Selasa, 07 Maret 2017

Bagan Pembelajaran Sistem STAD

Bagan Pembelajaran Sistem STAD


Harga Per PTK 300ribu, Kalau ambil lebih dari dua bisa kurang.

Untuk Pilihan Judul PTK Klik Disini




Adapun deskripsi materi menulis pengumuman berdasarkan kurikulum 2006 yang harus disampaikan dan dipelajarai oleh peserta didik SMP Kelas VII pada semester ganjil adalah :
1).    Standar Kompetensi   : Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi.
2).    Kompetensi Dasar       : menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik dan benar.
3).    Aspek                          : Menulis
4).    Indikator                     : 1. Mampu menemukan pokok-pokok pengumuman
  2. Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman
  3. Mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa
      yang efektif.
Pengumuman adalah penyampaian informasi yang ditujukan kepada khalayak sifatnya satu arah. Isi yang dikemukakannya bersifat umum dan terbuka. Pengumuman dapat disampaikan melalui media massa, seperti surat kabar ataupun televisi dan radio selain itu, pengumuman bias pula disampaikan melalui surat sebuah pengumuman sering ditandai oleh pernyataan seperti berikut :
1.      Berdasarkan ……. dengan ini kami umumkan bahwa ……..
2.      Berdasarkan surat ……., dengan ini kami umumkan ….
3.      Dengan ini kami umumkan kepada …….. bahwa ….
4.      Dalam rangka …… dengan ini kami umumkan bahwa …..
5.      Berkenaan dengan surat ….. dengan ini kami umumkan bahwa …
Contoh pengumuman :
1.      Pengumuman
Dalam rangka ikut membantu meringankan beban para korban bencana alam di ….
2.      …..
Dengan ini kami mengharapkan kehadiran semua ketua RT di RW 02 Desa Jonggrangan pada

F.     Hipotesis Penelitian
Peneliti menentukan hipotesis dalam penelitian ini adalah ”Kemampuan peserta didik dalam menulis teks pengumuman dapat meningkat dengan menggunakan model Pembelajaran STAD di kelas VII H SMP Negeri 11 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2012/2013”.

G.    Metode Penelitian
  1. Setting penelitian
Setting penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VII H SMP Negeri 11 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2012-2013 sebanyak 40 orang peserta didik, yang terdiri dari 22 orang laki-laki dan 18 orang perempuan.
·         Pelaksanaan penelitian pada materi menulis teks pengumuman ini dengan sistem siklus yaitu sebanyak siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yang meliputi :
·         Tahap perencanaan
·         Tahap pelaksanaan tindakan
·         Tahap observasi
·         Tahap refleksi
Langkah-langkah pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini sebagai berikut :
1.      Tahap Perencanaan.
a         Pembuatan rencana pembelajaran.
b        Pembuatan bahan ajar dan perangkat tes.
c         Pembuatan pedoman observasi (untuk melihat aktivitas peserta didik  yang dilaksanakan setiap pertemuan) dan angket  (untuk melihat respon peserta didik) terhadap model pembelajaran dengan sistem STAD dengan materi menulis pengumuman.

2.      Tahap Pelaksanaan Tindakan.
Adapun pelaksanaan tindakan yang dilakukan adalah dua siklus. Tiap siklus masing-masing satu kali pertemuan dengan alokasi waktu 3 x 40 menit (3 jam pelajaran) dengan perincian, dua jam pembelajaran dan satu jam ulangan. Berikut pelaksanaan kegiatan belajar mengajarnya yang meliputi :
a.       Kegiatan awal.
Guru menanyakan kepada peserta didik tentang pengumuman yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Kemudian menginformasikan tujuan dan model pembelajaran yang akan digunakan.

b.      Kegiatan Inti.
Peserta didik dikelompokkan secara heterogen sebanyak 10 kelompok berdasarkan kemampuan akademik, yaitu 10 kelompok terdiri dari 4 orang peserta didik.
Kemudian guru membagikan bahan ajar dan tugas kelompoknya. Peserta didik  dipersilakan untuk memahami dan mendiskusikan bahan ajar. Selama diskusi guru memantau dan membantu peserta didik yang mengalami kesulitan.
Setelah selesai berdiskusi tiap kelompok menyelesaikan tugasnya dan mempresentasikan hasil diskusinya serta kelompok lain menanggapinya secara bergiliran. Setelah selesai guru memberikan penguatan serta menentukan kelompok terhebat.



c.       Kegiatan Akhir.
Guru membimbing menyimpulkan materi pembelajaran. Peserta didik diberi tugas individu sebagai pekerjaan rumah dan harus dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
3.      Tahap Observasi.
Pada waktu yang bersamaan peneliti melakukan tindakan pembelajaran, Observer juga melakukan pengamatan terhadap aktivitas peserta didik selama tindakan sedang berlangsung. Observasi yang dilakukan meliputi keaktifan, kesungguhan dan kerja sama peserta didik dalam kelompoknya selama proses belajar berlangsung sebagai bahan refleksi.
4.      Tahap Refleksi.
Refleksi dilaksanakan setelah proses pembelajaran tiap siklus selesai. Peneliti menentukan, mengidentifikasi hambatan atau kesulitan yang ditemukan. Dari hasil refleksi pada siklus satu guru (peneliti) merencanakan tindakan yang harus dilakukan untuk memperbaikinya pada pembelajaran siklus berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar