Rabu, 26 Oktober 2016

Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 1 SD/MI

Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 1 SD/MI


JASA PEMBUATAN PTK  (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Harga Per PTK 300ribu, Kalau ambil lebih dari dua bisa kurang.

Untuk Pilihan Judul PTK Klik Disini


Atau Cek FB Kami DISINI 

Berikut merupakan contoh soal Bahasa Indonesia Kelas 1 SD yang dapat digunakan sebagai latihan. Materi Bahasa Indonesia untuk kelas satu disusun berdasarkan Standar Kompetensi Kurikulum 2006.

Standar Kompetensi Bahasa Indonesia Kelas 1 Semester 2
5. Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng 
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng
7. Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak
8. Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin

Latihan Ujian Semester 2 Bahasa Indonesia Kelas 1


Pilihan ganda

1. Aku adalah sejenis angkutan umum. Aku selalu menjadi pilihan banyak orang yang ingin bepergian jauh ke berbagai pulau dan negara. Perjalanan denganku sangat mengasyikkan dan bebas macet. Denganku kalian dapat melihat rumah kalian jauh di angkasa. Siapakah aku?????
a. Balon udara
b. Pesawat terbang
c. Jet tempur
        [ Jawaban B]

2. Aku adalah makhluk hidup seperti kalian, namun manusia mengannggapku sebagai benda mati karena aku tidak bisa berpindah-pindah. Aku memiliki bagian berwarna hijau. Aku menghasilkan oksigen untuk bernafas. Apakah aku???
a. Hewan
b. Tumbuhan
c. Tiang bendera
        [ Jawaban B]

3. Jumlah jari tangan manusia adalah
a. Lima
b. Dua puluh
c. Sepuluh
        [ Jawaban C]

Advertisement
Perhatikan wacana berikut untuk soal 4-8

Pengalaman Pertama Masuk Sekolah

Hari ini adalah hari pertama Mei masuk sekolah dasar (SD). Mei sangat senang pergi ke sekolah. Di sekolah ia dapat belajar bersama teman-teman. Mei memiliki banyak teman di sekolah. Meskipun Mei baru kelas satu, tapi Mei telah lancar membaca dan menulis. Ibunya selalu rajin mengajari Mei untuk membaca, menulis, dan berhitung. Mei ke sekolah diantar ibunya. Mei sangat sayang dengan ibunya, seperti teman-teman lainnya.

4. Mei adalah murid kelas.....
a. Satu SD
b. Satu SMP
c. Satu SMA
        [ Jawaban A ]

5. Siapakah yang mengantar Mei ke sekolah???
a. Ibu
b. Ayah
c. Nenek
        [ Jawaban A ]

6. Apakah perasaan Mei saat pergi ke sekolah?
a. Sedih
b. Takut
c. Senang
        [ Jawaban C ]

7. Mengapa Mei senang pergi ke sekolah???
a. Banyak teman
b. Mendapat uang 
c. Banyak permainan
        [ Jawaban A ]

8. Siapakah yang mengajari Mei membaca, menulis, dan berhitung sebelum masuk ke sekolah???
a. Guru
b. Ibu
c. Nenek
        [ Jawaban B ]

9. Guru: Sampai jumpa anak-anak
        Murid: ...............

Yang seharusnya diucapkan oleh murid adalah.... 
a. Selamat pagi ibu guru
b. Selamat tidur ibu guru
c. Sampai jumpa ibu guru
        [ Jawaban C ]

10. Guru memberikan PR, Mei lupa tidak mengerjakannya. Yang seharusnya dilakukan oleh Mei adalah.....
a. Membolos sekolah
b. Melihat punya teman
c. Mengatakan yang sejujurnya dan meminta maaf kepada guru
        [ Jawaban C ]

Esay

1. Salinlah teks berikut dalam tulisan tegak bersambung!!!

Pada hari minggu, aku pergi dengan Ayah pergi ke tempat Paman yang ada di kota. Saat tiba di tempat Paman, aku diajak keliling kota menaiki bus kota bersama Darla dan juga Bibi. Darla setahun lebih tua dariku, dia sekarang naik kelas 2 SD sementara aku baru akan masuk sekolah dasar. Perjalanan kami naik bus kota sangat menyenangkan.   

2. Aku sangat suka dengan masakan Ibu. Ibu sangat pandai memasak masakan sehat dan bergizi. Aku sering membantu Ibu memasak di....

3. Aku adalah hewan. Aku sering membantu pak tani membajak sawah. Aku memiliki tanduk. Aku adalah......

4. Jika ingin pintar, maka harus....

5. Masha sudah lima hari tidak masuk sekolah, sebagai teman sekelas maka kamu akan...... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar