Selasa, 07 Maret 2017

MENINGKATKAN PEMBELAJAR SISWA TENTANG MENULIS PENGUMUMAN

MENINGKATKAN PEMBELAJAR SISWA TENTANG MENULIS PENGUMUMAN


Harga Per PTK 300ribu, Kalau ambil lebih dari dua bisa kurang.

Untuk Pilihan Judul PTK Klik Disini
PENDAHULUAN Bahasa Indonesia adalah mata pelajaran yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat, sehingga peajaran Bahasa Indonesia sangat penting bagi kehidupan siswa sekarang maupun masa yang akan datang. Tetapi pada kenyataannya mata pelajaran Bahasa Indonesia dianggap sulit bahkan membosankan. Hal ini disebabkan karena materi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sangat luas dan setiap saat dapat berubah sesuai dengan perkembangan zaman. Di SDN Semampir mata pelajaran Bahasa Indonesia berada pada urutan menengah. Secara keseluruhan dari kelas I sampai kelas VI rata-rata pelajaran Bahasa Indonesia semester 1 dan semester 1 kurang dari 75. Lebih khusus lagi dari hasil observasi guru kelas IV dan dari teman sejawat pada tanggal 16 April 2012 di semester I dapat lihat pada hasil tes formatif mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV dengan materi pokok pengumuman, dari 25 siswa hanya 14 siswa yang mencapai ketuntasan belajar atau nilai 75 keatas, sedangkan 11 siswa belum mencapai target ketuntasan atau 75 ke bawah dan hasilnya belum memuaskan. Agar siswa menguasai dalam menulis sebuah pengumuman, diupayakan siswa tidak hanya mendengar sebuah pengumuman yang dibaca, akan tetapi juga diperlukan melihat dan mengalami dalam menulis sebuah pengumuman dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Untuk mengetahui kesulitan-kesulitan siswa dalam menulis sebuah pengumuman, dilaksanakan tes diagnosis. Dari hasil analisa tes diagnosisilaksanakan tes diagnosis. Dari hasil analisa tes diagnosis diperoleh fakta tentang kesulitan-kesulitan siswa dalam menulis sebuah pengumuman Ketidakmampuan siswa menulis sebuah pengumuman erat dengan kemampuan siswa menggali informasi yang telah diterima. Hal itu disebabkan konsep kurang melekat erat dalam memori siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, maka guru sebagai peneliti, ingin mencoba untuk mengaitkan keterampilan menulis sebuah pengumuman dengan kegiatan sehari-hari di rumah maupun di sekolah. Berdasarkan dari uraian diatas penulis ingin melakukan penelitian dengan judul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Menulis Pengumuman Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Kelas IV SDN Semampir Tahun 2012” Perumusan Masalah Apakah dengan melalui model pembelajaran Mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang membuat pengumuman? Tujuan Penelitian a. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pemahaman tentang pengumuman melalui model Mind Mapping. b. Meningkatkan motivasi belajar siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar