakan metode conference writing (menulis bersama) diharapkan siswa dapat termotivasi untuk menulis cerpen dari refleksi kehidupan sehari-hari.

1
 
Penguasaan siswa menulis cerpen dapat tercermin pada pembelajaran bercerita pengalaman yang mengesankan. Dalam hal ini peristiwa yang diceritakan belum bisa runtut. Sehingga perlu diadakan peningkatan kualitas dan kuantitas keterampilan berbahasaIndonesia.
Hal ini perlu didefinisikan bahwa kemampuan siswa menulis cerpen masih relatif rendah, indikatornya sebagai berikut : (a) siswa kesulitan menemukan ide / tema,  (b) siswa kesulitan menentukan kalimat pertama untuk memulai menulis dan (c) Siswa sering menulis kalimat kurang padu.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian yang telah dilakukan pada latar belakang masalah pada penelitian tindakan kelas ini, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut :Bagaimana metodeconference writing (menulis bersama) dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas VII G semester I SMP Negeri 2 Candi Sidoarjo ?
Masalah tersebut dapat dirinci menjadi tiga sub seperti yang tercantum di bawah ini :
1.         Bagaimana peningkatan menulis cerpen metode conference writing (menulis bersama) dapat membantu kesulitan menemukan ide / tema ?
2.         Bagaimana peningkatan keteramplan menulis cerpen metode conference writing(menulis bersama) dapat membantu kesulitan menemukan kalimat pertama untuk memulai menulis ?
3.         Bagaimana peningkatan keterampilan menulis cerpen metode conference writing(menulis bersama) dapat membantu penulis an kalimat yang kurang padu ?
  

C. Tujuan Penelitian

Sesuai dengan permasalahannya, penelitian ini mempunyai dua tujuan yaitu tujuan umum dan tujuan khusus.
Tujuan umum
Secara umum penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan siswa untuk menulis cerpen berdasarkan refleksi kehidupan sehari-hari dengan metodeconference writing (menulis bersama) kelas VII Semester I SMP Negeri 2 Candi Sidoarjo.
Tujuan Khusus
1.      Mengembangkan keterampilan siswa untuk menulis cerpen menggunakan metodeconference writing (menulis bersama).
2.      Menemukan ide-ide/tema yang disajikan melalui keterampilan menulis cerpen dengan metode conference writing (menulis bersama).
3.      Meningkatkan kemampuan siswa untuk menulis cerpen sebagai langkah awal dalam memilih kalimat yang padu

D. Manfaat Penelitian

Sesuai dengan fokus kajiannya, maka hasil penelitian tindakan kelas  ini mempunyai manfaat umum dan khusus.
1.      Manfaat umum
Guru dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran menulis cerpen sesuai dengan konsep yang terdapat pada butir pembelajaran dengan menggunakan metode conference writing (menulis bersama).

2.      Manfaat khusus.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi :
a.       Guru-guru di SMP Negeri 2 Candi untuk dapat meningkatkan  keterampilan menulis siswa yang diintegrasikan  dengan aspek keterampilan berbahasa yang lain maupun dengan komponen berbahasa.
b.      Guru-guru di SMP Negeri 2 Candi dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode conference writing (menulis bersama).
c.       Siswa dapat mengembangkan keterampilan menulis yang terwujud dalam keterampilan menulis cerpen.

E.  Ruang Lingkup Penelitian

Yang menjadi ruang lingkup dalam penelitian ini adalah
1.      Penelitian dilaksanakan di kelas VII G SMP Negeri 2 Candi Sidoarjo
2.      Penelitian dilaksanakan pada semester pertama
3.      Penelitian ditekankan pada kemampuan menulis cerpen menggunakan metode conference writing (menulis bersama)

F.   Definisi Istilah

Untuk mendapatkan kesamaan arti pada penelitian ini diperlukan pendefinisian istilah sebagai berikut :
1.      Cerpen (pengertian)  : adalah bentuk karangan yang menceritakan salah satu segi kehidupan secara kronologis yang dialami oleh pelaku, dan pelaku tidak mengalami perubahan nasib.
2.      Metode adalah strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan yang diharapkan (Syaifudin Bahari, 1996:84)
3.      Conference writing adalah rapat atau pertemuan untuk berunding atau bertukar pendapat mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama. Menulis dengan metode conference writing dapat membantu pengembangan menulis khususnya menulis cerpen menjadi lebih baik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar